Amazing, Ternyata Indonesia Memiliki 54 Taman Nasional!


Artikel Terbaru :



  Ayo   Jalan Terus    - Indonesia mutiara di tengah katulistiwa. Memiliki banyak kekayaan alam dan kecantikan alam yang luar biasa sehingga para penjajah dulu enggan pergi dari nusantara tercinta ini. Alam yang demikian mempesona ini sudah seharusnya menjadi tanggung jawab kita untuk menjaganya. Dimulai dari hal-hal kecil, mulai dari diri sendiri dan dari lingkungan kita (yang kecil). Bagaimana kita bisa berbicara tentang kelestarian alam yang lebih luas jika dalam lingkup yang kecil saja kita tidak mampu?

Berbicara tentang kekayaan alam, ternyata Indonesia memiliki 54 Taman Nasional




Dari ke 54 ini, Taman Nasional apa sajakah yang Agan dan Sista ketahui?

Dari 54 Taman Nasional yang ada di Indonesia ini 7 di antara merupakan Situs Warisan Dunia yang dimotori oleh United Nation  and Cultural Organization (UNESCO). Situs warisan dunia ini mempunyai 3 kategori utama yaitu budaya, alam dan campuran keduanya.

Ke-7 Taman Nasional itu adalah:

1. Taman Nasional Komodo
2. Taman Nasional Ujung Kulon
3, Taman Nasional Lorentz
4. Taman Nasional Sembilang
5. Taman Nasional Gunung Leuser
6. Taman Nasional kerinci seblat
7.  Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

1. Taman Nasional Komodo

Agan dan Sista pastinya sudah sangat tahu dengan Taman Nasional yang satu ini. Merupakan taman tempat dilindunginya kadal purba yang kita sebut komodo. Tempat yang belum lama ini viral oleh keputusan pemerintah untuk menaikkan tiket masuknya. Menjadi sistem membership yang mendapatkan pertentangan dari banyak pihak, terutama pihak-pihak yang selama ini mengais rezeki dari pariwisata Taman Nasional Tersebut. Taman ini bukan saja spesial dengan adanya komodo tapi juga penuh flora unik yang merupakan ciri khas daerah itu





2. Taman Nasional Ujung Kulon

Tempat ini dikenal dengan badak bercula satunya. Bukan hanya badak saja yang bisa dilihat, tapi Taman Nasinal ini juga menyajikan alam yang luar biasa indah. Memiliki 5 tempat yang menarik untuk dikunjungi yaitu hutan pantai, mangrove, hutan rawa air tawar, hutan hujan tropis dan padang rumput.




3.Taman Nasional Lorentz

Taman ini merupakan pintu gerbang untuk menuju Puncak Cartenz yang merupakan salah satu dari 7 puncak di dunia. Di sana kita bisa melihat gletser atau salju. Nah, Agan Sista, tertarik tidak berkunjung ke sini? Hanya di Puncak Cartenzlah kita bisa melihat gletser di Indonesia. Selain itu kita bisa melihat berbagai pemandangan menarik lainnya dari danau hingga laut. Taman dengan luar sekitar 2,4 juta hektar ini menjadi rumah bagi bagi flora dan fauna yang unik.  




4. Taman Nasional Sembilang

Taman ini terletak di Sumatera Selatan, di mana kita bisa melihat berbagai spesies burung yang unik. Buat pecinta burung dan petualang, tempat ini menjadi destinasinyang cocok buat Anda. Selain itu Taman Nasional ini terdiri dari hutan rawa gambut, hutan rawa air tawar, dan hutan tepian sungai. Bahkan pada hulan Oktober, Agan dan Sista bisa melihat burung yang bermigrasi dari Siberia. Wah, keren bukan?




5. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional yang sudah nggak asing lagi ya Gan. Taman ini terletak di NAD dan Sumatera Utara. Tempat yang banyak mendapat kunjungan wisata antara lain bukit lawang, di mana para turis bisa melihat primata khas Indonesia yaitu Orang Utan. Tempat itu sekaligus menjadi tempat pengamatan Orang utan. Taman Nasional Gunung Leuser pun menjadi tempat para gajah sumatera dan perairannya dihuni berbagai macam ikan yang panjangnya bisa mencapai satu meter. Unik sekali bukan?






6. Taman Nasional Seblat

Taman ini merupakan Taman Nasional terbesar di sumatera yang mencakup empat provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Di Taman ininkita bisa mendapati sebagian besar bukit barisan dan sebagian Gunung Kerinci yang merupakan gunung tertinggi di Sumaatera. Lanscape yang ditawarkan adalah Danau Gunung Tujuh, banyak matai air, sungai-sungai goa dan air terjun. Di sana juga bunga raksasa yaitu Rafflesia Arnoldi. Wah, keren banget ya.


 

7. Taman Nasional Bukit Barisan

Taman yang dibuat khusus untuk melindungi satwa badak, gajah, dan harimau sumatera yang populasinya semakin menurun. Selain itu taman ini masuk dalam 200 Ecoregion yang dibuat oleh WWF untuk habitat darat, air tawar dan laut di wilayah yang paling mencolok dari sudut pandang biologi.

Taman Nasional ini dibuka pukul 07.00-- 16.00 dan tiket masuknya dibaderol  Rp.65ribu.




Quote:



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info  

📢  Sumber  

Repulished by AyoJalanTerus.com ]  Membuka Mata Melihat Dunia 



*★*――――*★**★*――――*★**★*――――*★**★*――――*★*

Asyik . Unik . Baik


Artikel Terbaru :


Back to Top