3 Cara Mudah Melacak Lokasi Nomor WhatsApp Orang Lain | Terbukti Akurat!


Artikel Terbaru :



  Ayo  Jalan Terus  - Pernah heran gara-gara si pacar belum juga datang padahal dari tadi bilang "otw"? Atau adik kamu pergi main tapi nggak bilang mau kemana? Bikin khawatir banget kan!
Nah, tahu nggak sih kalau sebenarnya kamu bisa melacak lokasi seseorang hanya berbekal WhatsApp, aplikasi chatting terpopuler yang digunakan hampir semua orang, geng.
Mungkin caranya bakal sedikit rumit sih, namun kamu tinggal simak ulasan Jaka baik-baik buat tahu cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di HP.

Apa Fungsi Melacak Lokasi Seseorang Lewat Nomor WhatsApp?
Jangan berpikiran dulu kalau cara melacak seseorang lewat WhatsApp ini berhubungan sama hal-hal negatif, geng. Pasalnya ada beberapa manfaat positif yang bisa kamu dapatkan dengan metode ini.


Misalnya ketika kamu bertujuan untuk melacak lokasi seseorang di WhatsApp, sebenarnya hal ini bisa membantu mengurangi rasa cemas dan khawatir ketika orang yang kamu sayang tiba-tiba nggak ada kabar.


Seperti adik kamu yang sering pergi membawa gadget tapi nggak pamit dulu atau lagi curigai pacar yang tiba-tiba hilang tanpa ada kabar dan sering mengabaikan chat WA kamu padahal online.
Makanya sebelum masuk pembahasan utama, Jaka bakal kasih pemahaman dulu nih mengenai perbedaan antara melacak dan menyadap nomor WhatsApp dulu ya!

Perbedaan Antara Melacak Lokasi & Menyadap Nomor di WhatsApp

Kalau dilihat dari tujuan dan maksudnya, melacak lokasi seseorang dengan WhatsApp termasuk hal-hal yang wajar dan masuk akal loh!
Berbeda dengan menyadap yang pada umumnya memiliki konteks negatif, geng. Lalu apa perbedaan di antara keduanya? Simak poin-poin ulasan di bawah ini sampai kamu paham deh!

Menyadap (Hacking)

  • Menyadap menurut KBBI memiliki arti mendengarkan (merekam) informasi (rahasia, pembicaraan) orang lain dengan sengaja tanpa sepengetahuan orangnya.
  • Menyadap dilakukan untuk mendapat informasi pribadi secara sembunyi-sembunyi tanpa sepengetahuan dan sepersetujuan orang tersebut.
  • Menyadap punya tujuan negatif yang dapat menimbulkan permasalahan hukum dengan orang lain.

Melacak (Monitoring)

  • Melacak atau monitoring menurut KBBI berarti mengawasi, mengamati, atau mengecek dengan cermat, terutama dengan tujuan khusus; memantau.
  • Monitoring tidak memiliki intensi atau tujuan untuk merugikan orang lain. Lebih ke sebuah langkah preventif untuk mengawasi sekaligus melindungi orang lain dari ancaman.
Kalau dilihat dari konteksnya, jelas mengetahui lokasi WhatsApp seharusnya masuk ke dalam kategori melacak alias monitoring, bukan menyadap.
Jadi yang bakal Jaka ulas pada artikel ini lebih untuk memastikan keberadaan orang lain yang kamu kenali, geng. Namun tujuan dan maksudnya tentu kembali ke tangan kamu masing-masing.

Kumpulan Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp

Fitur-fitur WhatsApp terbaru memang cukup bermanfaat untuk para penggunanya, termasuk fitur untuk mengetahui lokasi orang lain yang ada dalam daftar kontak kamu.

Tentu selain fitur resmi yang disediakan, ada juga metode untuk melacak lokasi seseorang lewat WhatsApp di HP tanpa perlu diketahui oleh orang lain loh.

1. Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp Resmi
Seperti merujuk pada pembahasan awal, maka WhatsApp juga memiliki fitur untuk melacak lokasi orang lain bahkan secara real-time alias langsung.

Di sini tentu kamu harus mengenal orang yang mau dilacak lokasinya dan meminta mereka untuk menggunakan fitur Live Location, geng.

Nah, untuk menggunakan fitur Live Location di WhatsApp pun kamu bisa mengikuti beberapa langkah mudah sebagai berikut.

Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp dan pilih orang atau grup yang hendak kamu bagikan live location. Ketuk ikon paperclip di bagian bawah dan pilih opsi Lokasi. Untuk membagikan live location kamu ketuk opsi Berbagi lokasi terkini.


NOTE:
Jika kamu memilih opsi Kirim lokasi Anda saat ini, maka WhatsApp akan mengirimkan lokasi terakhir di mana kamu mengirim pesan tersebut, geng.
  • Langkah 2: Lalu isi durasi berbagi live location dan isi pesan pada kolom yang tersedia, ketuk Send untuk mulai mengirim. Orang lain yang menerima pesan kamu sekarang bisa melihat lokasimu secara langsung, termasuk saat kamu berpindah tempat loh.



