Beda Selokan di Jepang dan di Indonesia ini Bikin Heboh


Artikel Terbaru :



  Ayo   Jalan Terus    - Bicara soal kebersihan, Jepang memang tiada duanya. Warga negeri sakura ini terkenal atas kedisiplinannya memelihara lingkungan mereka dari berbagai macam sampah.

Jika sebelumnya beningnya air banjir di kereta bawah tanah bikin kagum dunia. Foto-foto ini juga mengundang kekaguman serupa. Sebuah kali kecil yang membelah wilayah bernama Hida-Furukawa, Perfektur Gifu ini bikin geleng-geleng kepala.

Aliran air di dalamnya sangat bening, bahkan orang-orang yang sedang berjalan kaki bisa melihat ikan-ikan koi berenang. Dalam keadaan tertentu, masyarakat setempat kerap menangkap ikan-ikan tersebut untuk dikonsumsi.

   



Coba bandingkan dengan Indonesia, kali kecil saja kotornya minta ampun hingga berbau tak sedap. Orang-orang senang membuang sampah di kali daripada ke tempat sampah.

Banyak komentar dari netizen, bahkan ada yang ingin pindah ke Jepang karena merasa di Indonesia tidak akan mungkin terjadi hal seperti ini,





“Kalau punya duit, mendingan pindah ke jepang. Kalau pengen indonesia berubah jadi kayak jepang? Yaa ga mungkin.  Mesti mulai dari satu kota kecil dulu yg lalu jadi contoh sekaligus sebagai pendidik. Tapi nanti bisa dituduh “tidak mencintai budaya indonesia” .  Kok malah naksir cara jepang? Lestarikan tradisi sendiri walau pun sampah. . Itu lah mental sampah rakyat kita.” tulis Tav dalam komentarnya.

Netizen lain mengatakan bahwa orang Jepang merasa berdosa jika buang sampah sembarangan,





“Bedanya budaya masyarakat Jepang dan budaya masyarakat kita salah satunya adalah : Kalau masyarakat Jepang buang sampah ke sungai mereka merasa berdosa.Kalau masyarakat kita tidak buang sampah ke sungai merasa berdosa.GSR.” tulis Husairi.

Mungkin cara yang dilakukan orang Jepang ini bisa menjadi inspirasi. [HP – Sebarkanlah.com]


Lalu bagaimana dengan nasib selokan di kota-kota Indonesia?Meski belum sejernih di Jepang, tapi sungai-sungai dan selokan di Jakarta,Surabaya, Bandung dan beberapa kota Indonesia sudah mulai bersih dari sampah.





http://3.bp.blogspot.com/-ZusqM5EV-C8/U_6S0Z62MTI/AAAAAAAADqk/TAtI8SDp9N4/s1600/tirmizi.jpg


Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info  

📢  Sumber  

Repulished by AyoJalanTerus.com ]  Membuka Mata Melihat Dunia 



*★*――――*★**★*――――*★**★*――――*★**★*――――*★*

Asyik . Unik . Baik


Artikel Terbaru :


Back to Top