Menguak Kebenaran Kisah Edward Mordrake, Pria Dengan Dua Wajah


Artikel Terbaru :



  Ayo   Jalan Terus    - Pada tahun 1896, dua orang dokter menerbitkan sebuah ensiklopedia medis yang membahas berbagai kasus anomali dan kelainan bentuk tubuh yang langka di dunia. Salah satu dari kasus kelainan tubuh itu diderita oleh seorang bangsawan Inggris yang memiliki dua wajah. Satu wajah normalnya dan satunya lagi wajah lain yang ada di belakang kepalanya. "Wajah lain" itu disebut begitu mengerikan dan mengganggu pria itu sampai-sampai ia memutuskan untuk membunuh dirinya sendiri..




Kasus Aneh Edward Mordrake

Pada abad ke-19, ada seorang bangsawan Inggris bernama Edward Mordrake atau Edward Mordake. Pria yang merupakan pewaris salah satu keluarga kaya di Inggris ini diketahui memiliki wajah tampan, cerdas, dan juga punya bakat musik yang hebat. Namun rupanya di balik segala kelebihannya itu, ia disebut memiliki wajah tambahan. 

Tepat di belakang kepalanya ia memiliki wajah kedua. Wajah itu sangat jelek, bengkok, dan terlihat sangat jahat. Wajah tambahan itu memiliki mata, hidung, dan mulut, tetapi tak bisa berbicara maupun makan. Namun wajah itu digambarkan bisa menangis dan tertawa. 

Wajah di belakang kepala Mordrake itu sebenarnya menempati sebagian kecil dari bagian belakang tengkoraknya. Ketika Edward menangis, maka wajah itu terlihat tersenyum. Bibirnya terlihat mengoceh tak karuan walaupun sama sekali tidak ada suara yang keluar. Sebaliknya, saat Edward tersenyum, maka wajah di belakang itu akan mencibir dan terlihat tidak senang.

Foto ini adalah konstruksi kemungkinan wajah Edward Mordrake dengan menggunakan lilin, yang menjadi viral

Edward dilaporkan beberapa kali memohon kepada para dokter untuk menghilangkan wajah di belakang kepalanya itu. Ia mengklaim wajah itu begitu mengganggunya. Setiap malam wajah itu akan membisikkan hal-hal mengerikan tentang neraka. Ia menyebutnya sebagai "kembaran iblis". Tetapi sayangnya tak ada seorang pun dokter yang bersedia melakukan apa yang diminta Edward.

Edward sempat mengurung diri dalam waktu lama dan menolak kunjungan dari siapa pun termasuk anggota keluarganya sendiri. Hingga akhirnya pada suatu hari saat usianya 23 tahun, ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Sebelum bunuh diri, Edward Mordrake meninggalkan sepucuk surat yang meminta agar wajah belakangnya itu dihancurkan sebelum ia dimakamkan. Tujuannya agar wajah itu tak lagi berbisik padanya hingga ke liang lahatnya. Edward sendiri atas permintaannya dikuburkan di sebuah makam tanpa nisan.

Kisah ini beredar di jagat internet selama beberapa tahun belakangan. Namun apakah memang benar ada pria dengan dua wajah bernama Edward Mordrake? Mari kita telusuri.


Berawal dari Ensiklopedia Medis "Anomalies and Curiousities of Medicine"

Pada tahun 1896, dua orang dokter yaitu Dr. George M. Gould dan Dr. David L. Pyle menulis sebuah ensiklopedia medis bernama Anomalies and Curiousities of Medicine. 

Laporan medis "Anomalies and Curiosities of Medicine" karangan George Gould dan Walter Pyle

Dalam ensiklopedia tersebut menjelaskan mengenai kasus Mordrake yang didiagnosis sebagai kelainan bentuk fisik yang sangat langka. Cacat bawaan lahir seperti itu kemungkinannya ada tiga: bentuk dari kembaran parasit dengan tubuh yang tidak berkembang atau dalam dunia medis disebut craniopagus parasiticus, diprosopus atau duplikasi kraniofasial bercabang, atau bisa jadi adalah bentuk ekstrem dari kembar parasit.

