Jarang Diketahui, Ternyata Beginilah Nasib Akhir Ponsel-ponsel Bekas yang Sudah Tak Terpakai


Artikel Terbaru Lainnya :



  Ayo   Jalan Terus    - Perkembangan zaman terus maju dan tanpa kita duga salah satu yang terus berubah mengikuti perkembangan zaman adalah ponsel.

Seperti yang Anda ketahui, ponsel telah mengalami perkembangan dari masa ke masa, dan beberapa diantaranya sudah dilupakan.

Misalnya ponsel jadul Anda yang sudah tidak Android yang mungkin sudah terjual lama, kemanakah mereka saat ini.






Jika pertanyaan itu terlintas di pikiran Anda mungkin ada baiknya Anda mengetahui fakta di balik ponsel-ponsel tak terpakai seperti berikut ini.

Melansir Toutiao, dari data Xiaolei, limbah ponsel di Tiongkok lebih dari 500 juta ponsel ditinggalkan setiap tahun 2018.

Sebagian dari ponsel-ponsel itu mungkin dijual ulang, kemudian sebagiannnya lagi ada yang direparasi, itupun ponsel yang masih layak dipakai.

Lantas dikemanakan ponsel-ponsel bekas tak terpakai?

Ternyata ponsel-ponsel tersebut dimurnikan, salah satunya adalah di Shenzen Huanqiang Nort, yang dikenal sebagai lembah ponsel di Tiongkok.





Perusahaan ini telah mulai merenovasi ponsel bekas dari seluruh dunia dan Tiongkok, kemudian dikirim ke beberapa tempat tergantung katergorinya.

1. ponsel konvensional dikirim ke Henan di mana pabrik akan membongkar, dan mesin fungsional akan di bongkar di Henan.

2. Smartphone, akan dikirim ke Shenzen Huanqiang Nort, adalah tempat di mana ponsel pintar di daur ulang untuk dijual kembali secara matang.

Ponsel-posel ini kemudian dikirim ke pasar bekas domestik dan khusunya ke daerah-daerah tertinggal seperti di Afrika.

Selain itu ponsel-ponsel bekas ini juga akan diekstraksi pada bagian logam mulianya.

Sebagai contoh ponsel bekas tak terpakai, akan diambil komponsennya seperti layar, mikrofon, motherboard, baterai,dll.

Bagian yang diekstraksi akan dikirim ke pabrik perakitan ponsel dan dimasukkan ke dalam rantai produksi untuk dijadikan mesin baru berikutnya.

Beberapa diantaranya akan dikemas ulang dan dikirim ke toko reparasi ponsel atau dijual eceran kepada orang-orang.




Terakhir ini adalah bagian menarik dari menekstraksi ponsel bekas, di dalamnya ternyata ada logam mulia yang sedikit diketahui orang.

Ponsel-ponsel mewah ternyata mengandung logam mulia seperti emas, perak, dan tembaga yang isinya 80 kali lipat dari biji emas.

1 ton ponsel tua dapat dimurnikan 400 gram emas, 2,3 kilogram perak dan 172 kilogram tembaga.





MenurutApple Reporttahun 2015, Apple memurnikan iPhone dan mendapatkan sekitar 2.204 pound atau sekitar 1 ton emas yang dikonversi menjadi 260 juta yuan (Rp535 juta).

Namun, yang paling penting dari semua itu adalah, hilangkan data pada ponsel bekas Anda karena itu juga memiliki nilai, karena banyak orang mengambil data dari ponsel bekas untuk dijual ke pasar gelap.

Afif Khoirul M



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info  

📢  Sumber  

Repulished by AyoJalanTerus.com ]  Membuka Mata Melihat Dunia 



😉 Anda Sudah Membaca ✔️ Jarang Diketahui, Ternyata Beginilah Nasib Akhir Ponsel-ponsel Bekas yang Sudah Tak Terpakai

Artikel Terbaru Lainnya



Artikel Terkait Lainnya

________________________________

Asyik . Unik . Baik

Back to Top