Cara Mengusir Tikus 🐭 di Rumah Dengan Bahan Alami, Mudah dan Ampuh


Artikel Terbaru :



  Ayo  Jalan Terus  - Tikus dianggap sebagai hewan yang kotor dan jorok. Pasalnya hewan pengerat ini suka merusak, memakan, dan mengotori seisi rumah. Tidak hanya memakan makanan yang tergeletak di meja saja. Bahkan di beberapa kasus, tikus sering makan kabel, sabun, pakaian, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, keberadaanya sangat tidak diharapkan. Apalagi jika tikus-tikus tersebut sudah bersarang di rumah. Tentu hal ini sangat mengganggu sekali. Tak heran berbagai cara mengusir tikus dilakukan demi menghindari hadirnya hewan pengerat tersebut di dalam rumah.

Akan sangat memusingkan jika hewan pengerat tersebut sudah masuk ke dalam rumah, tikus juga merupakan hewan kotor yang bisa memicu beragam penyakit berbahaya. Untuk mengusir tikus memang bukan perkara mudah, namun bukan berarti tak bisa dilakukan. Sejumlah cara mengusir tikus biasa dilakukan seperti menggunakan racun tikus, lem tikus hingga menggunakan jasa pembasmi tikus. Namun cara mengusir tikur di rumah juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan lho.




Nah, berikut ini cara mengusir tikus di rumah yang ampuh dengan menggunakan bahan alami.

1. Menggunakan lada bubuk sebagai cara mengusir tikus di rumah

Cara mengusir tikus dengan lada bubuk adalah dengan menaruh lada bubuk di tempat persembunyian tikus atau di tempat yang sering didatangi. Senyawa piperin yang ada pada lada sangat menyengat akan membuat tikus merasa terganggu dan pergi.

2. Cara mengusir tikus dengan irisan bawang

Bawang sangat efektif untuk menyingkirkan tikus secara alami. Bau bawang dianggap tikus sangat menjijikkan. Tikus tidak menyukai aroma dari bumbu dapur yang satu ini. Letakkan irisan bawang di tempat yang sering tikus datangi atau di tempat persembunyiannya, dijamin tikus tidak akan betah berlama-lama di sana.

3. Minyak peppermint

Minyak peppermint dapat digunakan untuk mengusir tikus karena tikus tidak tahan bau yang menyengat. Cara mengusir tikus dengan minyak peppermint adalah mencelupkan beberapa bola kapas dalam minyak peppermint dan menempatkannya di daerah rawan tikus. Kamu juga juga bisa menggunakan serai atau minyak jarak.

4. Memanfaatkan kulit telur

Selain menggunakan racun tikus, cara mengusir tikur di rumah adalah dengan menggunakan kulit telur. Caranya haluskan kulit telur sampai menjadi bubuk. Taburkan bubuk kulit telur tersebut di tempat yang sering dilewati tikus.

5. Kulit buah durian

Buah yang satu ini rupanya bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus atau hewan pengerat lainnya. Cara mengusir tikus adalah dengan menggunakan bagian kulitnya. Caranya, potong kulit buah durian kemudian letakkan di tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus curut. Selain memiliki duri yang tajam, aroma buah durian yang menyengat ampun sebagai salah satu cara mengusir tikus.

6. Bubuk atau saus cabai dicampur deterjen dan air

Cara mengusir tikus yang lainnya adalah dengan menggunakan campuran saus cabai dengan deterjen dan dicampur dengan air. Taruh campuran tersebut ke dalam botol semprotan. Kamu bisa menyemprotkan cairan tersebut ketika tikus muncul. Cairan ini efektif sebagai cara mengusir tikus karena tikus akan merasa panas dan kemudian akan lari.

7. Baking soda

Baking soda bisa menjadi cara mengusir tikus secara alami. Cara mengusir tikus dengan menggunakan baking soda adalah dengan mencampurkan baking soda ke makanan yang kerap diincar oleh tikus. Memakan makanan yang sudah diberi soda akan menyebabkan badan tikus menggembung karena mereka tidak bisa mengeluarkan gas yang dihasilkan soda. Tikus tidak akan langsung mati di tempat, melainkan mereka akan lari ke ruang terbuka sebelum mati karena menahan gas tersebut.

