Kata Bijak Untuk Anak : 50++ Kata Mutiara Islam Tentang Anak




  Ayo   Jalan Terus    - Anak adalah amanah yang Allah SWT titipkan kepada orangtua. Oleh karena itu, orangtua harus menjaga, merawat dan mendidik, serta menanamkan nilai-nilai kebaikan dan kasih sayang pada diri seorang anak. Terutama dalam masalah agama, orangtua juga harus memberikan perhatian lebih untuk mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai keislaman kepada sang anak. Dengan demikian, ia akan tumbuh menjadi anak saleh yang kelak bisa menjadi wasilah bagi orangtua untuk masuk surga.

Jika ada istilah “anak durhaka”, begitu juga berlaku bagi orangtua. Kurang perhatian kepada anak dengan tidak memberikan pengasuhan yang baik dan tidak mengenalkan ajaran-ajaran islam adalah bentuk kedurhakaan orangtua kepada anak. Ibnu Qayyim al-Jauziyah pernah mengatakan, “Barangsiapa yang dengan sengaja tidak mengajarkan hal-hal yang bermanfaat kepada anaknya dan membiarkannya begitu saja, berarti ia telah mendurhakai anaknya.”

Di zaman sekarang ini, barangkali banyaknya perilaku menyimpang yang terjadi di kalangan para remaja di antaranya disebabkan karena kurangnya perhatian orangtua kepada anaknya, terutama dalam hal pembinaan agama.
Olah karena itu, penting bagi orangtua untuk kembali menyadari hakikat anak sebagai amanah yang menjadi tanggung jawabnya serta tidak lupa untuk selalu memohon kepada Allah agar dianugerahi keturunan yang baik. “Wahai Tuhanku, berikanlah kepadaku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi maha Mengabulkan doa.” (Q.S Ali Imran: 38).

Kata Bijak Islami Tentang Anak

Berikut ini beberapa kata mutiara islam tentang anak yang sangat bagus dibaca sebagai renungan bagi para orangtua. Memuat banyak nasehat bijak untuk selalu memperhatikan anak, terutama dalam masalah kehidupan keagamaan mereka.
Seperti harapanmu
Be the person you want your child to be.
Jadilah seseorang sebagaimana kamu menginginkan anak-anakmu kelak menjadi apa.
Apa yang kamu wariskan?
It’s not what you leave to your children, it’s what you leave in your children.
Bukan tentang apa yang kamu tinggalkan untuk anak-anakmu, melainkan apa yang kamu tinggalkan dalam diri anak-anakmu.
Termasuk ibadah
Being patient with our children is an act of worship. – Mufti Ismail Menk
Bersabar dalam mendidik anak-anak kita adalah sebuah amal ibadah. – Mufti Ismail Menk
Menjadi teladan
Don’t tell your child, “Go and pray, otherwise you’ll go to hell.” But tell him/her, “Come and pray with me, so we can enter Jannah together.”
Jangan katakan kepada anakmu, “Berangkatlah untuk shalat, kalau tidak, kamu akan masuk neraka.” Tapi katakan padanya, “Ayo berangkat shalat bersama, supaya kita bisa masuk surga bersama-sama.”
Sebagai ujian
And know that your properties and your children are but a trial, and that Allah has with Him a great reward. – (Q.S Al-Anfal: 28)
Dan ketahuilah, bahwa harta dan anak-anakmu hanyalah sebagai cobaan, dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar. – (Q.S Al-Anfal: 28)
Hadir untuk mereka
Children want your time more than anything else. Play with them, teach them, and cherish them. Because they are an amanah to you from your Lord.
Anak-anak menginginkan waktumu lebih dari segalanya. Bermainlah bersama mereka, ajari mereka, dan sayangi mereka. Karena mereka adalah amanah dari Tuhanmu.
Pemberian terbaik
