Kisah Khalifah Umar bin Abdul Aziz : "Mampu Membuat Serigala Berdampingan dengan Domba"

Artikel Terbaru Lainnya :

  Ayo  Jalan Terus  - UMAR bin Abdul Aziz adalah khalifah yang kelima. Ia terkenal dengan sifat adil dan zuhud terhadap kehidupan dunia.

Begitu adilnya Umar bin Abdul Aziz dalam kepemimpinannya, pada masa kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz ada seekor serigala yang digebalang bersama-sama dengan domba-domba, yang tidak pernah menyerang dan memangsa domba-domba itu.

Pada suatu hari, ada orang shaleh yang tengah lewat di tempat pengembalaan domba. Ketika itu serigala tersebut tengah berjalan dengan para domba.

Melihat pemandangan ini, orang shaleh tersebut sangat kaget. Maka ia segera memanggil pengembala domba tersebut.

Ia pun meminta si pengembala untuk menjelaskan pemandangan aneh yang tegah ia saksikan.

“Wahai pengembala domba, mengapa serigala tersebut tidak memakan domba-domba itu?” Tanya orang Shaleh dengan penuh heran.


“Wahai Saudara, sesungguhnya yang sedang kamu saksikan di hadapanmu adalah tanda kemuliaan dan keadilan khalifah.” Jawab si pengembala.

Beberapa bulan kemudian, pada suatu pagi, orang shaleh ini kembali melewati tempat pengembalaan domba tersebut. Ia saksikan si serigala tengah memangsa salah satu domba. Maka orang shaleh itu pun berteriak.
“Wahai pengembala, domba yang kau gembala dimasngsa oleh serigala? Padahal, waktu itu serigala tersebut berdampingan bersama-sama dengan domba.” Ujar orang Shaleh.

“Demi Allah, khalifah yang memiliki sifat zuhud itu telah meninggal dunia.” Jawab si pengembala.
Ternyata hal tersebut menandakan Umar bin Abdul Aziz telah berpulang menghadap Tuhannya.




republished by AYO JALAN TERUS -   Good Day Good News :)  



Back to Top