Pengusaha Dodol Garut Bantah Pernyataan "HOAX" Mendag, Tidak Benar Dodol Garut Pakai Gula Impor

Artikel Terbaru Lainnya :

  Ayo  Jalan Terus !  -  Impor gula untuk industri belakangan ini kembali mendapat sorotan. Sebab volumenya mencapai 4,45 juta ton. Jumlah itu menempatkan Indonesia berada di urutan pertama sebagai negara paling besar pengimpor gula.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita berdalih, impor gula industri besar karena kebutuhannya mengalami peningkatan. Sementara, industri di dalam negeri belum bisa memenuhinya, baik volume maupun spesifikasinya.





Enggar mengklaim industri domestik tidak mau memakai gula produksi dalam negeri. “Dodol Garut gampang bulukan kalau pakai yang itu (gula produksi dalam negeri). Ini berdasarkan masukan dari pabrik Dodol Garut ya,” kata Enggar, seperti diberitakan koran Rakyat Merdeka.

Namun, pernyataan dan klaim Menteri Perdagangan ini langsung dibantah oleh pengusaha lokal Dodol Garut.

Pemilik Dodol Garut merek Picnic, H. Ato Hermanto, mengatakan, anggapan Mendag mengenai jeleknya kualitas gula lokal untuk bahan baku dodol Garut dinilai keliru. Pengusaha dodol Garut, khususnya di pabrik dodol Picnic justru memakai gula lokal karena kualitasnya lebih bagus ketimbang gula impor.

H. Ato Hermanto mewakili para pengusaha dodol Garut keberatan dan menyesalkan pernyataan HOAX dari Menteri Perdagangan.

"Saya mewakili para pengusaha dodol Garut keberatan dan menyesalkan pernyataan Menteri Perdagangan.."

"Selama ini hampir 60 tahun dodol Garut tidak pernah pakai gula impor, selama ini kami konsisten dengan bahan baku lokal. Justru kualitas gula lokal lebih baik dibanding gula impor. Karena gula impor itu kan gula rafinasi, jadi kadar airnya kadar gulanya kualitas gulanya tidak bagus, kalau gula lokal itu betul-betul natural asli gula dan memang kadar gulanya banyak kadar dan airnya sedikit jadi untuk daya tahan dodol lebih baik. Kalau gula impor tidak cocok untuk dodol, daya tahannya jadi tidak lama (cepat bulukan). Jadi gula lokal lebih baik dari gula impor," kata H. Ato Hermanto.

Selengkapnya video:



Tidak Benar Dodol Garut Berbahan Baku Impor/Gula Impor
(H. Ato Hermanto, Owner Dodol Picnic)

Nah lho minta maaf yg sudah nyebar hoax.

2.628 orang memperbincangkan tentang ini




Impor Gula Besar-besaran, Mendag berdalih: Dodol Garut Cepat Bulukan Pake Gula Lokal


 Impor gula untuk industri belakangan ini kembali mendapat sorotan. Sebab volumenya mencapai 4,45 juta ton. Jumlah itu menempatkan Indonesia berada di urutan pertama sebagai negara paling besar pengimpor gula.

Ekonom senior dari Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri menyoroti impor gila-gilaan di akhir periode rezim pemerintahan saat ini di tengah publik terpusat perhatiannya pada Pemilu 2019.

"Menjelang pemilu, tiba-tiba Indonesia menjadi pengimpor gula terbesar di Dunia. Praktek rente gila-gilaan seperti ini berkontribusi memperburuk defisit perdagangan," ujar Faisal Basri melalui akun twitternya, Rabu (9/1/2019).





Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan mengakui, Indonesia melakukan impor gula cukup besar. Namun dia memastikan, impor dilakukan berdasarkan kebutuhan.

Kata dia, keputusan penetapan kuota impor gula melalui rapat koordinasi terbatas (rakortas) lintas kementerian dan lembaga. Rakortas diikuti Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian dan Perum Bulog.

“Bukan Kemendag yang memutuskan. Dan, sudah diputuskan bahwa kebutuhan gula industri tahun ini sekitar 3,6-3,7 ton. Karena stok dari (impor) tahun lalu masih tersisa 0,8 juta ton. Dengan demikian impor tahun ini rencananya hanya 2,8 juta ton,” ungkap Oke kepada koran Rakyat Merdeka, pada akhir pekan. Dia menuturkan, kebutuhan impor tidak bisa dibandingkan dengan negara lain, misalnya dengan China. Dia bilang, melihat data harus secara komperhensif.

China, kata dia, melakukan impor gula lebih kecil, karena sebagian kebutuhannya sudah dipasok dari produksi nasionalnya. Sementara produksi nasional Indonesia, belum bisa memenuhi gula dengan spesifikasi yang dibutuhkan industri.

“Mungkin ada pabrik yang sudah bisa memproduksi gula dengan spesifikasi sesuai kebutuhan industri, tetapi volumenya masih kecil. Makanya kita impor gula,” terangnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengungkapkan, impor gula industri besar karena kebutuhannya mengalami peningkatan. Sementara, industri di dalam negeri belum bisa memenuhinya, baik volume maupun spesifikasinya.

Menurut Enggar, industri tidak bisa dipaksa memakai gula lokal karena mereka sudah memiliki standar sendiri. Dan, ternyata, pasokan gula lokal selama ini tidak sesuai spesifikasi mereka. Misalnya, industri minuman Coca Cola. Mereka tidak mau
menggunakan gula yang tidak sesuai ketentuan standar internasional.

“Coca Cola tidak mau terima gula dengan standar International Commission For Uniform Methods of Sugar Analysis atau ICUMSA-nya tinggi. ICUMSA gula di Indonesia itu tertinggi di dunia lho,” terangnya.

Bukan hanya industri multinasional, lanjut Enggar, industri domestik juga tidak mau memakai gula produksi dalam negeri. “Dodol Garut gampang bulukan kalau pakai yang itu (gula produksi dalam negeri). Ini berdasarkan masukan dari pabrik Dodol Garut ya,” ujarnya.

Enggar menyebutkan, beberapa perusahaan yang kebutuhan gula industrinya terus mengalami peningkatan. Antara lain Mayora, Wings, dan Indofood.

Enggar tidak menepis kuota impor yang ditetapkan tahun lalu lebih besar dari kebutuhan. “Selama ini memang pada kenyataannya proyeksi selalu lebih besar dari realisasi. Tetapi hal itu tidak perlu dipersoalkan. Jangan bertaruh soal pangan,” pungkasnya.

Sumber: Koran Rakyat Merdeka




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Ayo Jalan Terus! -  Suarakan Fakta dan Kebenaran ! 



Back to Top