There is no gift a parent can give his child that is better than good manners. – Hadits
Tidak ada pemberian yang lebih utama dari orangtua kepada anaknya, selain daripada akhlak yang mulia. – Hadis
Al-Fatihah
Teach your children surah al-Fatihah before anyone else does. It will be a part of their prayers for rest of their lives.
Ajari anak-anakmu membaca surat al-Fatihah sebelum orang lain mengajarkannya banyak hal. Karena itu akan menjadi bagian dari shalat di sepanjang hidup mereka.
Apa yang akan terjadi?
We always think what will happen to my children after i die, but we should really think what will happen to my children after they die.
Kita selalu memikirkan “Apa yang akan terjadi pada anak-anakku setelah aku meninggal”, tapi mestinya kita juga harus benar-benar memikirkan “Apa yang akan terjadi pada anak-anakku setelah mereka meninggal”.
Mendoakan
Be Responsible parents. Make du’a for your child. – Dr. Bilal Philips
Jadilah orang tua yang bertanggung jawab. Jangan lupa memanjatkan doa untuk anak-anakmu. – Dr. Bilal Philips
Hadiah terbaik
The best gift from a Father to his child is education and upbringing.
Hadiah terbaik dari seorang Ayah kepada anaknya adalah pendidikan dan pengasuhan.
Pelangi
The work will wait while you show the child the rainbow, but the rainbow won’t wait while you do the work.
Pekerjaan masih bisa menunggu saat kamu menunjukkan keindahan pelangi kepada si anak, tapi pelangi tidak akan menunggu saat kamu lebih memilih mendahulukan pekerjaanmu.
Jangan paksakan
Do not force your children to behave like you, for surely they have been created for a time which is different to your time. – Ali bin Abi Thalib
Jangan paksa anakmu untuk menjadi seperti dirimu, karena mereka tidak terlahir di zamanmu. – Ali bin Abi Thalib
Doa mohon anak keturunan yang baik
O Lord, give us comfort in our spouses and children, and make us paragons of those who follow the straight path. – (Q.S Al-Furqan: 74)
Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri dan keturunan yang menyejukkan hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. – (Q.S Al-Furqan: 74)
Memuliakan
Give due respect and regard to your children, and decorate them with the best of manners. – Hadits
Muliakanlah anak-anakmu dan didiklah mereka dengan baik. – Hadis
Pentingnya teladan
Your child will follow your example, not your advice.
Anakmu akan mengikuti atau meniru tingkah lakumu, bukan nasehatmu.
Kehadiranmu
Your children need your presence more than your presents.
Anak-anak jauh lebih membutuhkan kehadiranmu daripada sekedar hadiah darimu.
Menyayangi anak
Whoever fails to show mercy to our children and honor to our elders, is not one of us. – Hadits
Bukan termasuk golongan kami, orang yang tidak menyayangi anak-anak dan tidak menghormati orang yang dituakan diantara kami. – Hadis
Mengenalkan Allah
Do not raise your children to provide for you. Raise them to worship Allah and provisions will always come. – Ibnu Utsaimin
Jangan membesarkan anak-anak supaya mereka menghasilkan rezeki untukmu. Akan tetapi besarkan mereka untuk beribadah kepada Allah, maka rezeki pun akan datang mengikuti. – Ibnu Utsaimin
Mengajarkan alquran
Teach your kids Quran, and Quran will teach them everything. – Dr. Bilal Philips
Ajarkanlah alquran kepada anak-anakmu, maka alquran akan mengajarkan segalanya kepada mereka. – Dr. Bilal Philips

