Kekang Besi dari Suami untuk Mempermalukan Istrinya yang Suka Gosip di Abad Pertengahan

Artikel Terbaru Lainnya :

[ AyoJalanTerus.com ]  Wanita yang suka bergosip di abad pertengahan menghadapi penghinaan publik di tangan suami mereka dengan dipaksa menggunakan Scold's Bridle selama berjam-jam.

Seperti yang dilakukan orang zaman sekarang, para wanita Abad Pertengahan sering berkumpul untuk membahas gosip terbaru.

Mereka akan berkumpul bersama, membicarakan rumor terbaru seperti obrolan makan siang.

Namun, sementara wanita saat ini menghadapi hampir tidak ada dampak untuk obrolan omong kosong mereka, wanita dari Abad Pertengahan menghadapi semacam hukuman fisik yang ekstrem: The Scold's Bridle alias 'Kekang Si Tukang Mengomel'.




The Scold's Bridle adalah salah satu dari hal-hal yang membuktikan betapa sulitnya menjadi seorang wanita, apalagi di Abad Pertengahan.

The Scold's Bridle terdiri dari beberapa strip besi yang mengelilingi moncong besi, yang akan melilit wajah wanita seperti topeng.

Sepotong kecil besi, yang dikenal sebagai "bit kekang," akan ditempatkan masuk ke dalam mulut wanita dan menekan lidah untuk mencegahnya berbicara.

The Scold's Bridle dibuat seperti layaknya alat pengendali kuda dengan kiasan 'masukkan ke mulut kuda jika Anda ingin mengendalikannya'.

Seolah topeng besi dan corongnya tidak cukup memalukan, sang suami kemudian akan mengikat tali kekang pada istrinya yang bertopeng besi dan mengajaknya jalan-jalan yang benar-benar memalukan di sekitar kota, mendorong orang yang lewat untuk menghina atau meludahinya.

Kadang-kadang bel akan ditempelkan di atas tali kekang, untuk menarik lebih banyak perhatian saat berjalan.

Kata 'scold' atau berarti 'memarahi' atau 'orang yang cerewet', dari nama Scold's Bridle berasal dari istilah yang biasanya diterapkan pada seorang wanita dalam arti yang merendahkan, yang terlihat mengomel atau terus-menerus tidak senang.


Sedangkan kata 'bridle' atau berarti 'kekang', tentu saja, berasal dari topeng baja yang dikenakan oleh kuda, digunakan ketika penunggang ingin lebih mengontrol pergerakan mereka.

Gagasan di balik hukuman fisik bukanlah gagasan yang inovatif.

Dalam agama Kristen, yang paling banyak diikuti pada saat itu, diyakini bahwa menghukum tubuh seseorang adalah satu-satunya cara untuk menebus dosa seseorang, dan lebih dalam memahami beratnya kejahatan seseorang terhadap gereja.




Hanya melalui rasa sakitlah pemahaman yang benar, dan karenanya tidak bersalah atau pengampunan, dapat dicapai.

Gagasan Scold's Bridle untuk para istri tukang gosip juga bukan merupakan hal yang baru.

Kekang kepala yang serupa juga digunakan untuk mengendalikan budak selama ratusan tahun dan terus digunakan sampai hampir pada abad ke-19






Untungnya, pada akhir abad ke-16, Scold's Bridle telah mulai mengalami penurunan popularitas.

Entah karena perempuan mulai bergosip lebih sedikit, atau apakah laki-laki memutuskan bahwa bentuk hukuman lain lebih efektif, kekang itu mulai ditinggalkan.

Dan dengan berjalannya waktu, kekang hampir dihilangkan untuk digunakan.

Meskipun, tentu saja, penghinaan publik masih banyak terjadi dengan cara yang lain.





Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





Back to Top