Fakta : AEON Mall Yang Digeruduk Warga Penyebab Banjir IMB Terbit 2015, Gubernurnya Era siapa ?

Artikel Terbaru Lainnya :

[ AyoJalanTerus.com ]  Warga memprotes AEON Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur karena merasa bangunan tersebut menyebabkan banjir.

Seorang warga Kampung Tambun Rengas, Amsori (56), mengatakan, sebelum JGC dibangun, mereka nyaris tak pernah merasakan banjir.

"Boleh tanya warga lainnya, saya sudah di tinggal sini dari tahun 1993, tapi baru kali ini banjir masuk rumah. Sebelumnya enggak pernah," kata Amsori di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020), seperti dilansir Kompas.

Ternyata sekarang terungkap pembangunan AEON mendapat IMB pada tahun 2015.

"(IMB dikeluarkan) 2015. Salah satu syarat IMB adalah AMDAL," kata Kepala Dinas Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Benny Agus Chandra, Rabu (26/2/2020), seperti dilansir detikcom.

AEON dibangun pada 2015 dan selesai serta mulai beroperasi pada 30 September 2017.

HAYOOO... siapa Gubernur DKI pada tahun 2015???

*NB: Anies Baswedan dilantik dan mulai menjabat 16 Oktober 2017.




JGC AEON Beroperasi Tanpa Penuhi Komitmen Bangun Waduk

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyebut pengembang Mal AEON Jakarta Garden City (JGC) Cakung, Jakarta Timur tak memenuhi komitmen pembangunan sejumlah waduk dan saluran air guna mengantisipasi banjir di permukiman sekitar proyek.

Sebelumnya ratusan warga Cakung pada Selasa (25/2/2020) menggeruduk mal tersebut. JGC dituding menjadi penyebab permukiman mereka kini banjir. Sejumlah fasilitas dirusak dan polisi menetapkan delapan orang sebagai tersangka pada Rabu (26/2).

Sekda DKI, Saefullah menyebut pengembang JGC tak tuntas membangun fasilitas, termasuk delapan waduk guna mengantisipasi banjir. Padahal, komitmen tersebut dijanjikan dalam perjanjian dalam Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT) dengan Pemprov DKI.

"Belom tuntas. Desainnya sudah ada. Memang di situ sebetulnya kemarin sudah kita kasih saran untuk dibuat sodetan ke BKT (Banjir Kanal Timur)," kata Saefullah di Pintu Air Manggarai, Selasa (25/2).

"Salah satunya menuntaskan waduk dengan fasilitasnya pompa dan saluran yang memadai serta menyediakan lahan waduk sejumlah 25 hektare dan lain-lain. Jadi itu kewajiban yang tertuang dan sudah di tandatangan beberapa tahun yang lalu," kata dia.

Saefullah memastikan hingga saat ini proyek drainase yang dibangun JGC di kawasan tersebut masih sebatas desain.

Untuk menanggulangi banjir tersebut, Saefullah akhirnya bekerja sama dengan pemerintah pusat untuk melakukan penyedotan air.

___
Referensi:

AEON Mall Jakarta Garden City Didemo Massa, Warga Cakung: Dulu Enggak Banjir
https://megapolitan.kompas.com/read/2020/02/26/06341061/aeon-mall-jakarta-garden-city-didemo-massa-warga-cakung-dulu-enggak

JGC AEON Beroperasi Tanpa Penuhi Komitmen Bangun Waduk
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200226162316-20-478383/jgc-aeon-beroperasi-tanpa-penuhi-komitmen-bangun-waduk

Pemprov DKI: IMB AEON Jakarta Garden City Terbit di 2015
https://news.detik.com/berita/d-4914950/pemprov-dki-imb-aeon-jakarta-garden-city-terbit-di-2015

AEON Mall Resmi Dibangun di Cakung
https://marketeers.com/aeon-mall-resmi-dibangun-di-cakung/

Aeon Mall Jakarta Garden City Dibuka 30 September 2017
https://properti.kompas.com/read/2017/08/30/145916921/aeon-mall-jakarta-garden-city-dibuka-30-september



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





Back to Top