Pengertian Bakhil, Dan Dampak Negatifnya


Artikel Terbaru :



  Yes  Muslim  - Bakhil memiliki makna yg hampir sama dengan kikir. Bakhil adalah menahan sesuatu yg wajib sedangkan kikir yaitu menahan sesuatu yg wajib dan tamak atau rakus terhadap apa yg menjadi milik orang lain. Jadi, kikir lebih buruk daripada bakhil.





.
Bakhil atau pelit sebagai sifat tercela yg ditimbulkan dari rasa egois yg tinggi. Orang ini mempunyai hati yg keras, dan tidak mempunyai rasa belas kasihan juga tidak berperikemanusiaan. Penyakit ini dapat menumbuhkan rasa dengki dan iri hati dalam jiwa orang2 fakir miskin terhadap orang kaya yg bakhil. Akibatnya, orang miskin itu akan mencari kesempatan untuk melampiaskan rasa dengkinya terhadap orang kaya yg bakhil dan mencari jalan untuk menghancurkan harta kekayaan mereka.
.
Dalam Islam harta yg berada dalam pangkuan manusia adalah milik Allah subhanahu wa ta'ala yg dianugerahkan olehNya kepada mereka. Harta adalah titipan agar dibelanjakan untuk kepentingan pribadi sesuai kebutuhan dan untuk orang2 yg berhak menerimanya.
.
Sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta'ala:
"Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Milik Allah-lah warisan (apa yang ada) di langit dan bumi. Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan." (Q.S Ali Imran[3]:180)
.
Disini kita dilarang bakhil dalam hal harta. Jangalah bersikap bahkhil maupun kikir. Sedekah itu tidak menunggu kaya. Infaqkanlah sebagian hartamu dan janganlah ditumpuk.
“Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan
menghilangkan barokah rizki tersebut. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.” [HR. Bukhari dan Muslim]
.
Selain harta, sama halnya jangan sampai kita bakhil dalam hal ilmu pengetahuan. Sebab dalam realitas hidup, manusia memiliki kemampuan otak yg tidak sama. Oleh karena itu alangkah lebih baik jika kita berbuat baik dengan cara mau berbagi yg mana kebaikan itu untuk kepentingan diri kita sendiri. Sebagaimana sikap bakhil justru akan mencelakakan diri sendiri.
.
Untuk menghindari sikap bakhil hendaknya kita mengetahui kejelekan2 yg akan ditimbulkan dari sikap tersebut diantaranya:
1. Sulit mendapatkan kebahagiaan dalam seluruh aspek hidup;
2. Akan merasakan kehinaan di hadapan orang lain, seolah2 harta yg menentukan harga dirinya;
3.Tersiksa jiwa, karena selalu memikirkan bagaimana cara agar hartanya bertambah;
4. Harta yg ada menjadi tidak bermanfaat karena hanya ditumpuk;
5. Pada hari kiamat, harta yg ditumpuk akan dikalungkan di lehernya sebagai balasan atas kebakhilannya;
6. Harta yg ditumpuk sama sekali tidak bermanfaat di hadapan Allah, melainkan hanyalah mendatangkan kerugian baginya.
.
Untuk apa cinta kepada harta sedangkan Islam menganjurkan kita untuk hidup sederhana.
Ingatlah bahwa bakhil tidak hanya mendatangkan kerugian di dunia, namun juga akan mendapatkan azab di akhirat.



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 



Good Day Good News


Artikel Terbaru :


Back to Top