Dinilai Tendensius, Tim Mawar Menggugat Majalah Tempo


Artikel Terbaru :




Majalah Tempo memberitakan mengenai dugaan keterlibatan Tim Mawar dalam kerusuhan 21-22 Mei di Jakarta. Pemberitaan itu menuai sorotan.  Eks pimpinan Tim Mawar, Mayjen Purn Chairawan mengadukan Tempo ke Dewan Pers.




"Dengan berita ini saya merasa dirugikan," kata Chairawan di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta, Selasa 11 Juni 2019.

Chairawan beralasan Tim Mawar sudah tidak ada karena sudah dibubarkan oleh pengadilan. "Karena apa yang disebut itu Tim Mawar sudah bubar tahun 1999," ucap dia.

Kuasa hukum yakni Herdiansyah menuding Tempo terlalu tendensius dalam pemberitaan itu. Menurut dia pemberitaan itu lebih kepada dugaan-dugaan saja.

"Tempo terlalu tendensius memberitakan berita tersebut, langsung menuduh tanpa klarifikasi," ujar Herdiansyah.


Eks Tim Mawar Akhirnya Laporkan Tempo Ke Dewan Pers

Mantan anggota Tim Mawar Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Brigjen (Purn) Chairawan K Nusyirwan, mendatangi Dewan Pers di Jalan Gedung Sirih, Jakarta Pusat, untuk melaporkan pemberitaan Majalah Tempo yang dianggap merugikan. 

Chairawan didampingi pengacara Habiburakhman dan Dahlia Zein, dan diterima wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch. Bangun.

Menurut Chairawan, laporan yang dituliskan Tempo pada edisi pekan ini yang terbit kemarin (Senin, 10/6) merugikan nama baiknya, dan juga telah menciptakan sebuah framing pemberitaan yang merugikan kubu Prabowo-Sandi, seolah-olah kerusuhan merekalah pelaku kerusuhan pada tanggal 21 dan 22 Mei lalu.

Sebelumnya Chairawan menegaskan bahwa Tim Mawar yang dalam memori kolektif sebagian masyarakat identik dengan peristiwa penculikan atau pengamanan aktivis pro demokrasi di tahun 1998 lalu sudah dibubarkan pada tahun 1999. 

Membawa-bawa lagi nama Tim Mawar, menurutnya, adalah sebuah upaya untuk membangun pola pikir yang membenturkan masyarakat. 

Selain Chairawan, Dahlia Zein juga keberatan dengan laporan itu. Ia merasa pernyataannya dimanfaatkan sebagai pondasi untuk membangun framing yang tidak sesuai dan dianggapnya menyesatkan itu. 

Selain ke Dewan Pers, Chairawan dan teman-teman juga akan melaporkan Tempo ke Bareskrim Mabes Polri. [rmol]



Good Day Good News


Artikel Terbaru :


Back to Top