Cukup mudah, kan? Fitur Live Location WhatsApp ini juga akan otomatis berhenti setelah melewati durasi yang sudah kamu tentukan tadi.
Kamu juga bisa menghentikan sebelum durasi habis dengan mengetuk Berhenti berbagi pada pesan lokasi yang kamu bagikan tadi, geng.

2. Cara Melacak Nomor WhatsApp dengan Aplikasi HLR Lookup

Untuk metode kedua, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama HLR Lookup. Pada aplikasi ini kamu bisa melacak HLR (Home Location Register) yang akan memberi tahu provider dan lokasi pelanggan.
Cara ini sangat bisa kamu lakukan misalnya ketika mendapatkan pesan penipuan melalui WhatsApp dan kamu ingin mengetahui di mana lokasi si pelaku, geng.
Kamu bisa mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di HP tanpa diketahui dengan cukup mudah loh. Bagaimanakah caranya?
  • Langkah 1: Download dan install aplikasi HLR Lookup melalui tautan yang sudah Jaka berikan di bawah ini, geng.
Langkah 2: Buka aplikasi HLR Lookup dan kamu tinggal masukkan nomor penipu WhatsApp yang hendak kamu lacak lokasinya. Jika sudah tinggal ketuk tombol Send.


Langkah 3: Tunggu beberapa saat hingga kamu diberitahu detail kode area, layanan provider, negara, wilayah, dan kota dari nomor tersebut. Kamu juga bisa berbagi informasi tersebut dengan ketuk ikon Share di bagian bawah.


Metode lacak nomor WhatsApp satu ini memang kurang akurat dan nggak akan memberikanmu lokasi pasti dari orang yang hendak kamu lacak.
Namun setidaknya, kamu sudah bisa memperkirakan di mana pelaku berasal. Terutama dari informasi di mana nomor tersebut didaftarkan loh.

3. Cara Melihat Lokasi Teman WhatsApp dengan Google Maps

Terakhir kamu juga bisa melacak lokasi seseorang berbekal aplikasi bawaan pada HP Android, yakni Google Maps loh.
Selain untuk navigasi, ternyata aplikasi buatan Google ini juga punya banyak fitur bermanfaat. Salah satunya adalah berbagi lokasi secara langsung dengan tingkat keakuratan cukup tinggi.
Di sini kamu juga bisa membagikan lokasi Google Maps ini melalui WhatsApp dengan mengikuti langkah-langkah seperti ini.
  • Langkah 1: Buka aplikasi Google Maps yang ada di HP Android kamu. Pada halaman utama ketuk ikon hamburger dan pilih opsi Berbagi lokasi sebagai berikut.

Langkah 2: Untuk mulai membagikan agar orang lain bisa melacak lokasi, kamu tinggal ketuk Mulai. Bakal muncul beberapa opsi membagikan, di sini kamu tinggal pilih WhatsApp.


Langkah 3: Pilih kontak yang hendak kamu kirimi lokasi dan hasilnya akan seperti ini. Link tersebut akan mengarahkan kamu ke Google Maps untuk melacak lokasi, geng.


Cara ini tinggal kamu kasih tahu dan terapkan, baik pada teman, keluarga, atau pacar yang hendak kamu lacak lokasinya sedang berada di mana.
Dengan cara yang terbilang cukup mudah, seharusnya kamu nggak akan terlalu sulit untuk mengarahkannya, kan?

Bonus: Rekomendasi Aplikasi Pelacak Nomor HP Paling Akurat di 2019

Selain aplikasi yang Jaka gunakan di atas, sebenarnya ada beberapa alternatif aplikasi pelacak nomor HP akurat yang bisa kamu coba, geng.
Beberapa aplikasi di bawah ini juga berfungsi untuk melacak lokasi HP yang hilang juga loh. Jadi bakal cukup bermanfaat pas lagi keadaan darurat loh.

1. Google Find My Device

Aplikasi pertama yang jaka rekomendasikan adalah Google Find My Device yang dibuat resmi oleh Google untuk melacak HP Android yang hilang.
Pada aplikasi ini kamu hanya perlu mengetahui email dan password yang terhubung ke perangkat HP Android yang hilang untuk kamu ketahui posisinya.
2. Prey Anti Theft
Prey Anti Theft juga merupakan aplikasi pelacak HP lainnya untuk melacak perangkat secara real-time secara lebih kompleks dan akurat.
Pelacak aplikasi ini menggunakan koordinat GPS dan juga beberapa fitur lain, seperti Control ZoneAlarmSecurity Camouflage, dan banyak lainnya.



republished by AYO JALAN TERUS -   Good Day Good News :)  



Good Day Good News


Artikel Terbaru :


Back to Top