Jangan Ngutang Demi Pesta 'Megah' Pernikahan, Kecuali Siap Pikul Sederet Risiko Ini


Artikel Terbaru :



  Ayo   Jalan Terus    - Mengutang demi menggelar resepsi pernikahan idaman atau bahkan Instagramable sungguh tidak direkomendasikan. Sebelum memilih jalan 'sesat' itu pastikan kamu benar-benar tahu risiko meminjam uang hanya karena ingin mengadakan pesta pernikahan meriah yang merupakan momen sekali seumur hidup itu.

Risiko pertama berutang apalagi pada pihak lembanga keuangan seperti bank atau pinjaman online adalah kamu akan terus digulung pembayaran bunga. "Ada risiko bunga yang menyebabkan menggulung pembayarannya. Sehingga kalau tidak bisa membayar akan diblacklist jadi sulit untuk mengajukan KPR, kredit mobil dan itu akan mengganggu kehidupan ke depannya," ucap perencanaan keuangan, Bareyn Mochaddin saat berbincang dengan Wolipop baru-baru ini.



Bareyn yang merupakan CEO dari Rizkanna Financial Plan itu juga menambahkan ketika kamu memiliki cicilan utang, artinya kamu akan memiliki lebih sedikit jatah untuk kehidupan bulanan sehari-hari.

"Hingga akhirnya banyak orang yang stres karena uangnya nggak ada untuk hiburan, sedangkan hiburan, sedangkan hiburan itu adalah salah satu cost yang sebenarnya ada dalam pengelolaan keuangan bulanan," jelasnya.

Cicilan utang bisa membuat pasangan pengantin baru semakin stres karena di awal pernikahan seharusnya ada penyesuaian keuangan. Namun karena sudah ada utang tersebut alhasil sulit untuk mengelola keuangan dengan benar. Pasangan jadi tidak bisa mempersiapkan berbagai dana seperti dana darurat, biaya pendidikan, asuransi kesehatan atau bahkan asuransi hari tua.

"Adanya cicilan yang besar membuat semua ini sulit dicapai. Tidak ada dana darurat dan asuransi membuat pasangan tidak memiliki perlindungan yang akan membuat pasangan terpapar risiko keuangan," ujar Bareyn.

Pasangan juga tak bisa berinvestasi akibat cicilan utang yang besar di awal pernikahan mereka. Mereka mau tak mau harus menunda membeli barang yang sifatnya investasi seperti rumah.

Melihat berbagai risiko tersebut, Bareyn pun menekankan bahwa berutang hanya demi mengadakan pesta pernikahan impian yang dipaksakan sangatlah tidak dianjurkan. Utang tersebut akan membuat keuangan kamu tidak akan sehat di masa depan.

"Uangnya habis hanya untuk sehari acara saja. Sedangkan setelah menikah seharusnya bisa mencicil rumah, mobil dan akan punya anak. Bayangkan kalau sekarang berutang untuk menikah. Nanti setelah menikah berarti sudah ada cicilan. Kalau pernikahan itu utang konsumtif, bukan produktif," tegas Bareyn.



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info  

📢  Sumber  https://wolipop.detik.com/wedding-news/d-4788611/jangan-ngutang-demi-pesta-pernikahan-kecuali-siap-pikul-sederet-risiko-ini

Repulished by AyoJalanTerus.com ]  Membuka Mata Melihat Dunia 



Artikel Terkait Lainnya

*★*――――*★**★*――――*★**★*――――*★**★*――――*★*

Asyik . Unik . Baik


Artikel Terbaru :


Back to Top