Mengosongkan Gelas atau Bersikap Kritis? Inilah Sikap Tepat Dalam Menerima Informasi






[ AyoJalanTerus.com ]  Di masa kini kita dihadapkan banyak hal terutama arus informasi yang begitu besar. Tak heran bila saat ini berbagai informasi bisa di dapatkan dengan begitu mudah. Dengen beberapa menit saja kita berselancar di dunia maya entah itu baca portal berita online hingga membuka sosial media kita akan menemukan banyak informasi dan membuat kita mengetahui banyak hal. 

Banyaknya informasi yang ada tentu sebuah keberuntungan di satu sisi, hal ini karena dengan banyaknya informasi yang ada tentu membuat diri kita bisa tahu banyak hal mulai dari peristiwa terkini di setiap tempatnya baik dalam negeri maupun luar negeri, informasi hal-hal menarik yang belum diketahui dan berbagai informasi bermanfaat lainnya.


Namun di sisi lain dengan banyaknya informasi yang beredar tentunya akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri terlebih dengan banyaknya beredar kabar-kabar hoax yang meresahkan banyak orang. Di setiap waktunya tentu selalu banyak kabar hoax yang beredar, tak hanya itu saja terkadang kabar tak jelas kebenarannya dan menyesatkan pun bertebaran di dunia maya. Munculnya berbagai kabar hoax dan mneyesatkan membuat banyak orang yang kebingungan dan terkadang membuat mereka yang mencerna mentah-mentah kabar yang ada membuat mereka tak menyadari bahwa kabar atau informasi tersebut hoax dan menyesatkan.

Hidup di zaman sekarang memang terasa abu-abu, hal ini ditandai dengan berbagai orang yang merasa dirinya paling benar dan menyalahkan pihak lain. Hal ini terlihat dari banyaknya peristiwa seringkali menimbulkan pro kontra terutama dalam pembahasan politik yang terkadang menimbulkan konflik-konflik di dunia maya yang terkadang merembet ke dunia nyata. Hidup di masa sekarang terkadang muncul keraguan terhadap sebuah informasi sehingga ketika menerima informasi harus bisa bersikap kritis dan mengecek dulu kabar atau informasi yang ada. Ditengah banyaknya informasi yang beredar terkadang kita juga mendengar informasi yang menarik dimana kita mungkin pernah mendengar perumpamaan tentang gelas yang kosong dalam menerima sebuah informasi atau ilmu. Perumpamaan gelas kosong ini seringkali didengungkan sebagian orang bahwa meskipun kita sudah menerima ilmu kita harus "mengosongkan" diri kita ibaratkan gelas kosong yang belum ada airnya sehingga bisa berpikiran terbuka terhadap informasi yang ada.

Lalu bagaimana sikap kita dalam menerima informasi di masa kini apakah kita harus bisa bersikap seperti mengosongkan gelas atau bersikap kritis? sikap yang tepat dalam menerima informasi di masa kini adalah kita harus bisa berpikir terbuka dalam menerima informasi yang ada seperti halnya gelas yang kosong yang selalu bisa diisi oleh air. Berpikiran terbuka dalam menerima informasi adalah sesuatu hal yang diperlukan karena kita bisa memahami tentang benar dan salah serta kita tak mudah begitu saja menyalahkan orang lain sehingga setiap orang bisa menghargai pendapat setiap orang.

Segala sesuatu hal yang menjadi informasi di dunia ini bisa menjadi pengetahuan dan ilmu bagi kita. Lantas bagaimana dengan kabar atau informasi hoax? tentunya kita juga harus bisa bijak dalam menyikapi hal seperti ini dengan bersikap kritis dan juga mengklarifikasi atau mengkroscek setiap informasi yang ada sehingga saat menerima informasi yang ada jangan dulu kedepankan emosional, akan tetapi kedepankan akal dan logika kita untuk bisa membedakan mana informasi yang benar dan mana informasi yang salah.



Mengosongkan gelas dalam menerima informasi itu perlu agar membuat diri kita bisa berpikir terbuka dalam menerima berbagai informasi yang ada sehingga tidak mudah menyalahkan pendapat orang lain. Disisi lain kita bukan hanya sekedar bersikap seperti mengosongkan gelas saja, akan tetapi juga kedepankan sikap kritis dengan berbagai informasi agar tehindar dari hasutan kabar hoax dan sebagainya sehingga dengan bersikap kritis kita lebih mengedepankan akal dan logika dalam memilah mana kabar yang benar dan salah. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : 

Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber Lain
Sumber gambar via google images


Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  https://www.kaskus.co.id/thread/5e1bcd89af7e93683f447a10/mengosongkan-gelas-atau-bersikap-kritis-inilah-sikap-tepat-dalam-menerima-informasi/?ref=postlist-21&med=obrolan_hangat





Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top