10 ++ Rekomendasi Nama Anak Perempuan Berdasarkan Alquran




  Ayo   Jalan Terus    - NAMA adalah doa. Seperti itu penafsiran kebanyakan orang. Itu kenapa setiap orangtua akan memberikan nama terbaik untuk anaknya, karena di dalam nama tersebut terselip doa dari kedua orangtua.



Menentukan nama untuk anak bukan perkara mudah, lho. Terlebih jika Anda dan pasangan mengharuskan adanya unsur 'nama keluarga' di sana. Selain itu, menentukan nama juga biasanya berdasar pada agama apa yang dianut si anak. Memasukan unsur agama ke dalam nama anak juga dipercaya bisa menjadi doa terbaik untuk si anak.

1. Aliyah

Nama ini mengandung arti tinggi, menjulang tinggi, agung, dan mulia dalam bahasa Arab. Nama Aliyah ternyata bentuk feminin dari nama Muslim maskulin Ali. Jadi, tentunya ini akan menjadi nama yang cukup baik untuk anak perempuan Anda.

2. Ameera

Kalau nama yang satu ini memiliki makna bangsawan atau puteri kerajaan. Di beberapa negara, penggunaan kata Ameera ini bisa dengan Ameerah, Amirah, atau juga Amira. Semuanya punya makna yang sama.

3. Ayesha atau Aisyah

Banyak orang Indonesia menuliskan nama ini menjadi Aisyah. Nama ini punya arti besar di dalam agama Islam. Ya, Aisyah adalah nama dari istri Nabi Muhammad SAW yang bermakna perempuan dan kehidupan.

4. Farida

Nama yang satu ini cukup banyak ditemukan di Indonesia. Siapa sangka, ternyata nama ini berasal dari bahasa Arab yang artinya unik dan tidak ada tandingannya. Ternyata maknanya luar biasa, ya.

5. Halima

Nama indah lainnya yang punya pengaruh besar dalam Islam adalah Halima. Nama ini cukup dikagumi para muslimin karena ini adalah nama ibu angkat Nabi Muhammad SAW.

6. Hasina

Jika Anda ingin menyampaikan pesan kalau anak Anda ini cantik dan sangat memesona, maka nama Hasina bisa jadi rekomendasinya. Sebab, nama ini punya makna perempuan paling cantik.

7. Laila

Nama indah lainnya ialah Laila. Nama ini punya arti malam. Salah seorang rekan perempuan Nabi Muhammad SAW ada yang bernama Laila binti Khutaim dan dia adalah perempuan pertama yang menyatakan kesetiaannya pada Rasulullah ketika dia memasuki kota Madinah.


8. Rahma

Nama ini cukup familiar di telinga kita. Sebab, Rahma memiliki makan yang luar biasa. Diketahui, anak dengan nama Rahma ini diharapkan bisa menjadi anak yang baik, penuh kasih sayang, dan lembut hati.

9. Razna

Kalau nama yang satu ini memiliki arti dalam Islam yaitu ketenangan dan seseorang yang bermartabat.

10. Salma

Nama yang satu ini juga cukup banyak dipilih orang Indonesia. Nama Islam ini ternyata punya arti ketenangan, damai, dan tentram. Diharapkan, dengan nama ini, si anak bisa menjadi orang yang menyejukkan dan berjiwa damai. (*)

33 Nama Bayi yang Terinspirasi dari Alquran

 BAGI orangtua Muslim, memberikan nama bayi terhadap buah hati yang baru lahir termasuk hal yang paling penting, sebab nama tersebut merupakan doa.

Sementara dalam Islam, setiap orangtua dianjurkan memberikan nama yang paling bagus buat anak, sebab nama tersebut akan dipakai sebagai panggilan selama di dunia hingga di akhirat nanti.


Anjuran ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:

ﺇِﻧَّﻜُﻢْ ﺗُﺪْﻋَﻮْﻥَ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﺑِﺄَﺳْﻤَﺎﺋِﻜُﻢْ ﻭَﺃَﺳْﻤَﺎﺀِ ﺁﺑَﺎﺋِﻜُﻢْ ﻓَﺄَﺣْﺴِﻨُﻮﺍ ﺃَﺳْﻤَﺎﺀَﻛُﻢْ

Artinya: "Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan nama bapak-bapak kalian. Maka baguskanlah nama-nama kalian" (HR. Abu Dawud & Al-Baihaqi).

Nah bagi yang sedang mencari nama bayi untuk disematkan kepada anak, berikut 33 contoh dan artinya yang dilansir dari laman Babycenter, Senin (23/12/2019). Nama-nama berikut terinspirasi dari ayat-ayat Alquran:

1. Ayah artinya keajaiban.

2. Aisha artinya kehidupan, hidup.


3. Amina artinya dapat dipercaya, setia.

4. Badeeah artinya mengagumkan, luar biasa, keajaiban, takjub.

5. Bahar artinya musim semi, kehidupan utama.

6. Chafia artinya menjaga.

7. Chahrazad artinya sensitif.

8. Dafiya adalah nama seorang narator Hadits.

9. Daneen artinya putri.

10. Eiman artinya iman, keyakinan.

11. Eshal artinya nama bunga di surga.

12. Faaiza artinya kemenangan, kejayaan.

13. Faakhira artinya bangga, luar biasa, berharga.

14. Ghadah artinya cantik.

15. Ghufrana artinya pengampunan, pengampunan dosa.

16. Haadiya artinya panduan untuk kebenaran.

17. Habeeba artinya orang yang dicintai.


18. Ibadah artinya ibadah, memuja.

19. Jannat artinya surga.

20. Jahan artinya dunia.

21. Jahida artinya membantu yang rentan, dermawan.

22. Kaifiya artinya gembira, riang.

23. Kareema artinya dermawan, mulia.

24. Lafiza artinya sedalam lautan.

25. Lamah artinya kecerdasan.

26. Maahnoor artinya cahaya bulan.

27. Majidah artinya megah, mulia, dihormati.

28. Manaal artinya pencapaian, prestasi.

29. Nasra artinya orang yang suka membantu.

30. Nihala artinya ditinggikan, senang, makmur.

31. Obaidiyah artinya pengikut yang taat kepada Allah.

32. Pakiza artinya murni, suci.

33. Parsa artinya murni, shaleh.


Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info  

📢  Sumber  

Repulished by AyoJalanTerus.com ]  Membuka Mata Melihat Dunia 



Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !

Back to Top


Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini