Bagaimana Virus Corona Menghajar Ekonomi China ?

[ AyoJalanTerus.com ]  Virus corona diperkirakan menjadi pukulan bagi ekonomi China. Para pejabat Negara Tirai Bambu mewaspadai wabah ini menjadi ancaman dalam beberapa waktu ke depan.

Mengutip CNBC, Senin (27/1/2020), dampak ekonomi itu terlihat dari penurunan jumlah penumpang transportasi. Untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut, pemerintah meminta masyarakat tetap berada di rumah, menghindari acara di keramaian, dan membatasi perjalanan.

Secara keseluruhan jumlah perjalanan pada Sabtu lalu atau hari pertama Imlek anjlok 28,8% dibandingkan tahun sebelumnya. Secara rinci, Wakil Menteri Transportasi China Liu Xiaoming mencatat perjalanan udara turun 41,6%, kereta turun 41,5%, dan darat turun 25%.


Pada hari Minggu, China Railway Chengdu juga menghentikan perjalanan kereta cepat, termasuk ke Shanghai untuk beberapa hari ke depan hingga awal Februari.

Sementara itu, Pemerintah China telah meminta penduduk setempat mengenakan masker dan bahkan telah menerapkan denda di beberapa tempat bagi mereka yang berada di ruang publik yang tidak mengenakan masker. Meski begitu, barang lain, seperti alat tes virus dan pakaian pelindung masih kurang.

"Kami menghadapi kekurangan pasokan karena permintaan," kata Wang Jiangping, Wakil Menteri Industri dan Teknologi Informasi.

Wang mencatat kurangnya pakaian pelindung dan masker wajah terutama di Wuhan. Sebagai contoh, Wang mengatakan sekitar 100.000 jas pelindung diperlukan sehari. Tetapi, kapasitas produksi harian hanya puluhan ribu.

Dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan pasokan medis ini, Wang mengatakan 40% dari kapasitas produksi keseluruhan sekarang kembali online, meskipun liburan Tahun Baru Imlek.

Pihak berwenang juga mengatakan pada hari Minggu bahwa untuk meningkatkan kondisi medis, mereka menarik persediaan dari daerah sekitarnya, dan bekerja untuk menambah lebih banyak tempat tidur rumah sakit dan staf medis.

Kementerian Keuangan China menambahkan bahwa berbagai tingkat menteri keuangan telah mengeluarkan 11,2 miliar yuan (US$ 1,6 miliar) untuk subsidi perawatan medis, pembelian peralatan dan upaya lain untuk mengendalikan epidemi.


Simak Video "Penampakan Virus Corona yang Mewabah di China"

(ara/ara)

Virus Corona Juga 'Tumbangkan' McDonalds dan Starbucks



Virus corona yang semakin merebak membuat sejumlah toko yang terletak di Wuhan, provinsi Hubei, China tutup. Restoran McDonald's memutuskan menutup restoran mereka di lima kota di China. Penutupan telah dilakukan di Wuhan, Ezhou, Huanggang, Qianjiang dan Xiantao sejak Jumat (24/1/2020) kemarin.

Juru Bicara Perusahaan, Barry Sum mengatakan kebijakan diambil demi mengantisipasi penyebaran virus corona agar tidak menginfeksi karyawan dan masyarakat.

"Keamanan staf dan pelanggan adalah prioritas utama kami dan kami memiliki langkah-langkah komprehensif dan berhati-hati yang diterapkan untuk semua operasi restoran dan staf kantor," katanya seperti dikutip dari CNNBussines, Minggu (26/1/2020).

Belum diketahui kapan restoran yang terkena dampak akan dibuka kembali. Sum meminta agar seluruh pihaknya menjaga komunikasi dengan otoritas kesehatan agar penyebaran virus corona bisa diatasi.




Selain menutup toko, McDonald's juga memutuskan untuk menerapkan protokol kesehatan baru di daerah tersebut. Pihaknya mengharuskan semua restoran McDonald's memasang sistem dan mengukur suhu tubuh semua kru saat tiba di tempat kerja.

"Kami juga membentuk mekanisme pelaporan, pencatatan dan pengamatan untuk karyawan yang bepergian ke dan dari Wuhan selama Festival Musim Semi Tahun Baru Imlek," ucapnya.

McDonald's membuat aturan, karyawan dengan demam atau gejala flu akan dipulangkan. Pekerja juga mulai mengenakan masker dan diperintahkan untuk mencuci tangan serta menggunakan desinfektan lebih sering.

Tidak hanya McDonald's, penyebaran virus corona juga membuat Starbucks tutup. Manajemen menyatakan mereka telah menutup 90 toko di Hubei demi menghindari penyebaran virus corona.



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





😉 Anda Sudah Membaca ✔️ Bagaimana Virus Corona Menghajar Ekonomi China ?



Selengkapnya

Penuh Sesak, Potret Kondisi Rumah Sakit di Wuhan. Pasien Bergelimpangan, Dokter Pada Stres

[ AyoJalanTerus.com ]  Kota Wuhan di Cina sedang jadi perbincangan di mana-mana. Kota yang diyakini sebagai titik awal virus corona hingga akhirnya menyebar ke sejumlah negara dunia ini terpaksa ditutup dan dikarantina. Statusnya kini adalah lockdown. Semua jalur transportasi ke luar maupun yang dalam kota dihentikan. Sampai artikel ini ditulis dan seperti yang dilansir dari sebuah situs realtime persebaran virus corona, sudah ada 56 orang meninggal dunia akibat virus ini, dengan total jumlah yang terjangkit di seluruh dunia sebanyak 2.118.



