Bertemu Ular Kobra, Bagaimana Adab Seorang Muslim ?

Artikel Terbaru Lainnya :

  Ayo   Jalan Terus    - Penemuan ular kobra di sejumlah wilayah di Indonesia mulai meresahkan masyarakat. Sejak musim hujan banyak ular yang masuk ke pemukiman.

Salah satu tempat yang disambangi ular kobra itu adalah pemakaman warga di Kampung Sawah, Kelurahan Cibinong, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Setelah banyak laporan mengenai keberadaan ular-ular kobra tersebut, Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor langsung terjun ke lapangan dan mengamankan ular-ular sekaligus telur ular tersebut.
Lalu bagaimana adab seorang muslim saat menghadapi ular?
Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, dalam menangani kejadian seperti ini harus kembali kepada asbabul nuzulnya karena pembahasan tentang ular juga dituliskan di beberapa hadist.


“Setidaknya ada dua macam kondisi ular yang disebutkan dalam beberapa riwayat Hadits, yakni ular yang posisinya di luar rumah dan ular yang berada di dalam rumah,” katanya saat dihubungi Okezone, Selasa (10/12/2019).

Abu Sa’id al-Khudri RA bahwa Rasûlullâh sAW pernah berkata:



إِنَّ لِهَذِهِ الْبُيُوتِ عَوَامِرَ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ شَيْئًا مِنْهَا فَحَرِّجُوا عَلَيْهَا ثَلَاثًا، فَإِنْ ذَهَبَ، وَإِلَّا فَاقْتُلُوهُ، فَإِنَّهُ كَافِرٌ

Artinya: “Sesungguhnya di rumah-rumah ada ular-ular yang berada di rumah-rumah. Apabila kalian melihat satu dari mereka, maka buatlah peringatan padanya tiga kali. Apabila pergi, maka biarkan dan bila tidak mau pergi maka bunuhlah, karena dia itu kafir” (HR Muslim no. 2236).




Hadist di atas menjelaskan, jika ular yang ditemukan sulit untuk diusir, maka wajib dibunuh.

Namun sebagai muslim, terang Ustadz Ainul Yaqin, harus tetap berhati-hati dan menghargai ular. Sebab pada dasarnya, hewan ini merupakan makhluk hidup ciptaan Allah SWT.

“Kita juga harus menghargai bahwa tidak ada sesuatu ciptaan Allah SWT yang tidak ada manfaatnya, walaupun juga berbahaya, sebab banyak juga ular yang tidak berbisa dan tidak berbahaya,” katanya.
Oleh karena itu, sebagai seorang muslim dianjurkan berdoa kepada Allah agar diberi perlindungan ketika melihat ular berbisa dan takut terkena gigitannya.
ﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻜَﻠِﻤَﺎﺕِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺘَّﺎﻣَّﺎﺕِ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّ ﻣَﺎ ﺧَﻠَﻖَ
Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk.” (okz)


Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info  

📢  Sumber  

Repulished by AyoJalanTerus.com ]  Membuka Mata Melihat Dunia 



Back to Top