Mengenal Jadwal Kerja Organ Tubuh Manusia Dalam Sehari 24 Jam




  Ayo   Jalan Terus    -  Manusia memang terbukti merupakan makhluk paling sempurnya yang diciptakan oleh-Nya. Ini terbukti dengan lengkapnya organ-organ dan fungsinya yang kompleks. Organ-organ tersebut telah membantu manusia untuk mempermudah melakukan aktivitasnya setiap hari. Tanpa dikomando, setiap organ tubuh akan bekerja sesuai fungsinya secara otomatis.

Sehubungan dengan pola hidup yang sehat, alangkah baiknya jika kita mengetahui waktu aktivitas setiap organ. Sehingga apapun kebiasaan kita sehari-hari tidak akan mengganggu kinerja organ-organ tersebut. Dengan mengetahui waktu kerja setiap organ tubuh, kita bisa menghindari kebiasaan buruk yang kemungkinan akan mengganggu fungsi organ yang akan merugikan diri sendiri.



Selayaknya mesin setiap organ tubuh manusia memiliki waktu kerja dan waktu istirahat. Menurut Ilmu Pengobatan Tradisional Cina (Traditional Chinese Medichine), setiap organ tubuh memiliki waktu kerjanya masing-masing. Untuk lebih jelasnya silahkan simak di bawah ini:


07.00 – 09.00 LAMBUNG
Aktivitas normal lambung kuat saat ini. Disarankan sarapan pagi untuk proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari. Sebelum sarapan pagi dianjurkan minum jus buah atau suplemen herbal, karena saat perut kosong zat yang terkandung dalam minuman tersebut akan langsung diserap oleh tubuh.

09.00 – 11.00 LIMPA
Aktivitas normal limpa kuat saat ini. Limpa dan sistemnya akan aktif mentransfer cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila mengantuk, artinya limpa sedang melemah maka kurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

11.00 – 13.00 JANTUNG
Aktivitas normal jantung kuat saat ini. Disarankan untuk istirahat, hindari panas dan aktivitas yang berhubungan dengan fisik. Tingkat emosi sedang meningkat terutama pada orang dengan gangguan pembuluh darah.

13.00 – 15.00 HATI
Aktivitas normal hati melemah saat ini. Aktivitas pengumpulan sel darah merah di hati maka disarankan untuk tidur, terutama untuk anak-anak dengan tujuan agar darah merah mudah terkumpul dan mempercepat proses regenerasi sel-sel hati. Apabila fungsi organ hati kuat maka tubuh juga akan kuat untuk menangkal segala serangan penyakit.

15.00 – 17.00 PARU-PARU
Aktivitas normal paru-paru melemah saat ini. Proses pembuangan racun dan pembentukan energi paru-paru. Sebaiknya beristirahat dan tidur untuk memperlancar aktivitas pembentukan energi paru-paru.

17.00 – 19.00 GINJAL
Aktivitas normal ginjal kuat saat ini. Proses pembentukan sum-sum tulang dan sel otak yang menunjang kecerdasan. Saat ini adalah waktu yang baik untuk belajar.

19.00 – 21.00 LAMBUNG
Aktivitas normal lambung melemah saat ini. Lambung akan melemah, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang sulit dicerna. Lebih baik tidak mengonsumsi makanan / berhenti makan, kecuali air minum putih.

21.00 – 23.00 LIMPA
Aktivitas normal limpa melemah saat ini. Proses pembuangan, regenerasi sel limpa, dan pembentukan immunitas tubuh. Sebaiknya istirahat dan mendengarkan musik yang menenangkan jiwa untuk memperlancar peningkatan immunitas tubuh.

23.00 – 01.00 JANTUNG
Aktivitas normal jantung melemah saat ini. Sebaiknya sudah tidur untuk menjaga kestabilan kinerja jantung saat melemah. Apabila masih beraktivitas atau bekerja akan mengakibatkan fungsi jantung makin melemah dan berdampak buruk pada organ yang lain di kemudian hari.

01.00 – 03.00 HATI
Aktivitas normal hati kuat saat ini. Proses pembuangan racun dan limbah sisa-sisa hasil metabolisme tubuh. Apabila terjadi gangguan fungsi hati maka akan tercermin pada kotoran dan gangguan pada mata. Apabila terdapat luka dalam tubuh, maka akan terasa nyeri pada saat ini.

03.00 – 05.00 PARU-PARU
Aktivitas normal paru-paru kuat saat ini. Proses pembuangan limbah dan racun dari paru-paru. Apabila terjadi batuk, bersin-bersin atau berkeringat hal ini menggambarkan adanya gangguan fungsi paru-paru. Sebaiknya melakukan aktivitas olah napas untuk mendapatkan energi yang sehat dan kuat.

05.00 – 07.00 USUS BESAR
Aktivitas normal usus besar kuat saat ini. Penyerapan air dalam tubuh akan terjadi lebih banyak, serta pembuangan sisa-sisa metabolisme tubuh. Sebaiknya buang air besar secara teratur dan mengonsumsi air putih.





Sesuaikan Aktivitas Dengan Jam Kerja Organ Tubuh Selama 24 Jam



 Zat kimia tubuh manusia atau yang sering disebut hormon, bekerja pada jam-jam tertentu sesuai fungsi organ yang menghasilkannya. Berpatokan pada jam kerja organ tubuh, maka sebenarnya dapat diketahui solusi yang tepat jika terjadi permasalahan dengan kesehatan.