Kata Kata Islami Tentang Anak

Pemberian paling berharga
Tidak ada pemberian orangtua yang paling berharga kepada anaknya daripada pendidikan akhlak mulia. – (HR. Bukhari)
Kuncinya
Kata kunci dalam pendidikan anak adalah memilihkan teman dan lingkungan yang baik. Sebagaimana sabda Rasulullah saw, “Seseorang itu akan mengikuti agama teman dekatnya (lingkungan pergaulannya). Oleh karena itu, hendaknya kalian siapakah yang kalian jadikan sebagai teman dekat.” – (HR. Abu Daud)
Jatuhnya generasi muda
Jika suatu saat kelak kamu tidak lagi mendengar bunyi bising dan gelak tertawa anak-anak riang di antara shaf-shaf shalat di masjid-masjid, maka sesungguhnya takutlah kalian akan kejatuhan generasi muda kalian di masa itu. (Sultan Muhammad al-Fatih)
Menutup aurat
Selangkah anak perempuan keluar dari rumah tanpa menutup aurat, maka selangkah juga ayahnya itu hampir ke neraka.
Teladan orangtua
Cara terbaik untuk mendidik anak adalah melalui kepribadian terbaik dari orangtua. Karena anak akan mencontoh banyak hal dari orangtuanya.
Mengenalkan syariat
Tak ada kata terlalu dini untuk menerapkan syariat, karena jika terlambat kelak penyesalan yang didapat.
Sejak belia
Lebih baik berpayah-payah mendidik mereka selagi belia, daripada setan yang lebih dahulu merenggut hatinya, atau pergaulan yang buruk merantainya jauh dari kita.
Manusia paling utama
Manusia yang paling utama mendapatkan kebaikanmu dan paling berhak mendapatkan perbuatan baikmu adalah anak-anakmu. Karena sesungguhnya mereka adalah amanah yang Allah letakkan di sisimu. – Abdurrahman As-Sa’dy
Amanah
Anak-anak itu amanah, hanya boleh dididik sesuai keinginan yang menitipkan, bukan sesuai hawa nafsu kita.
Mendidik anak
Didiklah anak untuk mengenal dan mencintai Allah. Karena anak adalah amanah, dan setiap amanah akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak.
Mengungkapkan sayang
Sering-seringlah berkata sayang dan cinta kepada anak. Karena dengan ucapan cinta yang tulus, anak akan merasa kehadirannya benar-benar didambakan, dan insyaallah dia akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri, sebab semua kebutuhan jiwanya terpenuhi.
Fitrah anak
Semua anak adalah baik. Karena Allah telah menginstal di dalam dirinya fitrah yang lurus.
Sejak kecil
Hendaklah adab sopan anak-anak itu dibentuk sejak kecil. Karena ketika kecil mudah membentuk dan mengasuhnya, belum dirusakkan oleh adat kebiasaan yang sukar ditinggalkan. – HAMKA
Tidak boleh gagal
Dalam karir dan bisnis, mungkin kita boleh gagal. Tapi dalam mendidik anak kita harus berhasil, karena mendidik anak itu tidak bisa diulang.
Iringi dengan doa
Kemampuan orangtua mendidik anak ada batasnya. Sedangkan pintu pertolongan Allah tiada terbatas. Maka iringi proses mendidik anak dengan doa. – Aa Gym
Termasuk Ibadah
Mendidik anak itu adalah ibadah. Jangan sampai keluar dari tulang sulbi anda orang yang tidak shalat. – Dr. Abdul Malik Al-Qasim
Mendidik anak perempuan
Ajari anak-anak perempuanmu menjadi tangguh karena dia akan menjadi istri sekaligus menjadi ibu bagi anak-anaknya nanti. Dia memiliki tugas untuk melahirkan generasi-generasi hebat pada masa yang akan datang.
Ketika anak menangis
Di antara bentuk adab dan cara pendidikan kepada anak kecil adalah jika ia menangis maka hendaklah dibiarkan (dia menangis) beberapa saat agar ia bisa tenang, karena ia sedang mengeluarkan apa yang ada di dalam hatinya. Akan tetapi jika engkau langsung mendiamkannya maka ia akan tertekan dan dirinya merasa dikekang. – (Ibnu Utsaimin, Syarhul Mumti’ : 5/393)
Bercanda dan bermain
Siapa memiliki anak kecil, hendaklah ia bercanda dan bermain dengan mereka. – (HR. Ad-Dailami)
Anak bisa menjadi sebab mulianya orangtua di mata Allah, dan sebaliknya anak juga bisa menjadi sebab orangtua hina di mata Allah. Semua itu kembali kepada bagaimana orangtua menjalankan tanggung jawabnya. Semoga beberapa kata mutiara islam tentang anak di atas bisa menjadi pengingat dan bagi kita semua.

