11 Manfaat Daun Sirih Bagi Tubuh, Bisa Mengobati Berbagai Penyakit






[ AyoJalanTerus.com ]  Berbagai manfaat dapat didapatkan dari tumbuhan yang mempunyai ilmiah piper betle ini. Daun sirih biasanya lekat dengan masyarakat Indonesia, dan mudah untuk ditemukan di pasar, atau dibudidayakan di rumah.

Daun yang termasuk dalam keluarga tanaman piperaceae ini memiliki ciri fisik berwarna hijau gelap dan berbentuk hati. Sirih biasa dibudidayakan di negara-negara seperti Sri lanka, India, Malaysia, Afrika Timur, Filipina, dan Indonesia.
Jauh sebelum itu daun sirih ternyata sudah dimanfaatkan sebagai obat sejak zaman 400 sebelum masehi. Tanaman merambat ini memiliki ciri khas yang kuat, menyengat dan beraroma khas.


Untuk dapat mengetahui lebih dalam mengenai manfaat daun sirih bagi tubuh, berikut 11 manfaat daun sirih bagi tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Memiliki SIfat Anti-Kanker


Manfaat daun sirih bagi tubuh yang pertama adalah memiliki sifat anti kanker. Kandungan phytochemical atau bahan kimia pada tanaman yang meningkatkan kesehatan ini dipercaya dapat melawan sel-sel kanker pada tubuh.
Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh untuk menetralkan radikal bebas. Membantu menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus penyebaran ke berbagai organ tubuh lainnya.

2. Mencegah Diabetes


Daun sirih dipercaya memiliki manfaat bagi tubuh yaitu dapat berguna sebagai obat pencegah penyakit diabetes. Daun sirih dipercaya dapat mengurangi kadar glukosa keseluruhan dalam darah yang sangat bagus bagi para penderita diabetes tipe 2.
Selain itu, melansir dari Stylecraze, daun sirih juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka yang biasanya menjadi masalah bagi penderita diabetes tipe 1. Daun sirih mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan yang baik untuk tubuh.

3. Sebagai Antiseptik Alami


Manfaat daun sirih bagi tubuh yang selanjutnya adalah daun sirih mampu digunakan sebagai bahan antiseptik alami yang luar biasa. Kandungan daun sirih yang kaya akan polifenol, terutama chavicol menawarkan perlindungan ganda dari kuman.
Daun sirih dapat diaplikasikan pada luka untuk membunuh kuman. Kandungan polifenol pada daun sirih juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan seperti radang sendi dan orkitis.
Selain itu, minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

4. Meredakan Penyakit Asma

Manfaat daun sirih bagi tubuh yang selanjutnya adalah daun sirih dipercaya mampu menyembuhkan penyakit asma. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa aktivitas antihistamin pada daun sirih dipercaya mampu menurunkan kasus asma bronkial. Selain itu, kandungan minyak sirih dan poliefenol yang ada dalam daun sirih dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan asma





5. Sebagai Obat Pereda Sakit Punggung dan Otot Tegang


Manfaat daun sirih bagi tubuh yang berikutnya adalah daun sirih dipercaya memiliki khasiat yang berguna untuk parea penderita sakit punggung bagian bawah atau sakit pinggang. Untuk dapat meredakan sakit punggung dengan daun sirih, pijat pinggang atau punggung bagian bawah dengan minyak daun sirih atau jus daun sirih yang dicampur dengan minyak kelapa murni. Hal ini juga dapat meredakan nyeri otot, kemerahan, dan pembengkakan.

6. Sebagai Obat Alami untuk Meredakan Mimisan


Mimisan kerap kali dialami oleh semua orang. Manfaat daun sirih bagi tubuh yang selanjutnya merupakan obat yang berguna untuk meredakan mimisan.
Masukkan beberapa gulungan daun sirih segar ke dalam hidung yang sedang mimisan dan tunggu hingga sekitar 30 menit. Hal tersebut dapat membantu menghentikan aliran darah yang disebabkan oleh mimisan.

7. Menjaga Kesehatan Mulut


Kadar patogen yang terdapat di dalam mulut merupakan penyebab terjadinya infeksi dan karies gigi. Manfaat daun sirih bagi tubuh yang selanjutnya adalah dapat berguna sebagai obat untuk menjaga kesehatan mulut. Kunyah beberapa lembar daun sirih hal tersebut dipercaya dapat menghambat pertumbuhan dan aktivitas bakteri.
Daun sirih sangat populer sebagai penyegar mulut dan dapat digunakan sebagai pengganti obat yang digunakan untuk mengobati infeksi mulut atau gigi. Ketika mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula, asam bereaksi dengan bakteri yang ada dalam biofilm gigi. Daun sirih mencegah timbulnya karies gigi dengan menghambat produksi asam.

8. Pencegah Asam Lambung


Mengunyah daun sirih memiliki manfaat lain yang dapat berguna sebagai pencegah naiknya asam lambung. Daun sirih dapat menghambat pembentukan lesi lambung, meningkatkan produksi lendir lambung (faktor penting yang melindungi terhadap agen penyebab maag) dan mengurangi volume sekresi asam lambung. Fitokimia dan polifenol yang ada dalam daun sirih memiliki sifat antioksidan dan anti-ulserogenik yang melindungi lapisan dalam usus terhadap racun dan iritasi lainnya.

9. Meredakan Sembelit


Manfaat daun sirih bagi tubuh yang berikutnya adalah kandungan daun sirih yang memiliki kandungan antioksidan dipercaya mampu membersihkan radikal bebas yang dapat menjadi penyebab sembelit dengan cara mengembalikan tingkat PH normal di perut. Untuk memanfaatkan daun sirih sebagai obat sembelit, bisa gunakan jus daun sirih dan diminum dalam keadaan perut kosong setiap hari untuk membantu melancarkan pencernaan

10. Menurunkan Kadar Kolesterol


Kadar kolesterol yang tinggi merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya berbagai resiko penyakit seperti jantung dan stroke. Penelitian telah mengungkapkan bahwa daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL), serta membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi di mobilisasi dari plasma ke hati, kemudian dihilangkan dalam bentuk asam empedu.

11. Sebagai Obat Jerawat dan Masalah Kulit


Manfaat daun sirih bagi tubuh yang terakhir adalah dapat mengobati penyakit kulit seperti jerawat, flek hitam, dan berbagai masalah kulit lain. Selain itu, khasiat antimikroba dalam daun sirih mampu membantu mengobati sariawan, alergi, gatal, dan bau badan.



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top