Mengapa Sebagian Orang Tak Bisa Mengingat Mimpi Mereka ? 🌜🌞🌟


Artikel Terbaru :



  Ayo  Jalan Terus  - Mimpi menjadi bagian dari tidur seseorang. Tak jarang ketika tidur, mimpi yang kita miliki menjadi cerita tersendiri.

Namun terkadang kita tak bisa mengingat mimpi kita atau hanya mengingat sebagian kecilnya saja dan tidak rinci.

Padahal ketika sedang bermimpi, kita merasa cerita yang dihadirkan sangat lama, apalagi ketika tidur malam kita akan tidur selama berjam-jam. Tapi ketika menceritakan mimpi yang dialami, mungkin kita hanya bisa akan bercerita beberapa menit dan cerita dalam mimpi tersebut seolah-olah telah selesai.

Dilansir dari BBC (17/5/2019), seorang peneliti telah menjelaskan 'fenomena aneh' ini.



Menurutnya, mimpi menjadi susah diingat ketika seseorang tidur terlalu cepat dan nyenyak.

Selain itu, bangun dengan suara alarm juga bisa mengejutkan sehingga kita kesulitan mengingat mimpi.

"Seseorang yang bertanya kepada saya tentang mengapa mereka tidak dapat mengingat mimpi mereka, saya katakan itu karena mereka tertidur terlalu cepat, tidur terlalu nyenyak dan bangun dengan jam alarm mereka," kata peneliti tidur Harvard Medical School Robert Stickgold.

"Dan tanggapan mereka biasanya, 'Bagaimana kamu tahu itu?'".

Stickgold mengatakan bahwa banyak orang mengingat mimpi mereka dari periode onset tidur, ketika pikiran mulai berkeliaran dan citra seperti mimpi terjadi ketika orang melayang keluar dari tidur, sebuah proses yang disebut "mimpi hypnagogic".

Stickgold mengatakan dia melakukan penelitian beberapa tahun yang lalu di mana para siswa di laboratorium dibangunkan tak lama setelah mereka mulai memasuki kondisi ini.

Seringkali kita dikejutkan oleh tidur dengan jam alarm, yang membuatnya lebih sulit bagi kita untuk mengingat mimpi kita Emmanuel Lafont
Seringkali kita dikejutkan oleh tidur dengan jam alarm, yang membuatnya lebih sulit bagi kita untuk mengingat mimpi kita





“Setiap orang dari mereka ingat bermimpi,” katanya.

“Tahap ini adalah lima atau 10 menit pertama setelah tertidur."


"Jika Anda hanya tertidur lelap, seperti yang kita semua harapkan, Anda tidak akan mengingat apa pun dari bagian siklus tidur Anda itu," jelas Stickgold.

Bagaimana cara untuk mengingat mimpi kita?

“Mimpi sangat rapuh ketika kita pertama kali bangun, dan kita tidak benar-benar memiliki jawaban mengapa demikian,” kata Stickgold.

“Jika kamu tipe orang yang melompat dari tempat tidur dan menjalani hari-harinya (beraktivitas), kamu tidak akan mengingat mimpimu."



"Ketika Anda tidur di hari Sabtu atau Minggu pagi, itu saat yang tepat untuk mengingat mimpi," tutur Stickgold.

“Apa yang saya katakan kepada siswa saya di kelas adalah, ketika Anda bangun, cobalah untuk berbaring diam, bahkan tidak membuka mata.

Cobalah untuk 'melayang' dan pada saat yang sama cobalah untuk mengingat apa yang ada dalam mimpi Anda.

Apa yang Anda lakukan adalah meninjau mimpi saat memasuki kondisi sadar dan Anda akan mengingatnya seperti halnya kenangan lainnya.”


Bahkan ada cara yang lebih pasti untuk mengingat mimpi, kata Stickgold. “Saya menyuruh orang minum tiga gelas besar air sebelum mereka tidur. Bukan tiga gelas bir, karena alkohol dalam penekan REM (Rapid Eye Movement).

Anda akan bangun tiga atau empat kali di malam hari dan Anda akan cenderung bangun di akhir siklus tidur REM yang alami.”



republished by AYO JALAN TERUS -   Good Day Good News :)  



Good Day Good News


Artikel Terbaru :


Back to Top