Mengenal Penyakit Yang Sangat Mematikan 😨, Meningitis (Radang Selaput Otak) 😨


Artikel Terbaru :



  Ayo  Jalan Terus  - PENYAKIT Meningitis sempat jadi trend pembicaraan di media, setelah wafatnya komedian Olga Syahputra Maret tahun lalu (27/3/2015). Meski bukan nama yang asing dalam dunia kedokteran, penyakit dengan nama lain radang selaput otak ini masuk dalam kategori penyakit mematikan.

Disarikan dari wikipedia, berikut rincian mengenai penyakit Meningitis (radang selaput otak):

Apa itu Meningitis?

Meningitis adalah radang pada membran pelindung yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang, yang secara kesatuan disebut meningen. Radang dapat disebabkan oleh infeksi oleh virus, bakteri, atau jug amikroorganisme lain, dan walaupun jarang dapat disebabkan oleh obat tertentu.

Meningitis dapat menyebabkan kematian karena radang yang terjadi di otak dan sumsum tulang belakang; sehingga kondisi ini diklasifikasikan sebagai kedaruratan medis.


https://lh5.googleusercontent.com/-MYbnivW7smU/TW8eScYwCjI/AAAAAAAAA-A/gZW647_X8ao/s1600/untitled1.jpg

Penyebab Meningitis

Meningitis seringkali disebabkan oleh infeksi oleh mikroorganisme. Sebagian besar infeksi disebabkan oleh virus, dengan bakteri, fungi, dan protozoa sebagai penyebab paling sering berikutnya.

Penyakit ini bisa juga disebabkan oleh berbagai penyebab non-infeks Istilah meningitis aseptik merujuk pada kasus meningitis yang tidak dapat dibuktikan adanya keterlibatan infeksi bakteri. Jenis meningitis ini biasanya disebabkan oleh virus, tetapi keadaan ini dapat juga terjadi apabila infeksi bakteri telah diobati secara parsial sebelumnya, ketika bakteri lenyap dari meninges, atau patogen menginfeksi daerah yang dekat dengan meningen (misalnya sinusitis). Endokarditis (infeksi katup jantung yang menyebarkan gugus-gugus kecil bakteri melalui aliran darah) dapat menyebabkan meningitis aseptik.

Meningitis aseptik juga dapat timbul dari infeksi spirochete, jenis bakteri yang yang diantaranya Treponema pallidum (penyebab sifilis) dan Borrelia burgdorferi (dikenal sebagai penyebab penyakit Lyme). Meningitis dapat dijumpai pada malaria serebral (malaria yang menginfeksi otak) atau meningitis amubik, meningitis yang disebabkan oleh infeksi amuba seperti Naegleria fowleri, yang didapatkan dari sumber air tawar

http://2.bp.blogspot.com/-gL7lo1rfUo4/VRZpMclenQI/AAAAAAAAAwU/5xWxQm1XIb8/s1600/otak-meningitis.jpg

Gejala Meningitis

Gejala umum dari meningitis adalah sakit kepala dan leher kaku disertai oleh demam, kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya (fotofobia) atau suara keras (fonofobia).

Pada anak-anak biasanya hanya menunjukkan gejala nonspesifik, seperti lekas marah dan mengantuk. Adanya ruam merah dapat memberikan petunjuk penyebab dari meningitis; contohnya, meningitis yang disebabkan oleh bakteri meningokokus dapat ditunjukkan oleh adanya ruam merah.
republished by AYO JALAN TERUS -   Good Day Good News :)  



Good Day Good News


Artikel Terbaru :


Back to Top