Mau Tau ? Kenapa Porsi Nasi Padang Lebih Banyak Saat Dibungkus, Ini Lho Asal-usulnya


Artikel Terbaru Lainnya :



[ AyoJalanTerus.com ]  Siapa sih yang gak kenal nasi Padang? Jenis makanan yang satu ini jadi favorit banyak orang. Selain cocok di banyak lidah masyarakat Indonesia, nasi Padang juga terkenal punya rasa yang lezat dan pastinya sangat mengenyangkan.

Kamu mungkin sering menyadari kalau porsi nasi Padang biasanya lebih banyak saat dibungkus, ketimbang makan di restorannya langsung. Tapi tahukah kamu apa alasannya?
Ada banyak pendapat yang menjelaskan fenomena unik ini. Seperti beberapa di bawah ini!


1. Alasan solidaritas


Masyarakat Sumatera Barat dulunya menyebut restoran Padang dengan nama rumah makan Ampera, yang merupakan singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Konon, ketika dulu Indonesia dilanda krisis ekonomi, para pemilik warung Padang menunjukkan rasa solidaritasnya dengan menambahkan porsi nasi saat dibungkus. 
Pemilik warung Padang beranggapan kalau mereka yang membeli dibungkus, akan berbagi dengan keluarganya di rumah. Oleh karena itu, nasi dilebihkan agar keluarga si pembeli juga bisa ikut menikmati nasi itu.

2. Karena estetika


Ada juga pendapat lain yang mengatakan porsi nasi Padang dibungkus lebih banyak karena alasan estetika. Jumlah nasi yang banyak akan membuat bungkusan terlihat lebih tegak, sehingga lebih sedap dipandang.


3. Mengurangi biaya cuci piring


Ada juga yang beranggapan porsi nasi Padang yang diberikan berkaitan dengan biaya operasional. Konon, pemilik restoran Padang biasanya sudah memperhitungkan biaya operasional dengan sangat detail.
Saat makan di tempat, pemilik restoran Padang harus mengeluarkan biaya untuk sabun cuci hingga membayar gaji karyawan. Jadi ketika ada yang membeli dengan dibungkus, biaya cuci piring tidak diperhitungkan, sehingga porsi bisa lebih banyak.
Wah, unik juga ya. Kalau kamu selama ini percaya dengan pendapat yang mana nih?


Ternyata Ini Rahasia Nasi Padang Dibungkus Lebih Banyak


Untuk kamu para pecinta kuliner Indonesia, pasti tak asing lagi dengan masakan khas warga Minang, yakni nasi padang.
Saking lezatnya, kepopuleran nasi padang bahkan masuk ke jajaran makanan paling enak sedunia loh!
Namun jika diperhatikan, porsi nasi padang saat dibungkus terbilang lebih banyak ketimbang saat kamu menyantapnya di restoran.
Ternyata hal ini dikarenakan kebiasaan warga Minang, terutama bagi mereka yang berjualan nasi padang untuk memberikan porsi nasi dua kali lipat lebih banyak apabila makanannya dibungkus.
“Kalau dibungkus, nasinya pasti lebih banyak. Memang begitu kebiasaannya, di semua restoran” kata Reno Andam Suri, seorang pakar kuliner Minang dan penulis buku ‘Rendang Traveler : Menyingkap Bertuahnya Rendang Minang’, seperti dilansir dari Kompas.com.
Alasan Nasi Padang Dibungkus Lebih Banyak
Menurut Reno, hal ini dikarenakan kesadaran orang Minang yang beranggapan bahwa jika makanan tersebut dibungkus atau dibawa pulang maka si pembeli tak mungkin makan sendiri.
“Kalau dibawa ke rumah, pasti untuk lebih dari satu orang,” lanjutnya.
Alasan lain yang melandasi kebiasaan unik tersebut ialah, adanya patokan untuk porsi nasi yang dibungkus pada masing-masing daerah dan estetika yang dipertimbangkan, agar makanan tetap nampak menggugah selera meski dibungkus.
“Entah kenapa, memang sudah ada patokan banyaknya nasi untuk dibungkus. Besarnya akan lebih bagus jika nasinya sekian centong. Jadi memikirkan estetikanya juga,” papar Reno.
Tak hanya itu, menurut wanita yang berbisnis rendang tersebut, hal itu juga tak lain karena adanya pertimbangan si penjual yang berfikiran bahwa jika hanya membeli nasi dan ayam rasanya ada yang kurang.
Maka dari itu, para penjual nasi padang umunya sering memberikan bonus seperti kuah kari, sayur nangka dan daun singkong rebus juga sambal hijau.
“Kalau nasinya banyak dan lauknya cuma satu, sepertinya ada yang kurang. Orang Padang paham betul itu,” jelasnya.
Meski demikian, kebijakan untuk tambahan harga jika makanannya dibungkus tergantung pada setiap rumah makan.
Ada yang menaikan harga atau malah sebaliknya.
Wah sekarang sudang terjawab, misteri yang selama ini menjadi pertanyaan para pecinta kuliner mengapa nasi padang dibungkus lebih banyak.

Kalau kamu lebih suka dibungkus atau makan ditempat ? 



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





😉 Anda Sudah Membaca ✔️ Mau Tau ? Kenapa Porsi Nasi Padang Lebih Banyak Saat Dibungkus, Ini Lho Asal-usulnya

Artikel Terbaru Lainnya



Artikel Terkait Lainnya

________________________________

Asyik . Unik . Baik

Back to Top