8. Daun mint

Cara mengusir tikus secara alami dan aman adalah dengan menggunakan daun mint. Tikus tidak tahan dengan aroma mint yang tajam, sehingga jika menciumnya saja, tikus-tikus ini bisa mabuk dan terkulai lemas.

Cara mengusir tikus dengan mint, yaitu dengan menyiapkan seikat daun mint dan kemudian ambil sarinya ketika dilarutkan dalam air. Setelah larut, semprotkan cairan mint ke area yang sering dilalui tikus.

9. Buah mengkudu

Buah mengkudu sangat bermanfaat sebagai cara mengusir tikus. Caranya sangat mudah yaitu dengan menghancurkan buah mengkudu kemudian larutkan pada air. Semprotkan larutan tersbeut pada area yang sering dilalui oleh tikus atau semprotkan pada lubang tikus. Cara ini akan membuat tikus kabur dari rumah dan tidak berani datang lagi.

10. Cara mengusir tikus di dalam rumah dengan kantung teh

Untuk mengusir tikus dari dalam rumah ternyata bisa dengan menggunakan kantung teh. Peppermint dalam kantung teh akan bertugas mengusir tikus karena dapat menyebabkan iritasi pada hidung tikus. Dengan begitu indra pencium tikus tidak akan berfungsi lagi dengan baik dan hama kecil ini akan segera meninggalkan rumah. Caranya tempatkan beberapa bekas kantung teh di dekat sarang tikus atau area yang sering didatangi tikus dan lihat hasilnya.

11. Kotoran sapi
Ini memang agak menjijikkan dan bau, tapi salah satu cara terbaik untuk mencegah hewan pengerat datang adalah dengan cara ini. Ambil beberapa tumpuk kotoran sapi dan sebarkan di loteng atau kebun. Saat tikus memakan kotoran sapi, itu akan mengganggu perut mereka dan menyebabkan mereka mati. Dengan demikian, membantu menyingkirkan tikus di luar rumah.
12. Kotak suara
Suara yang bising atau suara yang keras, tidak hanya menyakiti mereka, tapi juga membuat telinga mereka berdarah. Kotak musik pembuat suara bisa Anda letakkan di dekat sarang tikut agar mereka melarikan diri.
13. Bedak Bayi
Meski metode ini tidak begitu efektif, namun Anda bisa mencobanya sekali. Taburkan bedak bayi di sudut dan di sekitar daerah rawan tikus. Bubuk ini memabukkan tikus dan membantu Anda menyingkirkannya sampai batas tertentu.
14. Steel Wool
Ingin menyingkirkan tikus di dinding? Buat penghalang menggunakan steel wool atau wol baja. Lebih sulit bagi tikus untuk menggigit wol baja. Jadi, cari tahu jalur akses mereka dan blokir jalannya.
Tips lainnya, selalu jaga kebersihan rumah. Tutup semua akses yang memungkinkan jadi tempat tikus bersarang. Letakkan tempat sampah dengan rapi dan selalu tutup rapat. Anda juga bisa memelihara kucing. Bersihkan semua sisa makanan dan minyak sisa masakan.
Bila Anda merasakan ada kehadiran dari hewan pengerat ini, bersihkan lantai dengan larutan pemutih dan air untuk melindungi keluarga Anda dari penyakit yang mungkin ditularkan lewat tikus.
Buang air yang ada di sejumlah pot bunga dan sumber lainnya. Potong semak-semak tanaman yang tinggi di kebun Anda. Dan ingat, jangan biarkan sisa makanan tersebar di lantai, dan jangan biarkan makanan terbuka.



republished by AYO JALAN TERUS -   Good Day Good News :)  



Good Day Good News


Artikel Terbaru :


Back to Top