10 Pedang Rasulullah ﷺ Yang Tak Tertandingi di Dunia






  Ayo   Jalan Terus    - Sesudah Nabi Muhammad SAW wafat ternyata banyak barang peninggalan beliau. Dari jubah, pedang, bahkan helai rambut janggut, dan patahan giginya pun menjadi barang peninggalan sejarah yang sekarang dimuseumkan.





Barang-barang tersebut yang menjadi saksi bisu perjuangan beliau dalam menegakkan ajaran Islam. Oleh karena itu sebagai umat Nabi Muhammad SAW kita harus mengetahui apa saja sisa peninggalannya.
Salah satunya adalah pedang Al-Ma’thur yang bisa kita lihat apabila mengunjungi Museum Topkapi di Istanbul, Turki. Tidak hanya itu saja, Nabi Muhammad masih meninggalkan 9 pedang lagi berdasarkan buku Syamail Muhammad SAW karya Imam At-Tirmidzi melansir dari video Islam Populer yang ada di Youtube:




Berikut Video nya : 





1. Al-Ma’thur
Pedang ini dikenal dengan nama ‘Al Ma’thur al Fijar’. Pedang Al-Ma’thur merupakan pedang yang diterima Rasulullah sebelum beliau menerima wahyu pertamanya. Pedang ini juga merupakan pemberian dari ayah beliau yaitu Abdullah.
Saat berhijrah dari Mekah ke Madinah, Rasulullah membawa pedang ini hingga diberikan bersama dengan peralatan perang lainnya kepada Ali bin Abi Thalib.
Panjang pedang ini adalah 99 sentimeter. Pegangan pedang dilapisi dengan emerald dan perak dengan bentuk dua kepala ular. Di dekat pegangan pedang tersebut terdapat tulisan arab dengan lafaz ‘Abdullah bin Abd Al-Muthalib’. Pedang ini bisa dilihat di Museum Topkapi, Turki.
2. Al-Adb
Al-Adb berarti memotong atau tajam. Pedang ini dikirim kepada sahabat beliau sebelum perang Badar. Namun, pedang ini baru digunakan saat perang Uhud. Para pengikut dan sahabat Rasulullah menggunakan pedang ini sebagai tanda kesetiaan mereka terhadap beliau. Kini, pedang Al-Adb bisa dilihat di Mesjid Husain, Kairo, Mesir.

3. Dhua Al Faqar
Pedang ini merupakan harta rampasan Rasulullah saat perang Badar. Beliau memberikan pedang ini kepada Ali bin Abu Thalib. Kemudian Ali bin Abu Thalib mengembalikan pedang ini kepada beliau dengan berlumurkan darah saat perang Uhud. Pegangan pegang ini berwarna hitam dengan dua ujung pedang
4. Al Battar
Pedang Al Battar merupakan barang rampasan dari Banu Qaynaqa. Pedang ini disebut sebagai pedangnya para nabi. Di dalam pedang ini terdapat ukiran arab yang bertuliskan ‘Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS, Nabi Musa AS, Nabi Harun AS, Nabi Yusuf AS, Nabi Zakaria AS, Nabi Yahya AS, Nabi Isa AS, Nabi Muhammad SAW’. Di dalam pedang ini juga terdapat gambar Nabi Daud ketika memotong kepala Golliath, yaitu orang yang memiliki pedang ini lebih dulu.
Dengan panjang 1 meter, dalam video tersebut dijelaskan pedang ini digunakan Nabi Isya untuk mengalahkan dajjal saat kiamat nanti.
5. Hatf
Pedang ini merupakan barang rampasan dari Banu Qaynaqa. Awal mulanya dibuat oleh Nabi Daud. Bentuk dari pedang ini menyerupai pedang Al-Battar, hanya bedanya pedang ini lebih besar. Panjang mata pedang ini mencapai 112 cm dengan lebar 8 cm.
Nabi Daud juga menggunakan pedang ini kemudian beliau mewariskannya ke suku Lewi hingga jatuh ke tangan Nabi Muhammad SAW. Pedang ini juga bisa dilihat di Museum Topkapi, Turki.
6. Al Mikhdam
Menurut riwayat, pedang ini diberikan Nabi Muhammad kepada Ali bin Abu Thalib. Kemudian , beliau wariskan kepada anak-anaknya.


Beberapa riwayat juga melaporkan, pedang ini merupakan barang rampasan yang didapat Ali bin Abu Thalib saat ia memimpin perang di Suriah. Panjangnya mencapai 97 sentimeter dengan tulisan Zayn al Din al Abidin.


7. Al Rasub
Pedang ini dijaga oleh keluarga Nabi Muhammad SAW layaknya sebuah bahtera yang disimpan oleh bangsa Israel. Dengan panjang 140 sentimeter dengan terdapat lingkaran emas di pedangnya, pedang ini dimuseumkan di Museum Topkapi, Turki. Dalam pedang ini juga terdapat tulisan dengan lafaz ‘Jafar al Sadiq’

8. Al Qadib
Bentuk bilahnya tipis, pedang ini hampir mirip dengan tongkat. Pedang ini digunakan sebagai pertahanan saat berpergian tetapi tidak digunakan untuk perperangan.
Di pedang ini juga terdapat lafaz syahadat. Panjang pedang ini mencapai 100 sentimeter dengan wadah yang terbuat dari kulit hewan yang dicelup untuk menutupi pedang ini.
9. Qal’i
Beberapa orang menyatakan bahwa Qal’i merujuk pada timah atau timah putih yang ditambang dari beberapa lokasi yang berbeda. Pedang ini juga salah satu dari tiga pedang rampasan dari Banu Qaynaqa. Ada juga riwayat lain yang mengatakan bahwa pedang ini didapatkan oleh kakek Nabi Muhammad SAW ketika pertama kali menemukan air zam-zam pertama kali.
Pedang ini berukuran 100 sentimeter dengan ukiran dalam tulisan arab yang artinya, "Ini adalah pedang mulia dari rumah Nabi Muhammad SAW, Rasul Allah.” Bentuk dari pedang ini juga berbeda dengan pedang pada umumnya, pedang memiliki bentuk bergelombang.
10. Zulfikar
Pedang ini mulanya dipegang oleh Nabi Muhammad SAW kemudian beliau berikan kepada Ali bin Abu Thalib. Pedang dengan dua ujung mata ini merupakan simbol jihad dan perjuangan Ali bin Abi Thalib.

Sewaktu perang Uhud, Ali bin Abi Thalib lah orang yang paling gigih mempertahankan Nabi Muhammad hingga terdengar suara Malaikat Jibril yang mengatakan, “Tiada pedang selain Zulfikar, tiada pahlawan selain Ali.”





Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info  

📢  Sumber  

Repulished by AyoJalanTerus.com ]  Membuka Mata Melihat Dunia 



Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top