Bacaan Doa Agar Lulus Ujian SBMPTN Di Islam


Artikel Terbaru :



Pengertian Ujian SBMPTN secara sederhana ialah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yg dibuka atau dilaksanakan secara serempak yg dibuka sebagai salah satu bentuk jalur seleksi menerima Mahasiswa atau Mahasiswi baru yg akan masuk kesalah satu perguruan tinggi negeri atau Universitas Negeri. Kemudian untuk Jalur Ujian SBMPTN ini dilakukan karena di Indonesia untuk saat ini banyak sekali para Remaja atau Pemuda Pemudi yg ingin menjadi Mahasiswa baru di Universitas Negeri di Seluruh Indonesia.

Alasan Pemerintah membuka Jalur SBMPTN ini agar semua anak – anak para generasi bangsa dapat bebas mendaftarkan diri untuk kuliah di Universitas Negeri manapun tanpa harus bepergian jauh untuk melakukan seleksi Ujian. Oleh karena itu disini kami akan memberikan kpd kalian tentang Bacaan Doa Agar Lulus Ujian SBMPTN dan amalan – amalan khusus agar Doa Supaya Lulus Ujian SBMPTN yg kalian baca bisa cepat dikabulkan oleh Alloh Swt karena kita sebagai seorang Muslim harus selalu ingat dan sadar bahwa segala sesuatu harus meminta kpd Alloh Swt.

Sedangkan untuk kekuatan membaca Bacaan Doa Lulus Ujian SBMPTN ini sangat lah banyak sekali manfaat dan kelebihanya karena Berdoa merupakan salah satu Ibadah kepada Alloh dan Alloh Swt jg telah memerintahkan kepada kita sebagai seorang Muslim untuk selalu berdoa kepada Alloh Swt dlm firmannya yg berbunyi ” Berdoalah kpd ku niscaya akan kuperkenankan bagimu dan sesungguhnya orang2 yg menyombongkan diri dari menyembahku (Alloh) maka akan aku masukkan kedlm Neraka Jahannam dlm keadaan yg hina dina (QS. Al Mu’min).


Jika melihat Firman Alloh Swt diatas maka bisa disimpulkan bahwa kita sebagai seorang Muslim diwajibkan untuk memohon dan berdoa kepada Alloh Swt dlm keadaan apapun termasuk dlm membaca Doa Agar Dimudahkan Ujian SBMPTN karena hal tersebut merupakan itikad baik agar anda bisa melanjutkan belajar ke Universitas Negeri yg anda inginkan karena anda juga harus ingat bahwa belajar jg merupakan salah satu ibadah. Adapun untuk Bacaan Doa Menghadapi Ujian SBMPTN dan amalan Dzikir agar lulus ujian SBMPTN secara lengkap dan jelas bisa anda lihat dibawah.





Bacaan Doa Dimudahkan Ujian SBMPTN bisa anda bacakan setelah anda mengerjakan Shalat Wajib atau Shalat Sunnah dan bisa diamalkan pula diberbagai kesempatan baik sebelum berangkat ke tempat ujian maupun sebelum mengerjakan ujian SBMPTN ini. Namun jika Doa Dimudahkan Mengerjakan Soal Ujian SBMPTN tersebut susah untuk dihafalkan oleh anda, maka anda bisa membaca Doa Ujian SBMPTN dg Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah ataupun Bahasa apa saja karena Alloh Swt Maha Mendengar dan Maha Mengetahui asalkan dibacakan secara khusyu dan sungguh serta ditutup dg membaca Doa Surat Al Fatihah seperti dibawah ini.


