Mengenal Torch, 😒 Penyakit Ganas yang Sulit Dikenali Gejalanya oleh Kedokteran 😒


Artikel Terbaru :



  Ayo  Jalan Terus  - Faktanya penyakit ini mulai menjangkiti masyarakat Indonesia.

Di Indonesia sudah banyak penyakit langka yang telah menyebar ke mana-mana. Salah satunya adalah penyakit Torch. Torch sebenarnya adalah penyakit yang sudah ada sejak dulu. Tapi baru terdengar akhir-akhir ini karena terdapat berita seorang anak yang mengalami penyakit ini. Ia adalah Ridho yang berasal dari Ponorogo dan telah mengidap penyakit Torch sejak usia empat bulan.


Torch ini mengakibatkan Ridho sering mengalami kejang hebat. Sehingga ia tak bisa beraktivitas di luar rumah seperti anak-anak seumurannya. Jadi bisa dikatakan, Torch adalah penyakit yang sangat berbahaya jika tak ditangani sejak awal. Seperti apa penyakit Torch ini? Yuk kita lihat ulasannya.

Apakah penyakit Torch itu?


Torch adalah gabungan dari empat jenis virus yaitu Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes. Virus-virus tersebut dibawa oleh hewan yang berdarah panas misalnya kucing, anjing, bebek, burung, babi dan binatang lainnya. Oleh karena itu bagi yang memiliki hewan peliharaan wajib diperiksakan ke dokter supaya tak terjangkit penyakit Torch.
Selain dari hewan, juga bisa berasal dari makanan loh sahabat boombers. Biasanya makanan ini bersumber dari daging hewan yang dimasak tidak matang. Lalu bisa juga, daging hewan itu sudah tertular oleh penyakit Torch. Nah, penyebab yang terakhir adalah dari tanah yang sudah ada virus Torchnya. Hayo, bagi yang suka berkebun harus lebih waspada ya.

Siapa saja yang bisa terserang Torch?


Torch biasanya dikaitkan dengan penyakit yang hanya bisa menjangkiti ibu hamil saja. Padahal fakta sebenarnya bukanlah itu. Torch memang kebanyakan menyerang ibu hamil, tapi penyakit satu ini ternyata bisa menjangkiti siapa saja.
Torch bisa menyerang orangtua dan anak muda yang tak pandang usia serta jenis kelamin. Jadi sangat disarankan nih untuk selalu menjaga kebersihan diri terutama sehabis keluar rumah. Selain itu juga rajin cek kesehatan ke dokter supaya terhindar dari penyakit yang berbahaya ini.

Apa gejalanya kalau menderita penyakit Torch?

Penyakit Torch ternyata tidak memiliki gejala yang spesifik. Sehingga hal ini menyulitkan para dokter untuk mendiagnosanya. Terkadang walaupun gejalanya seperti meriang biasa, ternyata bisa juga itu adalah gejala-gejala awal timbulnya penyakit Torch.
Dan beberapa gejalanya adalah influenza, rasa lelah yang berlebihan dan disertai dengan demam. Tapi seiring berjalannya waktu, penyakit ini akan menimbulkan gejala yang tak biasa seperti kelainan pada mata, gangguan pendengaran dan kejang-kejang. Selain itu juga adanya bintik-bintik merah pada kulit serta pembesaran hati dan limpa.

Kalau gejala dan akibatnya untuk ibu hamil apa saja?

Berbeda dengan gejala yang sebelumnya, ibu hamil memiliki tanda-tanda tersendiri. Gejala ini secara tidak langsung juga berpengaruh kepada sang jabang bayi. Karena bisa dikatakan kalau bayi yang dikandung akan terlahir secara tidak normal.
Contohnya adalah timbulnya flek yang terjadi terus menerus, janin yang tak berkembang dan hamil anggur. Selain itu jika bayinya telah lahir akan mengalami cacat seperti bibir sumbing, kebutaan, kerusakan pada otak, gangguan pendengaran dan sulit berbicara. Selanjutnya bayi bisa terkena pembesaran atau pengecilan kepala, usus yang berada di luar tubuh serta kaki dan tangan yang bengkok.

Bagaimana cara untuk mencegah penyakit Torch?

Melihat bahayanya penyakit Torch ini, maka harus melakukan pencegahan mulai dari sekarang. Pasti nggak ingin kan kalian atau kerabat terdekat terkena penyakit yang sulit untuk disembuhkan ini? Jadi bagaimana cara-cara untuk mencegah penyakit Torch ini?
Caranya adalah dengan konsumsi makanan yang bergizi karena dengan itu bisa memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu wajib melakukan vaksin Torch agar tubuh dapat menolak penyakit satu ini. Dan hindari mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang yang kemungkinan besar masih ada virus-virus di dalamnya. Selanjutnya untuk ibu hamil sebaiknya periksa kehamilan secara teratur.
Jadi jangan remehkan penyakit yang satu ini. Mengingat bahayanya, kita harus semakin waspada. Jangan sampai kita lengah karena Torch bisa menyerang kapan saja. Mari jaga kebersihan diri, lingkungan dan hewan peliharaan kesayangan kita.



republished by AYO JALAN TERUS -   Good Day Good News :)  



*★*――――*★**★*――――*★**★*――――*★**★*――――*★*

Asyik . Unik . Baik


Artikel Terbaru :


Back to Top