Mari Mengenal Psikologi Harga dan Jenis-jenisnya


Artikel Terbaru Lainnya :



  Ayo   Jalan Terus    -  Bicara tentang marketing memang selalu menarik adanya, banyak strategi-strategi marketing yang menarik untuk dibahas mulai dari strategi pemasaran produk, pengemasan produk dan segmentasi produk. Banyak teori-teori yang berkaitan dengan marketing dan layak untuk diaplikasikan oleh siapa-siapa saja entah itu marketer hingga para pelaku usaha. Marketing bukan hanya sekedar memoles sebuah produk agar terlihat menarik semata, namun lebih dari itu.




Terkadang permasalahan dalam dunia marketing begitu kompleks terlebih saat dihadapkan dengan persaingan antar setiap produsen produk sejenis yang selalu ada di setiap waktunya. Dengan adanya persaingan inilah mau tak mau harus bisa menetapkan strategi marketing yang tepat. Salah satu strategi marketing yang bisa menarik konsumen adalah penggunaan strategi psikologi harga.

Apa itu Psikologi Harga? Definisi psikologi harga sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu Psychological Pricing yang terdiri dari dua suku kata yaitu Psychological yang berarti psikologi dan Pricing yang berarti harga. Secara lebih jelasnya adalah psikologi harga merupakan cara atau penentuan harga dalam strategi pemasaran yang berdasarkan pada pemahaman sebuah teori yang meyakini bahwa harga tertentu bisa mempengaruhi psikologis bagi pembeli. Sebagai contohnya barang yang dijual 999.000 secara sekilas akan terlihat seperi harga 900.000 padahal harga tersebut angkanya hampir menyentuh angka 1.000.000 namun kurang 1.000 saja, seperti itulah gambaran dari psikologi harga.

Jenis strategi penetapan harga psikologis ini beragam, apa saja itu? Berikut paparannya..

1.  Prestige Pricing

Stategi ini  yaitu dengan menetapkan harga yang tinggi dengan harapan membetuk image atau citra produk tersebut berkualitas tinggi dan memiliki nilai yang lebih dari produk biasanya sehingga terlihat seperti spesial. Sebagai contoh dari penetapan harga seperti ini yaitu kendaraan motor mewah,  jam tangan mewah dan barang mewah lainnya.


2. Odd Pricing (Harga Ganjil)

Strategi penetapan harga seperti ini memang seringkali terlihat digunakan baik di dunia nyata maupun dunia maya dan seringkali digunakan oleh perusahaan-perusahaan di masa modern ini. Strategi seperti ini adalah menetapkan harga yang ganjil dengan sedikit dibawah harga jual yang ditentukan yang bertujuan agar psikologi konsumen mengira bahwa harga produk tersebut lebih murah. Sebagai contoh Sebuah HP dijual dengan harga Rp. 2.999.000 sehingga dimata konsumen harga hp tersebut terlihat seperti Rp. 2.900.000 dan tidak terlihat seperti harga hp yang berharga tiga juta.



3. Multi Unit Pricing

Strategi psikologi harga yang seperti ini yaitu menetapkan harga dengan memberi potongan tertentu apabila konsumen membeli suatu produk dengan lebih banyak. strategi seperti ini seringkali bisa kita lihat di supermarket ataupun di minimarket seperti potongan diskon 10% bila membeli lima produk dan sejenisnya.




4. Leader Pricing

Strategi jenis ini adalah menetapkan harga dibawah harga pasar untuk meningkatkan daya jual dan jumlah pembelian dari konsumen. Sebagai contohnya adalah produk-produk ponsel buatan china umumnya menawarkan harga yang murah namun dengan spesifikasi hp yang memuaskan.





5. Price Bundling

Strategi seperti ini yaitu lebih ke pemasaran dua atau lebih sebuah produk dalam satu kemasan tunggal dengan harga yang khusus, sebagai contoh adalah produk parcel lebaran yang menawarkan aneka jenis produk di dalamnya.




Demikian paparan tentang psikologi harga dan jenis-jenisnya, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :

Sumber gambar via google images



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info  

📢  Sumber  

Repulished by AyoJalanTerus.com ]  Membuka Mata Melihat Dunia 



😉 Anda Sudah Membaca ✔️ Mari Mengenal Psikologi Harga dan Jenis-jenisnya

Artikel Terbaru Lainnya



Artikel Terkait Lainnya

________________________________

Asyik . Unik . Baik

Back to Top