Kata Mutiara Motivasi untuk Anak Tercinta


“Yg ibu khawatirkan bukanlah apakah Tuhan ada di pihak kita, tapi apakah kita ada di pihak Tuhan. Karena Tuhan selalu benar nak…”
“Lelah mu hari ini lebih baik nak dari pada penyesalanmu di masa tuamu…berjuanglah selagi bisa.”
“Masalahmu bukan yang terburuk nak…masih banyak di luar sana yang bahkan harus berjuang untuk sekedar hidup”
“Tak ada yang kekal di dunia ini nak, termasuk juga masalahmu nak. Bersabarlah…semua akan indah pada waktunya”
“Ibu dan ayah adalah sumber inspirasi terbesar dalam hidupku. Selamat pagi ibu…ayah…”
“Ayahku selalu berkata bahwa tidak ada tempat terbaik untuk berkeluh kesah selain pada tuhan. Tuhan-lah maha segala2nya.”
“Hidup ini terlalu berat untuk mengandalkan diri sendiri tanpa melibatkan bantuan Tuhan dan orang”
“Jaman sekarang, kekurangan harta lebih bermasalah daripada kekurangan iman, jangan sampai kau salah satunya nak.”
“Setiap orang punya masa lalu nak, jangan permasalahkan masa lalunya. Lihatlah bagaimana dia sekarang karena tak ada manusia sempurna.”
“Pemikiran baik akan berakhir dengan baik asal kau selalu percaya, berusaha dan berdoa nak.”
“Bila kau benar kau tak boleh gentar dengan rintangan-rintangan yang menghadangmu nak…Tuhan selalu bersama orang-orang yg benar.”
“Maafkan aku ibu dan ayah, aku telah banyak berbohong pada kalian…”
“Terima kasih Tuhan atas nikmat hari ini dan hari-hari sebelumnya yg telah Kau berikan pada keluarga kami.”
“Kadang aku merindukan sosok ibu, sosok yang penuh dengan kesabaran yg telah membesarkanku sampai saat ini.”
“Langkah ini sudah terlalu panjang untuk ku hentikan, aku tak akan menyia-nyiakan kepercayaan ibu dan ayah. Aku pasti bisa…”
“Ayah adalah sosok pria idaman…setia dan selalu membimbing kami menjadi manusia yang lebih baik dengan perilakunya.”
“Keluarga kami adalah keluarga yang sederhana namun di sinilah sumber cinta dan kasih sayang terbesar di dunia ini ku dapat.”
“Nasehat yang ku dapat dari orang tua ku takkan pernah ku sia-siakan…terima kasih ayah..ibu…”
“Lantunan do’a itu selalu ku dengan…do’a itu adalah do’a ibu dan ayah untukku. Terima kasih atas org tua yg telah kau berikan padaku Tuhan”
“Dan do’a ku semoga di hari pernikahanku nanti kedua orang tua ku masih bisa mendampingiku di pelaminan…aamiin”
“Tuhan tolong sayangi ibu dan ayahku lebih dari yang telah mereka berikan padaku, jagakanlah mereka juga Tuhan…aamiin”
“Berikan aku kekuatan untuk bisa membahagiakan kedua orang tua ku Ya Tuhan…orang tua yg telah mengorbankan hidupnya untuk ku.”
“Ijinkanlah aku menjadi perantara bahagianya ibu dan ayah hamba di dunia dan akhirat Tuhan..aamiin”
“Semoga Engkau selalu menjaga dan mengampuni dosa orang tua yang telah Engkau panggil Tuhan…ampunilah mereka…aamiin”
“Cinta ibuku takkan bisa tergantikan oleh siapapun di dunia ini, cinta yang hanya bisa di berikan oleh seorang ibu.”
“Ayah, maafkanlah aku. Aku percaya, di dalam hatimu selalu ada tangis yang tak pernah terdengar olehku.”
“Sayangilah ayahmu, selagi masih sama-sama bisa saling tersenyum sebelum kamu menangis sendirian.”
“Cinta seorang ibu itu menenangkan sedangkan cinta seorang ayah itu menguatkan”
“Ketika kita menjadi dewasa, ibu akan menjadi sahabat yang paling dekat.”
“Semangat ibu dan ayah itu tak akan pernah pupus untuk keluarganya.”
“Kita diciptakan oleh Tuhan dengan keistimewaan masing-masing, maka berhentilah berusaha untuk menjadi orang lain nak..”
“Terimakasih ayah atas kebahagiaanku yang berasal dari keringatmu mencari rezeki Tuhan siang dan malam.”
“Semangat ayah itu melebihi dari apa pun…”
“Punggung ayah ialah penyangga rumah kita. Sayangilah dia selagi masih bisa melihat ia senyum.”
“Ayah, pinjami aku hatimu, agar aku belajar bagaimana engkau menghadapi masalah tanpa mengeluh sedikit pun”
“Ayah, maafkanlah aku yang hanya bisa meminta dan tak pernah memberikan apa-apa.”
“Terkadang dalam bersedih, ayah lebih banyak memilih untuk berdiam karena dia memang tak pandai untuk menangis.”
“Tuhan dengarkanlah doaku untuk Ibu, panjangkan umurnya, ampuni semua dosa-doasanya.”
“Yang kurasa hanya sepi tak kuasa kupendam semua ini rinduku padamu… oh Ayah.”
“Hidup selalu memilih. Memilih yg baik itu penting, bukan karena kebaikan datang sendiri. Tapi memilih baik, kamu akan mendapat yg baik”
“Selamat pagi nak, semangatkan pagimu ya, dengan sarapan dan doamu di pagi ini”
“Menyemangati itu bukan basa basi nak, bukan sekedar ucapan, tapi juga harapan, agar senyum bahagia bisa selalu kita rasakan”
“Belajarlah setiap hari, dari apapun dan siapapun, belajarlah mengenai kehidupan nak, bahagialah segera mungkin.”
“Semaksimal apapun usahamu, hasilnya tetap Tuhan yg berkenan. Tidak perlu risau dan merasa kalah, jika sudah maksimal nak.”
“Kita boleh berharap, tapi tidak bermimpi kosong, cobalah untuk menjadikannya nyata nak, walau tidak sempurna.”
“Selalu mencoba menyemangatkan pagi, bahkan ayahpun selalu tampak bersemangat, walau hidup terasa berat.”
“Berdoalah untuk hari esok, tenangkan pikiranmu hari ini, semoga esok semua urusanmu lancar nak.”
“Semakin banyak berdoa ya, semakin banyak juga mendoakan ayah. Jangan lupa berdoa. Doamu selalu didengar olehNYA.”



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info  

📢  Sumber  

Repulished by AyoJalanTerus.com ]  Membuka Mata Melihat Dunia 



Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !

Back to Top


Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini