Cerita Coach Toyo, Asisten Pelatih Persija yang Ternyata Seorang Mualaf


Artikel Terbaru :



MANTAN bek andalan Persija Jakarta yang kini jadi asisten pelatih diklub terebut, Antonio Claudio de Jesus Oliveira atau biasa disapa coach Toyo adalah seorang mualaf. Perjalanannya hingga sampai memeluk Islam cukup panjang. Mau tahu bagaimana kisahnya?


Pria kelahiran Brasil, 16 Juli 1973 itu berkenalan dengan Islam saat dirinya merumput di klub sepakbola Indonesia. Ia pertama kali berkarier di Indonesia usai ditawarkan agen pemain. Beberapa klub Tanah Air seperti Persija Jakarta, Semen Padang, Persib Bandung, Persibom Bolaang Mongondow, hingga Persih Tembilahan pernah dibelanya.
Selama berkarier di Indonesia, ada sesuatu nilai yang dirasa Antonio Claudio berbeda akan masyarakatnya. Apalagi budaya Indonesia begitu kental.
Coach Toyo mengatakan, dirinya mulai tertarik mempelajari Islam saat PSP Padang memanggil seorang pemuka agama.
“Ada bapak angkat saya, Pak Zamzami, beliau sudah wafat, ya. Dialah manajer tim yang punya inisiatif datangkan guru agama, pak ustaz untuk ajarin posisi salat, bacaan salat, dan alhamdulillah aku sangat berterima kasih kepada beliau,” kata dia.
Mantan pemain Persija itu  memutuskan menjadi mualaf atau memeluk agama Islam padatahun 2000.
“Aku mualaf tahun 2000. Iya istri saya orang Minang, orang Padang,” kata coach Toyo.
Keputusan coach Toyo untuk menjadi mualaf bisa dibilang mulus. Sebab, pihak keluarganya tak menentang keputusan itu sama sekali. Ibunya justru memberi nasihat yang baik kepada coach Toyo.
“Dia cuma berkata bahwa: ‘Oke apapun keyakinannya yang penting kamu tidak tanggung-tanggung. Tetap dengan maksimal’,” papar coach Toyo, “Ibaratnya kalau memang mau menjadi mualaf, dia menerima tidak ada masalah yang penting taat pada agama.”
Kendati begitu coach Toyo mengakui kalau belajar agama islam tidak mudah. Tetapi seiring berjalannya waktu ia bisa membiasakan diri menjadi seorang muslim yang taat.
Usai resmi menjadi muslim, coach Toyo juga sempat berganti nama.
“Aku ada nama tapi aku jarang digunakan, ya. Namanya waktu itu Fakhruz Zaman,” kata dia. 
Beristrikan perempuan Padang, Toyo kini sudah dukaruinai sepasang anak, yakni laki-laki dan perempuan.
“Harapan besar, karena namanya Claudio Beckham, ya bisa ikut jejak saya. Aku sudah ajarin semua dan kebetulan anaknya suka sepak bola juga dan sekarang ini ikut SSB di Airlangga FC,” kata dia.
Dalam kariernya, Antonio Claudio pernah merasakan gelar juara Liga Indonesia bersama Persija Jakarta pada 2001 dan 2018, saat menjadi asisten pelatih. Kini posisi asisten pelatih Persija itu masih ia pegang. []
SUMBER: INDOSPORT

Good Day Good News


Artikel Terbaru :


Back to Top