*  *  *

Kepada adik-adik kami yang tengah menghadapi ujian atau ulangan, semoga selalu dimudahkan oleh Allah Ta’ala dalam menghadapi soal-soal ujian. Selalu tanamkan keyakinan dalam diri kalian bahwa Allah Ta’ala pasti akan menolong hamba-hambaNya yang mau berusaha dan menyerahkan segala hasilnya kepada Allah semata, bukan kepada mantra,  jampi-jampi, air sakti, dukun, atau azimat-azimat.
Berikut ini do’a yang bisa diamalkan ketika menghadapi ujian yang kami sarikan dari kitab Hishnul Muslim karangan Syaikh Sa’id bin Ali bin Wahf Al Qahthani:
1. Doa agar diberi kemudahan

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan.”
“Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.”
Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)
2. Doa Kelancaran Lisan oleh Nabi Musa ‘Alaihis Salam

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Rabbisy syrahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii.”
“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”
QS Thaahaa : 25-28
3. Doa Memohon Tambahan Ilmu Pengetahuan

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

“Rabbi zidnii ‘ilmaa.”
“Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.”
QS Thaahaa : 114
4. Dzikir-dzikir
Dan perbanyaklah berdzikir kepada Allah Ta’ala baik sebelum ujian dimulai maupun sesudahnya:

وَقَالَ : أَحَبُّ الْكَلاَمِ إِلَى اللهِ أَرْبَعٌ: سُبْحَانَ اللهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، وَلاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ، لاَ يَضُرُّكَ بِأَيِّهِنَّ بَدَأْتَ

Rasulullah Shallallahu’ Alaihi wa Sallam bersabda: “Perkataan yang paling disenangi oleh Allah adalah empat: Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaha illallah, dan Allaahu akbar. Tidak mengapa bagimu untuk memulai yang mana di antara kalimat tersebut. (Shahih Muslim no. 1685)

وَقَالَ : ((أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَكْسِبَ كُلَّ يَوْمٍ أَلْفَ حَسَنَةٍ)) فَسَأَلَهُ سَائِلٌ مِنْ جُلَسَائِهِ، كَيْفَ يَكْسِبُ أَحَدُنَا أَلْفَ حَسَنَةٍ؟ قَالَ: ((يُسَبِّحُ مِائَةَ تَسْبِيْحَةٍ، فَيُكْتَبُ لَهُ أَلْفُ حَسَنَةٍ أَوْ يُحَطُّ عَنْهُ أَلْفُ خَطِيْئَةٍ))

Rasulullah Shallallahu ’Alaihi wa Sallam bersabda: “Apakah seseorang di antara kamu tidak mampu mendapatkan seribu kebaikan tiap hari?” Salah seorang di antara yang duduk bertanya: “Bagaimana di antara kita bisa memperoleh seribu kebaikan (dalam sehari)?” Rasul bersabda: “Hendaklah dia membaca seratus tasbih, maka ditulis seribu kebaikan baginya atau seribu kejelekannya dihapus.” (Shahih Muslim no. 2073)

كَلِمَتَانِ خَفِيْفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ثَقِيْلَتَانِ فِي الْمِيْزَانِ حَبِيْبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَـانِ: سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Dua kalimat yang ringan di lidah, pahalanya berat di timbangan (hari Kiamat) dan disenangi oleh Tuhan Yang Maha Pengasih, adalah:Subhaanallaah wabi-hamdih, subhaanallaahil ‘azhiim. (Shahih Al Bukhari 7/168)

وَقَالَ : لأَنْ أَقُوْلَ سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ

Rasulullah Shallallahu ’Alaihi wa Sallam bersabda: “Sungguh, apabila aku membaca: ‘Subhaanallah, walhamdulillaah, walaa ilaaha illallaah, wallaahu akbar’. Adalah lebih senang bagiku dari apa yang disinari oleh matahari terbit. (Shahih Muslim no. 2072)
Semoga Allah memberikan kemudahan kepada kalian semua. Semoga berhasil.
Abu Ahmad Tommi Marsetio
http://www.fimadani.com/doa-doa-agar-lulus-ujian/

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

Good Day Good News


Artikel Terbaru :


Back to Top