Pada ensiklopedia itu juga diceritakan latar belakang Edward Mordrake yang merupakan bangsawan Inggris dan seorang sarjana yang berpendidikan serta seorang musisi berbakat. Wajahnya bahkan digambarkan mirip dengan sosok Antinous. Sayangnya ia bunuh diri pada usia 23 tahun.
Beberapa kasus anomali tubuh di dalam "Anomalies and Curiosities of Medicine"

Dua dokter itu rupanya mendapatkan referensi mengenai kasus Mordrake dari sebuah artikel Boston Post tahun 1895 yang berjudul "The Wonders of Modern Science" yang ditulis oleh Charles Lotin Hildreth yang rupanya seorang penulis cerita fiksi.

Dalam artikel yang ditulisnya, Hildreth menjelaskan sejumlah kasus yang disebutnya sebagai manusia aneh. Selain Edward Mordrake, ia juga menyebutkan kasus kelainan tubuh lainnya antara lain wanita yang memiliki ekor ikan, seorang pria dengan tubuh laba-laba, dan juga pria yang memiliki tubuh setengah manusia setengah kepiting.

Ilustrasi dalam The Wonders of Modern Science yang ditulis Charles Hildreth

Dalam artikelnya, Hildreth mengklaim menemukan kasus-kasus tersebut dari dalam sebuah laporan lama "Royal Scientific Society". Tetapi ketika ditelusuri tidak ada yang namanya Royal Scientific Society. Jadi perkumpulan itu sebenarnya hanya fiktif. 

Banyak yang menduga, artikel Hildreth sama sekali tidak faktual dan hanya ditulis untuk meningkatkan minat baca. Ironisnya, artikel inilah yang menjadi rujukan dokter Gould dan Pyle dalam menulis ensikopedia medis mereka.

Dr. George Gould

Kisah ini kemudian menjadi populer dan diterima secara luas. Bahkan beberapa akun menyebarkannya tanpa menelusuri terlebih dahulu kebenaran kisah ini.

Tak berhenti sampai di sana, beberapa foto yang beredar termasuk foto di atas menyita perhatian publik dan menganggapnya sebagai foto Edward Mordrake. Perlu diketahui bahwa sosok Edward Mordarke sendiri tidak bisa ditelusuri. Tak ada sama sekali catatan kelahiran maupun kematiannya.

Sementara itu, di tengah kehebohan kisah Edward Mordrake ini, muncul tengkorak mengerikan yang disebut-sebut sebagai tengkorak dari Edward Mordrake. Padahal kenyataannya, tengkorak itu tidak lebih dari hasil pekerjaan seorang seniman kertas yang berimajinasi tentang rupa Mordrake.

Tengkorak kepala yang disebut milik Edward Mordrake yang ternyata merupakan hasil imajinasi seorang seniman

Seniman itu telah lama mengetahui tentang kisah Mordrake dan memutuskan untuk menciptakannya dengan tujuan untuk hiburan. 

Dalam sejarah, memang ada kasus yang mirip dengan Edward Mordrake. Salah satu contohnya adalah seorang bayi yang lahir di India pada 10 Maret 2008. 

Bayi perempuan bernama Lali Singh itu memiliki kondisi berkepala ganda (meskipun tak begitu sama dengan kisah Mordrake yang memiliki satu kepala dengan wajah ganda). Bayi malang itu hanya bertahan selama 2 bulan sebelum akhirnya meninggal dunia pada 10 Mei 2008.

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Edward_Mordake
https://www.newsweek.com/edward-mordrakes-mummified-head-fools-internet-actually-gaff-911179
https://allthatsinteresting.com/edward-mordrake



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info  

📢  Sumber  https://www.merinding.com/2019/11/menguak-kebenaran-kisah-edward-mordrake.html

Repulished by AyoJalanTerus.com ]  Membuka Mata Melihat Dunia 



Artikel Terkait Lainnya

*★*――――*★**★*――――*★**★*――――*★**★*――――*★*

Asyik . Unik . Baik


Artikel Terbaru :


Back to Top