5 Teknologi yang Bisa Ditanam di Tubuh Manusia, Jadi Punya Kekuatan Super?


Artikel Terbaru :



  Ayo  Jalan Terus  - Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini teknologi hadir dalam berbagai bentuk, fungsi, dan penerapan yang berbeda-beda.

Nggak melulu diterapkan pada barang-barang elektronik seperti HP saja, ternyata ada juga lho teknologi yang bisa digunakan pada tubuh manusia, geng.

Teknologi-teknologi ini dirancang sedemikian rupa supaya nggak cuma bisa digunakan di tubuh manusia tapi juga nggak membahayakan orangnya.

Bukan cuma sekadar iseng saja, sejumlah teknologi ini hadir untuk mengubah hidup manusia dan dipasang dengan tujuan tertentu, geng.




Teknologi yang Bisa Dipasang di Tubuh Manusia

Masih nggak percaya kalau benar-benar ada teknologi yang dipasang pada tubuh manusia? Kalau gitu simak saja artikel Jaka selengkapnya berikut ini.

1. Lensa Kontak yang Bisa Zoom



Jika biasanya fitur zoom in dan zoom out hanya bisa ditemukan pada perangkat PC atau HP saja, siapa sangka kalau ternyata ada lho lensa kontak yang memiliki kemampuan zoom hanya dengan kedipan mata saja, geng.

Teknologi canggih lensa kontak ini dibuat oleh sekelompok peneliti dari Universitas California.

Para peneliti tersebut memanfaatkan sinyal listrik yang disebut sebagai elektro-okulografi yang dihasilkan dari gerakan ataupun kedipan bola mata manusia.

Lensa ini dibuat dari bahan dasar polimer dan bisa menyesuaikan focal length atau luas bidang pandang berdasarkan intensitas sinyal yang ditangkap dari mata.

Meskipun belum secara resmi dirilis, tapi lensa kontak dengan kemampuan zoom ini bisa mengurangi penggunaan kacamata yang dianggap kurang efektif oleh sebagian orang, geng.

2. Chip Implan



Digadang-gadang bakal menjadi salah satu teknologi masa depan yang mampu memberikan kemudahan bagi manusia, teknologi chip implan ini memungkinkan manusia untuk mengakses seluruh perangkat secara instan lho.

Nantinya, ketika chip implan ini dipasang di tubuh manusia, maka orang tersebut nggak perlu lagi membutuhkan banyak kunci akses untuk melakukan hal-hal seperti transaksi pembayaran, menyalakan HP, dan bahkan menyalakan mobil, geng.

Pengguna hanya perlu mendekatkan anggota tubuh yang sudah ditanam chip ke pemindai, maka akses pun akan secara otomatis terbuka.

Kabarnya, chip implan ini menggunakan teknologi Radio Frequency Identification atau biasa disingkat RFID.

3. Kamera Pengintai



Bukan kamera pengintai biasa, teknologi kamera mutakhir ini ditanam di mata untuk membantu penggunanya yang mengalami masalah penglihatan, geng.

Teknologi ini dikembangkan oleh seorang sutradara film bernama Rob Spencer yang salah satu indera penglihatannnya rusak karena tak sengaja tertembak.

Peralatan yang digunakan untuk membuat teknologi ini sendiri mencakup komponen seperti pemancar mikro, baterai kecil, kamera mini, dan sakelar magnet yang memungkinkan dirinya menghidupkan kamera ataupun sebaliknya.

Kamera ini memang nggak bisa membuat Spencer bisa melihat kembali secara normal, tapi dengan bantuan teknologi ini dia bisa mentransmisikan apa yang dilihat ke layar monitor kecil dan bisa merekam semuanya.

Nama proyek mata kamera rancangan Spencer yang dibantu oleh beberapa orang ahli ini sendiri disebut sebagai proyek Eyeborg.


4. Mata Bionik




Dirancang untuk mengurangi jumlah kebutaan, para ilmuwan jenius akhirnya berhasil untuk menciptakan teknologi mata bionik yang mampu membuat seseorang yang mengalami kebutaan untuk bisa melihat lagi.

Temuan teknologi canggih ini dibuat oleh para ilmuwan dari University of Minnesota, Amerika Serikat dengan menggunakan printer 3D.

Pertama-tama, mereka mencetak model 3D dengan partikel silver sebagai material dasar, kemudian menambahkan fotodioda dan semikonduktor yang bisa mengubah cahaya menjadi arus listrik di bagian atas material dasar.

Model 3D ini kemudian menjadi sebuah prototipe mata yang kabarnya 25 persen efektif mengubah cahaya menjadi arus listrik lho, geng.

5. Telinga Bionik


Bukan cuma mata bionik, ternyata ada juga lho teknologi telinga bionik yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mendengar frekuensi radio di luar jangkauan pendengaran manusia normal.

Kemampuan dari teknologi telinga bionik ini digadang-gadang menyerupai dengan pendengaran Superman yang bisa mendengar suara dari jarak yang sangat jauh.

Teknologi ini sendiri ditemukan oleh para peneliti Universitas Princeton, Amerika Serikat dengan menggunakan teknik cetak 3D.

Menggunakan sebuah pencetak dari bahan plastik yang diisi dengan gel kolagen high density, para peneliti kemudian menambahkan sel tulang rawan ke dalam matrik kolagen.

Nantinya sinyal listrik yang dihasilkan oleh telinga bionik ini dapat dihubungkan ke ujung saraf pasien sehingga berfungsi seperti alat bantu dengar.

Akhir Kata
Nah, itulah tadi beberapa teknologi canggih yang ternyata bisa dipasang di tubuh manusia, geng.


Berkat pesatnya perkembangan teknologi saat ini, hal yang dulu terdengar mustahil (menanamkan teknologi pada tubuh manusia), kini bisa menjadi kenyataan.

republished by AYO JALAN TERUS -   Good Day Good News :)  



*★*――――*★**★*――――*★**★*――――*★**★*――――*★*

Asyik . Unik . Baik


Artikel Terbaru :


Back to Top