Perubahan level hormon dalam tubuh dan dampaknya terhadap kesehatan memang sudah lama diteliti oleh para ahli, dan inilah hasilnya.


PAGI

05.00
Tubuh menghasilkan hormon-hormon penting untuk memperbaiki jaringan sel dan memperkuat tulang. Tubuh berada pada kondisi maksimal untuk tidur, karena tubuh menghasilkan hormon melatonin. Orang yang bekerja shift malam akan merasa sangat mengantuk pada jam ini.

06.00
Waktunya wanita dan pria berada pada puncak kesuburan. Tingginya hormon testosteron yang menyebabkan tingginya dorongan seks. Bila tidak menginginkan kehamilan, sebaiknya tidak melakukan hubungan seks pada jam ini.

07.00
Hormon antiradang berada pada tingkat paling rendah, sejalan dengan menurunnya suhu otot. Pada jam ini tubuh terasa kaku dan sakit. Bagi penderita rematik, jam ini sungguh sangat menyiksa.

08.00
Tekanan darah dan suhu tubuh meningkat karena hormon kortisol (hormon stres) meningkat. Pada periode ini lazim terjadi serangan jantung.

09.00
Waktunya makan. Sistem pencernaan pada kondisi paling efisien karena metabolisme lebih aktif pada saat ini daripada di jam-jam lain, sehingga lemak yang diserap jadi lebih mudah terbakar.

10.00
Kondisi terjaga yang maksimal, otak dalam kondisi paling tajam dan jernih. Ingatan jangka pendek dan kemampuan memusatkan pikiran sangat optimal, sehingga jam ini merupakan saat tepat untuk mengerjakan pekerjaan yang mengandalkan pikiran.

11.00
Sistem imunitas tubuh menurun, karena sel darah putih yang bertugas melawan infeksi dan penyakit kurang aktif. Pada jam ini seseorang mudah terserang penyakit.


SIANG

Kejadian stroke meningkat sampai 50% pada jam ini karena tekanan darah meningkat. Tingginya tekanan darah dapat menegangkan pembuluh darah karena tersumbat oleh simpanan lemak, sehingga bisa berakibat pecahnya pembuluh darah.

13.00
Saatnya ginjal bekerja keras, mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Saat ini biasanya sering buang air kecil.

14.00
Prioritas tubuh yang utama adalah mencerna makanan karena energi menurun. Merasa sangat mengantuk sangat lazim pada jam ini. Beberapa negara menerapkan jam istirahat agak panjang.

15.00
Hormon endorphine atau hormon penghilang rasa sakit, meningkat pada jam ini. Artinya, proses penyembuhan terjadi pada waktu ini.

16.00
Hormon adrenalin dan suhu tubuh berada pada kondisi paling tinggi. Saat inilah waktu paling tepat untuk berolahraga. Jam ini juga paru-paru berfungsi maksimal.

17.00
Tingginya produksi hormon serotonin membuat perasaan jadi gembira pada jam ini.


MALAM

18.00
Terasa panas di perut bagian atas, karena pada jam ini lambung memproduksi lebih banyak asam. Bila makan pada jam ini, kemungkinan akan mengalami gangguan pencernaan.

19.00
Waktu yang tepat untuk makan malam, karena tubuh mulai santai sehubungan dengan tubuh yang memproduksi hormon melatonin yang mempersiapkan siap tidur malam.

20.00
Hati mempersiapkan enzim untuk memecah alkohol dalam tubuh. Setelah dua jam, enzim akan turun kembali.

21.00
Bila saat ini sedang sakit, dibutuhkan penghilang rasa sakit. Pada jam ini hormon endorphine turun drastis.

22.00
Sistem imunitas meningkat, tubuh siap melawan kuman.

23.00
Biasanya alergi mulai bergejolak karena kadar histamin yang meningkat.


Tengah Malam (midnight)

Bagi yang sedang hamil tua, bersiaplah menghadapi kontraksi, karena hormon progesteron (hormon pemicu kontraksi) sedang dalam kondisi optimal.

01.00
Waktu terbaik bagi tubuh untuk memulihkan diri, jadi sebaiknya tidur pada jam ini. Namun bila menderita penyakit asam urat, rasa sakit akan menyerang karena kadar asam urat meningkat pada jam ini.

02.00
Penyerapan nutrisi paling baik oleh kulit. Itulah sebabnya perusahaan kosmetik menciptakan krim malam untuk menutrisi kulit. Pada jam ini tubuh juga memproduksi hormon yang memperlambat aktivitas kandung kemih, sehingga tidak perlu bangun untuk buang air kecil.

03.00
Serangan asma sering terjadi pada dini hari karena rendahnya hormon adrenalin dan zat antiradang dalam tubuh.

04.00
Seringkali pada jam ini kematian sering terjadi di rumah sakit. Penyebabnya adalah turunnya tekanan darah saat pasien tidur lelap.


Sumber :  Pesona Magazine (edited)




Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info  

📢  Sumber  

Repulished by AyoJalanTerus.com ]  Membuka Mata Melihat Dunia 



Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top