Perusahaan Pesawat Terbesar Dunia Warisan Pendiri Microsoft Mau Dimatikan ?


Artikel Terbaru :






  Ayo  Jalan Terus  - Stratolaunch Systems Corporation, perusahaan antariksa yang didirikan oleh mendiang pendiri MicrosoftPaul Allen, kabarnya akan menghentikan operasinya.

Dikutip detikINET dari Reuters, Minggu (2/5/2019), empat sumber terkait telah membocorkan informasi tersebut. Jika benar, berarti mereka tutup terlalu awal dan bahkan belum sempat mengangkasa.

Padahal sebelumnya, Stratolaunch telah memperkenalkan pesawat terbesar di dunia yang belum lama ini berhasil terbang. Pesawat berbobot 226,7 ton dengan lebar sayap 117 meter terbang perdana April lalu dari Mojave Air and Space Port di California.

Sang burung besi ini bukan untuk mengangkut penumpang komersial. Melainkan, dirancang untuk membawa roket dan melepaskannya ke antariksa.

Stratolaunch yang berdiri tahun 2011 adalah bagian dari Vulcan sebagai induk perusahaan, dimiliki Allen yang meninggal dunia tahun silam. Vulcan kabarnya tengah menjajaki kemungkinan aset dan properti intelektual Stratolaunch dijual ke pihak lain.

Ketika dikonfirmasi, pihak Stratolaunch membantah kabar tersebut dan menegaskan belum tutup. "Stratolaunch tetap beroperasi," kata juru bicara perusahaan secara singkat.

Tapi kemungkinan, bisnis Stratolaunch memang tengah suram. Januari lalu, mereka merumahkan lebih dari 50 orang. Selain itu, Stratolaunch juga tidak lagi melanjutkan pengembangan lini sejumlah kendaraan dan roket barunya.

Kendaraan yang dimaksud adalah 'Medium Launch Vehicle' yang rencananya bakal mulai mengudara pada 2022. Selain itu, ada juga pesawat luar angkasa bernama Black Ice yang didesain agar bisa digunakan kembali.


Pesawat Terbesar Sejagat Mengangkasa, Warisan Mendiang Pendiri Microsoft


Stratolaunch, pesawat terbesar sejagat baru saja mengangkasa pada Sabtu (13/4) waktu setempat dari Mojave, Amerika Serikat (AS). Berbicara kesuksesan tersebut, tak terlepas dari peran mendiang pendiri MicrosoftPaul Allen.

Ya, Allen merupakan sosok utama di balik keberadaan Stratolaunch. Melalui inisiatifnya, Allen kemudian mendirikan perusahaan untuk mengembangkan pesawat tersebut, di mana nama perusahaannya serupa dengan nama pesawatnya, Stratolaunch Systems Corporation.

Diketahui, perlu waktu hingga delapan tahun pengembangan Stratolaunch hingga akhirnya bisa melakukan penerbangan perdananya di Mojave Air and Space Port di Mojave, California, Amerika Serikat. Penerbangan perdana itu berlangsung selama 150 menit, sampai akhirnya pesawat itu kembali mendarat dengan selamat.

Sayangnya, Allen yang memprakarsai pesawat ini tidak melihat secara langsung. Allen telah menghembuskan nafas terakhirnya pada 15 Oktober 2018.

"Kita semua tahu Paul akan bangga menyaksikan pencapaian bersejarah ini," ungkap Jody Allen, kerabat sekaligus dikutip dari Space, Minggu (14/4/2019).

"(Penerbangan) pesawat tersebut merupakan pencapaian luar biasa dan kami ucapkan selamat kepada setiap orang yang terlibat," sambungnya.

Stratolaunch bukan pesawat biasa, justru terbilang janggal untuk model pesawat terbang konvensional. Dengan memiliki dua badan pesawat yang terpisah, tapi disatukan lewat bentang sayap yang lebarnya mencapai 117 meter dan bobot 226,7 ton, mengukuhkan Stratolaunch sebagai pesawat terbesar sejagat. 

Pesawat yang ditenagai enam mesin itu memang dirancang khusus untuk mengangkut roket yang membawa satelit. Secara sederhana, roket akan dibawa terbang oleh Stratolaunch yang nantinya di ketinggian tertentu, pesawat ini akan melepaskan roket untuk terbang ke luar angkasa.

Ketika itu, Allen menyakini peluncuran satelit lewat Stratolaunch bisa lebih cepat dan mudah mencapai kawasan orbit rendah Bumi yang berada di ketinggian 700-1.500 kilometer. Dengan kata lain, Stratolaunch bisa merevolusi sistem peluncuran satelit yang biasa dilakukan menggunakan roket di darat.

"Anda semua sangat sabar dan sangat toleran selama bertahun-tahun menunggu kami untuk mengeluarkan burung besar ini dan akhir kami berhasil," kata CEO Stratolaunch Jean Floyd dilansir dari Wired.

Penampakan Pesawat Terbesar Sejagat Melesat ke Angkasa





















republished by AYO JALAN TERUS -   Good Day Good News :)  



Good Day Good News


Artikel Terbaru :


Back to Top