Bukan Cuma Indonesia yang Punya Tradisi Mudik, 6 Negara Ini Juga Ada


Artikel Terbaru :



Hari Raya Idul Fitrii atau Lebaran memang memiliki tradisi tersendiri bagi masyarakat Indonesiai dan memiliki momen yang sangat berarti.

Dimana setiap lebaran tiba sebagian masyarakat Indonesia akan selalu disibukan dengan mudik. Mudik lebaran merupakan momen dimana semua keluarga jauh berkumpul pada satu momen.




Namun siapan sangka, mudik lebaran juga bukan hanya dilakukan masyarakat Indonesia saja loh! Nah berikut merupakan 6 negara yang juga merayakan mudik lebaran.

1. India

India merupakan salah satu negara yang ternyata merayakan tradisi mudik, negara dengan penduduk terbanyak ke-5 di dunia ini melakukan mudik hanya menjelang lebaran saja.

Tradisi pulang kampung ini kebanyakan memang dilakukan oleh para transmigran atau perantau yang bekerja ataupun belajar jauh dari tempat tinggal asal mereka.

Namun yang lebih parah, ketika mudik tiba jalanan di negara India berubah menjadi padat merayap.

2. China

China memang dikenal sebagai negara paham komunis, namun siapa sangka muslim disana tidak kalah banyak bahkan hingga mencapai 18 juta jiwa.

Para perantau akan sibuk memenuhi jalanan sambil menenteng tas bawaan. Tradisi mudik ini nggak cuma berlangsung pas Lebaran saja, namun juga ketika menyambut perayaan Tahun Baru Imlek.

3. Bangladesh

Negara ini disebut-sebut sebagai negara dengan populasi penduduk muslim terbanyak keempat di dunia. Makanya nggak heran kalau di sini kenal dengan tradisi mudik.

Ketika lebaran tiba, jalanan di Bangladesh akan dipenuhi oleh para pemudik. Mulai dari transportasi darat, laut, hingga udara bakalan dipadati oleh para pemudik.

4. Malaysia

Yang harus kalian tahu, negara tetangga kita ini juga selalu ada tradisi mudik yang dilakukan oleh penduduk Malaysia nggak jauh beda dengan yang dilakukan oleh penduduk Indonesia.

Nah, tradisi yang lebih dikenal dengan nama “balik kampung” ini dilakukan oleh mereka yang bekerja di tanah rantau dan ingin merayakan hari raya bersama keluarga tercinta.

5. Pakistan

Negara yang berbatasan dengan Bangladesh ini pun nggak mau kalah dengan negara-negara lainnya. Biasanya sebelum Hari Lebaran tiba, masyarakat muslim Pakistan akan memadati jalan raya.

Tentu saja untuk kembali ke kampung halaman mereka. Bahkan saking padatnya, beberapa petugas kepolisian setempat harus bekerja sangat keras untuk mengurai kemacetan yang terjadi.

6. Turki

Nah yang terakhir yakni Turki, negara yang berbatasan dengan Eropa ini memang membuat bingung banyak orang.

Hal tersebut lantaran banyak sekali masyarakat dunia yang menganggap Turki merupakan bagian dari Eropa, namun ada juga menganggap negara ini masuk wilayah Asia.

Sama halnya dengan di Indonesia, negara dengan banyaknya umat muslim ini juga memiliki tradisi mudik yang seakan menjadi tradisi wajib dilakukan ketika menjelang Bayram atau Lebaran.

sumber: pojoksatu

Good Day Good News


Artikel Terbaru :


Back to Top