Cerita Cerita Korban Kebakaran soal Alquran Tak Terbakar di Rumah & Toko nya


Artikel Terbaru Lainnya :



  Ayo   Jalan Terus    - Foto selembar kertas Al-Qur’an yang tetap utuh di tengah puing-puing sisa kebakaran viral di media sosial.

Foto lembaran berisi ayat suci itu ada di salah satu bangunan di Soreang, Parepare, Sulawesi Selatan, yang terbakar.
Foto tersebut diunggah sebuah akun Facebook bernama Andi Rigas.



Selain foto selembar kertas yang utuh di tengah puing kebakaran, diunggah juga foto rumah terbakar.
“Subahanallah” Pasca Kebakaran Rumah Warga di Jl. Ketilang Kel. Ujung Baru Kec. Soreang Kota Parepare Hanya Sisahkan Puing Arang & Satu Halaman Wahyu Alloh (Surah Ke 28 Al-Qasas) Kisah Nabi Musa A.S. dan Fir’aun Sebagai Bukti Kebenaran Al-Qur’an,” tulis Andi Rigas dalam postingan seperti dilihat, Jumat (27/12/2019).
Diketahui, Andi Rigas merupakan anggota Sub Bagian Humas Polres Parepare.
Dia mengatakan foto tersebut diambil seorang jurnalis setelah terjadi kebakaran di Kelurahan Ujung Baru, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Sulsel, Kamis (26/12) kemarin.
“Foto ini diabadikan oleh seorang jurnalis TV nasional di Parepare saat liputan, subhanallah,” kata polisi berpangkat Brigadir ini.
Dalam kebakaran tersebut, ada enam unit rumah dan tiga unit sepeda motor yang dilalap si jago merah.
Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Suddin Syamsuddin, wartawan yang mengabadikan foto tersebut mengaku bukan baru pertama kali menemukan lembaran ayat suci Al-Qur’an ditemukan utuh setelah terjadi musibah kebakaran.
“Sebagai wartawan beberapa kali saya melihat peristiwa kebakaran, dan sering kali menemukan Quran tak tersentuh api, pengalaman kali ini sungguh sangat menakjubkan, jangankan lemari kayu, peralatan rumah tangga yang terbuat dari besi pun hangus terbakar,” jelas Syam sapaan akrabnya.
Lebih lanjut Syam menuturkan, potongan ayat Al-Qur’an itu ditemukannya di bagian tengah kamar rumah salah seorang warga yang menjadi korban kebakaran.
“Saat saya liputan di lokasi kejadian, seakan ada yang menggerakkan kamera saya menuju pada potongan ayat Quran dan guci yang bertuliskan lafaz Allah itu,” jelasnya.
Dia mengatakan saat mengambil gambar dampak kebakaran, ada juga warga yang mencari sisa-sisa harta mereka utamanya berkas dan perhiasan emas.
Namun, dia sendiri tak sadar ada yang menggerakkan untuk fokus mengambil gambar selembar Al-Qur’an itu.
Jika dicermati, lembaran dari Kitab Suci Al-Qur’an tersebut terdapat potongan ayat Surat Al-Qasas ayat 17 yang berbunyi:
Qāla rabbi bimā an’amta ‘alayya fa lan akụna ẓahīral lil-mujrimīn
Ayat tersebut memiliki terjemahan: “Musa berkata: Ya Tuhanku, demi nikmat yang telah Engkau anugerahkan kepadaku, aku sekali-kali tiada akan menjadi penolong bagi orang-orang yang berdosa’.”
Sumber: detik.com

Cerita Korban Kebakaran Jatinegara soal Alquran Tak Terbakar di Rumahnya


Saadah menjadi salah satu korban kebakaran di Jatinegara. Rumah dan benda-benda di dalam kediaman Saadah hangus terbakar kecuali sejumlah Alquran dan beberapa buku.

Awalnya, Saadah menceritakan tentang detik-detik kebakaran melanda rumahnya. Dia menyebut api muncul dari sebelah rumahnya kemudian merambat ke dapurnya hingga membuat kompornya meledak.


"Awalnya dari sebelah, RT 9 juga masih. Tahu-tahu api gede banget dari atas situ. Itu ga ada yang tahu, ga ada orang teriak-teriak. Ketahuannya pas orang lewat jatuhan api sama kayu-kayu. Pas liat langsung tahu. Udah gitu jatuhan ke rumah saya juga. Jatuhnya langsung ke kompor di dapur. Langsung meledak. Udah nggak bisa ketolong lagi udah gede (apinya)," kata Saadah di rumahnya yang terbakar, Jalan Setia RT 9 RW 2 No. 11, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (22/10/2019).





Saadah mengatakan kebakaran itu terjadi sekitar pukul 03.30 WIB. Saat itu, dia mengatakan orang-orang di rumahnya langsung melarikan diri tanpa membawa apapun.