Nggak terbayang sebelumnya gimana chaos-nya situasi dan kondisi di pusat-pusat kesehatan Kota Wuhan, sampai akhirnya media sosial diramaikan dengan foto-foto maupun video yang menunjukkan potret kekacauan di sana. Situasinya mirip banget sama yang digambarkan film-film berceritakan tentang virus mematikan. Rumah sakit penuh sesak, antrian pasien mengular, dan saking penuhnya, nggak sedikit pasien bergelimpangan di koridor-koridor. Tenaga kesehatan juga banyak yang stres dan kelelahan karena harus menangani ratusan pasien setiap hari!

1. Koridor rumah sakit di Wuhan dipenuhi orang. Mereka berdesak-desakan, hampir nggak bisa dibedakan mana yang sakit dan mana yang nggak, karena semua harus pakai masker




Koridor rumah sakit penuh sesak via newsinfo.inquirer.net

2. Banyak rumah sakit yang kamarnya sudah penuh oleh pasien. Alhasil, nggak sedikit pasien yang nggak kebagian kamar dan harus diinfus di sepanjang koridornya



Pasien diinfus di sepanjang koridor via www.dailymail.co.uk

3. Ada video yang menunjukkan betapa kacau situasi rumah sakit di Wuhan. Orang pada frustasi karena nggak kunjung mendapat perawatan medis. Virus corona ternyata juga bisa mendorong terjadinya konflik! Mengerikan 🙁






4. Jumlah pasien yang membludak, membuat orang harus rela mengantri untuk mendapat perawatan medis. Jumlah tenaga medisnya juga pasti terbatas


Antrinya sampai pakai kursi lo via www.straitstimes.com

5. Nggak kebayang gimana rasanya saat kondisi tubuh sudah lemas, demam, dan pusing kepala, tapi masih harus antri kayak gini. Pantesan pemerintah setempat langsung gercep bikin rumah sakit baru. Pembangunannya dikabarkan akan selesai beberapa hari ke depan




Rumah sakit pada kewalahan menangani pasien via abcnews.go.com

6. Belum lagi di tengah-tengah antri, mungkin mereka melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana pasien tiba-tiba collapse atau bahkan sekarat!



7. Bisa jadi saking lamanya menunggu tindakan dokter, pasien yang diduga terjangkit virus corona ini sampai terkapar di jalanan. Asli, merinding liatnya 🙁

8. Ada juga video beredar yang menunjukkan pasien-pasien yang sudah tak bernyawa tergeletak begitu saja di lorong-lorong rumah sakit, karena petugas medis disibukkan mengurus pasien lain. Duh, sedih banget


Huge public hygiene crisis seems to have erupted in . This video clip was once posted on Weibo but now deleted. The lady in the clip says dead bodies were left at hospital aisles untreated whereas doctors are taking care of other patients alongside them.
3.547 orang memperbincangkan tentang ini


9. Ternyata petugas medis juga banyak yang frustasi karena harus menangani ratusan pasien dalam sehari. Bayangin aja, mereka mungkin juga nggak tidur dan lupa makan karena pasien terus berdatangan!


10. Apalagi ada isu kalau data pasien terjangkit yang dikeluarkan pemerintah Cina itu nggak valid, kenyataannya justru jauh lebih banyak. Baru kabar burung sih, tapi bukan berarti nggak mungkin juga



Bisa jadi, mengingat betapa mudahnya virus ini menyebar via edition.cnn.com

11. Selain kekurangan tenaga medis, banyak rumah sakit yang juga mulai kehabisan persediaan. Di foto ini, berkardus-kardus supplies akan dikirim pakai kereta ke Wuhan



Akan dikirim ke Wuhan via www.aljazeera.com
Potret situasi di rumah sakit-rumah sakit Wuhan memang begitu mengerikan. Tapi jangan sampai hal itu bikin kita ikutan frustasi atau takut berlebihan. Khawatir boleh saja, tapi sebaiknya juga disertai dengan upaya-upaya preventif agar tidak terinfeksi virus mematikan tersebut. Yang paling sederhana, jaga kebersihan diri, cuci tangan pakai sabun dan hindari menyentuh langsung area mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang kotor. Ini ada imbauan disertai informasi dari dr. Gia di Twitter yang mungkin bisa kamu jadikan acuan.

Penyebarannya gila.

Hanya dlm rentang waktu beberapa hari aja kayak gini, Never seen like this before.

Teman2, biasain kalau bersin atau batuk tutup pakai lengan atas bagian dlm, jgn pakai telapak tgn.

Trus biasain cuci tgn yg bener atau pakai hand sanitizer tiap sbelum mkn.
Lihat gambar di TwitterLihat gambar di TwitterLihat gambar di TwitterLihat gambar di Twitter
35,6 rb orang memperbincangkan tentang ini


Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  https://www.hipwee.com/feature/kondisi-rumah-sakit-wuhan/?ref=terbaru_homepage





😉 Anda Sudah Membaca ✔️ Penuh Sesak, Potret Kondisi Rumah Sakit di Wuhan. Pasien Bergelimpangan, Dokter Pada Stres



Selengkapnya

Artikel Terkait Lainnya

AyoJalanTerus.com

________________________________

Asyik . Unik . Baik

Back to Top