5 Negara dengan Cadangan Emas Terbanyak Di Dunia, Indonesia Masuk Peringkat Berapa ? 🧐


Artikel Terbaru :






  Ayo  Jalan Terus  - Karyawan menunjukkan emas batangan untuk investasi yang kini per gramnya dijual dengan harga Rp559.000 per gram di sebuah toko emas di Malang, Jawa Timur, Kamis (28/12). Pengusaha emas setempat mengaku minat investasi emas masyarakat di sepanjang tahun 2017 rata-rata anjlok hingga 30 persen jika dibandingkan dengan tahun 2016. Hal ini karena fluktuasi harga emas di pasaran yang dinilai cukup tinggi. | ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/pd/17.


Selama 5.000 tahun, emas telah membuktikan statusnya sebagai barang bernilai tertinggi. Saat ini Investor saat ini terburu-buru untuk membeli logam mulia di tengah ketidakpastian pasar global. Selama dekade terakhir, bank sentral global telah berusaha menambah pasokan emas mereka.

Menurut laporan World Gold Council (WGC) tahun ini, Volume emas yang dibeli oleh negara di seluruh dunia pada tahun 2018 mencapai peningkatan yang tinggi. WGC menyoroti bahwa tahun lalu bank sentral membeli 651,5 metrik ton logam mulia, menandai kenaikan 74 persen dari tahun ke tahun.

Berikut ini negara yang mencatat memiliki simpanan emas terbanyak menurut survey WGC :

5. Rusia

Selama enam tahun terakhir, bank sentral Rusia telah gencar membeli emas secara terus menerus. Pada 2017, negara itu menyingkirkan  China dari daftar lima pemegang emas terbesar.

Tahun lalu, Rusia menjadi pembeli emas utama dunia dengan pembelian bersih mencapai 651,5 metrik ton. Pada bulan Februari, bank sentral Rusia meningkatkan cadangan devisa sebesar 31,1 ton emas, meningkatkan kepemilikan logam mulia menjadi 2.149 ton.

Tujuan utama Rusia membeli emas adalah untuk bertahan dari sanksi AS agar negara tersebut bertujuan menghilangkan ketergantuangan dari Dollar.

4. Prancis

Paris dilaporkan memiliki 2.518 ton logam mulia, yang menyumbang sekitar 60 persen dari seluruh cadangan devisa Perancis. Selain itu Politisi Prancis Marine Le Pen, pemimpin partai National Rally, telah berulang kali menyerukan pembekuan atas penjualan emas Prancis, serta untuk pemulangan semua emas batangan Perancis yang dipegang oleh negara-negara asing.

3. Italy

Dengan 2.534 ton emas, Italia mendarat di peringkat ketiga dalam pemilik emas terbanyak. Jumlah tersebut mewakili hampir 70 persen dari cadangan devisa negara. Menurut kebijakan yang diikuti oleh Bank of Italy, emas adalah investasi teraman di saat terjadi gejolak ekonomi dan perlindungan terhadap volatilitas dolar AS.

2. Jerman

Deutsche Bundesbank saat ini memiliki 3.483 ton emas, dengan mewakili lebih dari 70 persen cadangan devisa Jerman. Regulator telah mencoba untuk memulangkan sekitar 674 ton emas yang disimpan oleh Banque de France dan Bank Federal Reserve AS. Pemulangan emas Jerman diharapkan akan selesai pada tahun 2020.

1. Amerika Serikat

AS dilaporkan memiliki cadangan emas terbesar di dunia dengan 8.407 ton. Emas menyumbang lebih dari 75 persen dari cadangan devisa nasional. The Fed AS dikabarkan  belum aktif membeli emas seperti halnya negara lain untuk mencegah devaluasi dolar.

Lalu sebagai tambahan posisi Cadangan Indonesia saat ini masih berada di peringkat 38 dengan total 80.56 Ton dengan mewakili 2,5% dari total Cadangan Devisa.



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by AYO JALAN TERUS -  Suarakan Fakta dan Kebenaran ! 



Good Day Good News


Artikel Terbaru :


Back to Top