"Cuma ada nenek-nenek (orang tua Saadah), sama ponakan, sama cucu-cucunya doang udah. Orang tua saya sibuk sama anak kecil itu jadi nggak mikirin harta mau dibawa gimana-gimana," ujarnya.


Saadah kemudian menunjukkan kondisi di rumahnya dan barang-barang di dalamnya yang hangus. Namun, ada satu rak buku yang terlihat masih utuh.

Di rak buku tersebut ada sejumlah Alquran dan buku lain. Saadah menunjukkan kalau Alquran itu tak tersentuh api meski ada buku-buku lain di rak itu yang terbakar.

"Ini yang ini nih, banyak. Ini Alquran (dan terjemahan) 3 bahasa, nggak kena dia. Ini paling kita kajian-kajian, album, doa-doa. Ada juga yang kayak gini, ini Alquran juga tafsir," jelas Saadah sambil menunjukkan Alquran yang tak terbakar itu.

Saadah berharap rumahnya yang hangus terbakar bisa direnovasi. Dia menyatakan saat ini dirinya menumpang di rumah tetangga yang selamat.

Cerita Korban Kebakaran Jatinegara soal Alquran Tak Terbakar di RumahnyaFoto: Kondisi salah satu rumah korban kebakaran di Jatinegara (Jefrie Nandy/detikcom)
"Belum belum (ada bantuan). Paling juga itu pejabat kelurahan. Kalau baju-baju dari itu doang kenalan dari sini. Pengennya sih direnovasi. Soal belum lama ini saya ngebangunnya. (Sementara) saya numpang-numpang aja di tetangga, saudara, ada yang di sekolahan, masjid. Yang penting ada tempat tinggal," ujar Saadah.


Sebelumnya, kebakaran di wilayah itu terjadi pada Senin (21/10) pukul 15.08 WIB. Terdapat 51 bangunan rumah tinggal yang ikut hangus terbakar akibat kebakaran ini.

"Objek terbakar 51 bangunan rumah tinggal," kata Kasiops Petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jaktim, Gatot Sulaiman, dalam keterangannya, Senin (21/10)


Ribuan Alquran Milik Haryo Utuh Meski Tokonya di Pasar Johar Hangus

Seorang pedagang buku di pasar Johar, Haryo (43), sudah pasrah ketika mengetahui pasar legendaris itu terbakar. Namun saat dia melihat tokonya pagi ini, ternyata ribuan kitab dan Alquran yang dijualnya masih utuh.

Letak kios milik Haryo terletak di lantai dua bagian dua atau berada di atas titik yang diduga menjadi asal api yang akhirnya menghanguskan 2/3 Pasar Johar dan Yaik sejak hari Sabtu (9/5) lalu.

"Saya diberitahu hari Sabtu, tapi tidak ke sini saya di Demak. Saya sudah pasrah, kebakaran ya sudah," kata Haryo kepada detikcom saat ia mengangkuti barang dagangannya, Selasa (12/5/2015).




Hari Minggu (10/5) sore ia sudah berniat melihat tokonya namun api belum seluruhnya padam sehingga pedagang dilarang mendekat oleh petugas. Keesokan harinya ia kembali datang dan melihat tokonya.

Saat dicek kemarin, kios Haryo yang bernama Toko Haryo dan berada di bagian depan lantai dua itu sudah hangus terbakar beserta isinya. Namun pagi tadi ia memperoleh kabar dari karyawannya ada barang yang selamat. Barang itu berupa tumpukan buku yang disimpan di lemari kayu yang dilapisi seng tepat di depan toko. Buku tersebut adalah Alquran dan kitab yang dijualnya.

"Ya 30 persenan selamat, saya memang jual kitab kuning, kitab pesantren, dan Alquran. Ini yang selamat di kotak depan toko," tandas warga Demak itu.

Sejak pagi tadi, ia dibantu karyawannya langsung melakukan evakuasi barang-barang. Dia berniat membawa buku yang selamat ke toko lain miliknya di Demak.

Haryo mengaku cukup terkejut karena tokonya hangus bahkan toko-toko di sebelahnya juga hangus beserta semua barang-barang di dalamnya.

Diketahui kebakaran terjadi sejak hari Sabtu lalu dan menghanguskan 2/3 Pasar Johar dan Yaik. Diduga sumber api berasal dari toko pakaian yang berada di lantai satu tidak jauh dari Toko Haryo. Sebanyak 4.719 pedagang terkena dampak dari kebakaran dahsyat tersebut.

