Kesultanan Aceh Negara Yang Mengakui Kemerdekaan Belanda Atas Spanyol


Artikel Terbaru Lainnya :



[ AyoJalanTerus.com ]  Kesultanan Aceh Darussalam pertama kali didirikan oleh Sultan Ali Mughayat Syah ditahun 1496 atau diabad ke-15. Awalnya Kesultanan Aceh berdiri dibawah naungan Kerajaan Lamuri sebelum akhirnya memisahkan diri dan merdeka,Wilayah dari Kesultanan Aceh terdiri dari daerah Daya, Pedir, Lidie, dan Nakur.Yang selanjutnya ditahun1524 wilayah Pasai sudah masuk kedalam kedaulatan Kesultanan Aceh dan wilayah Aru.

Dimasa Kejayaan Kesultanan Aceh mengalami ekspansi dan pengaruh cukup besar dimasa kepemimpinan Sultan Iskandar Muda(1607-1636) hingga tahun 1629 Kesultanan Aceh berusaha melawan Portugis di Malaka terdiri dari 500 buah kapal dan 60000 tentara laut,namun usaha ini gagal.Walaupun ditahun yang sama Kesultanan Aceh berhasil menduduki wilayah Kedah di Malaysia.



Sebelum Sultan Iskandar Muda menjabat sang kakek yakni Sultan Alaidin Righayat Syah Sayed Al-Mukammil mengirim utusan khusus ke Eropa sebagai tanda kedaulatan Kesultanan Aceh Darussalam dan memperkuat kekuatan diplomasi dari Kesultanan Aceh.



Nah sekilas tadi mengenai sejarah awal dan kejayaan dari Kesultanan Aceh selanjutnya sejarah awal pengakuan kedaultanan dari Kerajaan Belanda yang dilakukan oleh Kesultanan Aceh.

Spoiler for Pengakuan Kesultanan Aceh atas Kedaulatan Belanda






Adapun GanSis isi surat dari Pangeran Maurice kepada Sultan Aceh yang dikirimkan melalui delegasi Belanda yakni Gerald de roy sebagai berikut:


Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:


Selain itu bukti lainnya adalah pembuatan prasasti dan peresmian prasasti untuk mengenang Tengku Abdu Hamid atas jasanya sebagai utusan Aceh untuk pengakuan kedaulatan Belanda. Peresmian prasasti dari Tengku Abdul Hamid dilakukan oleh Pangeran Bernhard suami dari Ratu Juliana tahun 1978

Quote:



Nah GanSis itu dia sejarah singkat dan peranan Kesultanan Aceh kepada Belanda namun sayang tak lama kedaulatan Belanda didapatkan malah Belanda melakukan penjajahan sama seperti yang dilakukan Portugis dengan dalih perdagangan rempah justru melakukan eksploitasi dan penjajahan atas nama kekayaan warga negara Belanda bukan murni untuk berdagang seperti yang di ucapkan saat awal meminta pengakuan atas kedaulatan mereka.



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





😉 Anda Sudah Membaca ✔️ Kesultanan Aceh Negara Yang Mengakui Kemerdekaan Belanda Atas Spanyol

Artikel Terbaru Lainnya



Artikel Terkait Lainnya

________________________________

Asyik . Unik . Baik

Back to Top