(alg/try)


Semua Hangus Karena Kebakaran, Kisah Al-Quran Tetap Utuh di Sulsel Ini Bikin Heboh Warga

Kitab suci adalah pesan langsung dari Tuhan, di mana ayat-ayatnya menjadi salah satu penuntun umat manusia agar tidak terjerumus dalam kesesatan. Oleh sebab itu, setiap manusia harus mempelajarinya dan mengamalkan isinya dengan baik. Tentu supaya tidak hanya kehidupan dunia, namun akhirat pun bahagia.
Lantaran jadi salah satu pesan dari yang Maha Kuasa, tentu kitab suci punya keajaiban tersendiri. Seperti yang terjadi di beberapa waktu lalu dimana benda itu masih bertahan meski telah terbakar. Lalu benarkah kisah itu? Simak ulasan berikut ini.

Kebakaran di Sulsel yang bikin heboh

Beberapa waktu yang lalu di Jalan Bangau, Lubuklinggau dihebohkan dengan adanya kebakaran dahsyat. Bagaimana tidak, pasalnya sejumlah 4 rumah hangus rata dengan tanah lantaran api melahap habis barang serta perabotan. Namun satu hal dari bencana ini adalah adanya benda yang ditemukan masih utuh padahal semua sudah hangus jadi arang.
Ya, tepatnya di bekas rumah milik Anshori, dilansir dari liputan 6, empat Al-Quran masih dalam keadaan bagus dan masih bisa dipergunakan. Meski ada yang hangus, namun hanya sebagian kecil dan beberapa lembar saja. Bersama warga, para petugas pemadam pun sempat kaget lantaran keadaannya masih kitab suci tersebut masih bagus.

Tak hanya Al-Quran, lafadz Allah dan Muhammad masih utuh
Melihat adanya Al-Quran yang masih utuh ditemukan oleh warga dan petugas tentu sudah bikin tertegun, namun siapa sangka ada benda lain tak terduga yang masih selamat. Ketika perabotan dan buku-buku sudah hangus, sebuah tulisan Allah dan Muhammad yang menempel di dinding ternyata masih utuh seperti kasus yang terjadi pada Al-Quran.
Masih bisa dibaca bahkan digunakan kembali, banyak orang sempat heran dengan kejadian itu. Oleh sebab itu ketika pertama ditemukan, benda tersebut langsung diamankan dan ada pula yang sempat mengabadikannya menggunakan ponselnya.

Lantaran kejadian yang tak biasa, banyak yang menyebutnya keajaiban Tuhan

Memang kalau dipikir memakai logika cerita benda-benda ini tidak hangus pada kejadian kebakaran tentu akan sulit ditemui titik temunya. Oleh sebab itu, warga menganggap hal ini sebagai salah satu tanda keajaiban Tuhan yang menyelamatkan kitab suci meskipun dalam keadaan bencana.
Aseh dan Anshori selaku pemilik kitab suci itu pun mengaku sangat terkejut ketika pertama kali menemukannya. Meskipun cetakan lama, namun Al-Quran sejumlah empat buah itu nantinya akan tetap ia gunakan lantaran kejadian ini. Toh, bagian yang hangus hanya sampul dan beberapa bagian kecilnya saja sehingga masih mungkin untuk digunakan.


Kejadian ini bukan pertama kali terjadi

Usut punya usut, ini bukan kejadian pertama Al-Quran yang masih bertahan meski ditengah kebakaran. Tepatnya 7 Juli lalu, ternyata di Wonosobo Jawa Tengah kejadian serupa juga sempat terjadi. Warga bernama Nuryanto tak pernah mengira kalau ternyata ada sumber api yang akhirnya melahap seisi rumahnya. Mulai dari uang 68 juta, sepeda motor dan perabotan lainnya pun hangus dilahap si jago merah.
Namun uniknya hanya kitab suci Al-Quran yang selamat dan masih bisa digunakan. Anehnya lagi, padahal benda tersebut dekat dengan sumber api, namun tetap tidak apa-apa. Hanya beberapa bagian yang hangus namun masih bisa digunakan. Meskipun begitu, kebakaran ini tetap jadi musibah buat keluarga Naryanto.
Kejadian ini mungkin bisa jadi salah satu pertanda bahwa memang kitab suci punya mukjizat tersendiri. Oleh sebab itu, lantaran tak biasa akan ada baiknya jika kita membacanya serta mempelajarinya. Agar tidak hanya jadi pajangan saja di pojokan rumah.

Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info  

📢  Sumber  https://news.detik.com/berita/d-4755341/cerita-korban-kebakaran-jatinegara-soal-alquran-tak-terbakar-di-rumahnya

Repulished by AyoJalanTerus.com ]  Membuka Mata Melihat Dunia 



😉 Anda Sudah Membaca ✔️ Cerita Cerita Korban Kebakaran soal Alquran Tak Terbakar di Rumah & Toko nya

Artikel Terbaru Lainnya



Artikel Terkait Lainnya

________________________________

Asyik . Unik . Baik

Back to Top