Mengenal Sosok Ustadz Bangun Samudra yang Mendadak Viral Gara-gara ‘Lulusan S3 Vatikan’

Artikel Terbaru Lainnya :

[ AyoJalanTerus.com ]  Banyaknya para tokoh agama Islam dari kalangan mualaf memang kerap mendapatkan perhatian tersendiri. Salah satunya adalah sosok Ustaz Bangun Samudra yang baru-baru ini sempat bikin gaduh media sosial. Namanya kala itu ramai disebut oleh netizen di media sosial Twitter, lengkap dengan poster dirinya yang digambarkan sebagai mantan pastor, muallaf, dan lulusan S3 Vatikan. Gelar terakhir inilah yang jadi sorotan


Keriuhan ini pun ditanggapi oleh Romo Jost Kokoh melalui akun Twitter pribadinya @RomoJostKokoh, yang heran dengan banyaknya orang mudah terbujuk dan percaya dengan titel S3 Vatikan milik ustaz Bangun Samudra. Sebagai seorang muallaf, Ustaz Bangun Samudra sendiri kerap memberikan ceramah dan bercerita soal sosoknya di masa lalu dan kegiatannya sebelum memeluk Islam. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini.



Mengaku sebagai sosok cerdas sejak sekolah hingga jenjang universitas



Dalam sebuah tayangan video di YouTube berjudul “Kisah Ustadz Bangun Samudra, Mantan pastur yang pintar menjadi Ustadz” unggahan Muslim Chanel, dirinya tampak bercerita mengenai latar belakang pendidikannya kepada para jamaah. Mulai dari TK Katolik Kristus Raja Surabaya, SD Katolik Santo Yohanes Gabriel , SMP Santo Stanislaus dan SMA Katolik Santa Maria. Kemudian berlanjut ke jenjang pendidikan sekolah pastur tingkat menengah katolik yang berhasil selesai setahun dari yang seharusnya dua tahun.
Karena lulus lebih cepat, Ustaz Bangun Samudra kembali disekolahkan oleh Keuskupan Surabaya ke STFT (Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi) Santo Giovanni, di mana 10 semester yang ditempuh normal selama lima tahun, sanggup diselesaikan dalam tiga tahun saja. Dari sana, ia kemudian mengaku dikirim lagi ke Vatikan Roma untuk mengambil Magister Teologi dan selesai selama 1,5 tahun dari durasi normal tiga tahun.

Soal lulusan S3 Vatikan yang kemudian jadi sorotan dan bikin ‘gaduh’ media sosial


Dari sini diketahui, pemahaman umat Islam tentang sosok Ustaz Bangun Samudra adalah mantan pastor muallaf yang lulusan sekolah luar negeri (Vatikan). Hingga kemudian, muncul sebuah poster pengajian yang diisi oleh Ustaz Bangun Samudra pada 14 Februari 2020, dengan dilengkapi narasi lulusan S3 Vatikan.

Knp umat beragama disini mudah sekali dibohongi?

Contoh jelas:
Dia pernah di Seminari Garum-Blitar (SMA) & hanya 1 tahun artinya tdk lulus!

Stlh mualaf, tahu2 muncul sbg ustad & mengaku mantan pastor (pastor genius lulusan S3 Vatikan) Anehnya ribuan org lgsg percaya bgitu saja


View image on Twitter

Hal ini kemudian menjadi sorotan dan menarik perhatian setelah foto poster tersebut diunggah oleh Romo Jost Kokoh melalui akun Twitter pribadinya @RomoJostKokoh. Dalam tulisannya, Romo Jost Kokoh mempertanyakan kenapa banyak orang yang percaya (lulusan S3 Vatikan) begitu saja. Alhasil, unggahannya ini pun mendapat beragam komentar dari netizen.

Eksis sebagai penceramah yang videonya banyak ditonton orang di Youtube

Lebih lanjut, Romo Jost Kokoh juga menulis bahwa Ustaz Bangun Samudra pernah di Seminari Garum-Blitar (setingkat SMA) hanya satu tahun dan menurut dirinya tidak lulus. Dari sinilah, mulai muncul pertanyaan soal gelar S3 Vatikan yang disematkan pada dirinya. Jika pendidikan menengah saja tidak lulus, bagaimana gelar-gelar tinggi akademik nan prestise itu bisa didapat?





Dikenal sebagai Ustaz yang aktif sebagai penceramah dan mengisi kajian keagamaan [sumber gambar]
Selain itu, diketahui bahwa Ustadz Bangun Samudra pernah bekerja di stasiun TVRI Jawa Timur sebagai pembawa berita. Dirinya juga mengaku pernah berkuliah dalam studi formal jurusan Teknik Sipil di ITATS Surabaya. Meski namanya mencuat gara-gara lulusan S3 Vatikan, sosok Ustaz Bangun Samudra telah dikenal sebagai penceramah yang mengisi kajian-kajian agama Islam di beberapa tempat dan videonya banyak ditemui di YouTube.


Banyak dari netizen yang sejatinya masih penasaran dengan kebenaran klaim lulusan S3 Vatikan Ustaz Bangun Samudra yang digembar-gemborkan selama ini. Terlebih, sosoknya telah dikenal luas di ruang publik yang mengaku sebagai mantan pastor yang memilih untuk menjadi mualaf.

Kajian Ust Bangun Samudra Terbaru 2019 - Masuk Islam Mualaf Karena Dahsyatnya Al Qur'an






Polemik S3 Vatikan, Ustaz Bangun Samudra: Itu Tambahan Panitia


 Polemik di media sosial yang mempertanyakan Ustaz Bangun Samudra lulusan S3 Vatikan dijawab oleh dai domisili Surabaya ini. Menurutnya, lulusan S3 Vatikan itu hanya tambahan dari panitia pelaksana.

“Itu yang nambah-nambah para penyelenggara acara, saya tidak pernah tahu, karena biasanya jika saya diminta ngisi saya langsung datang, ngisi ceramah, kemudian pulang. Saya tidak pernah memperhatikan banner-banner yang terpasang,” ujarnya saat dimintai keterangan oleh Suaramuslim.net, Rabu (19/2).

Ustaz Bangun, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa memang dirinya lulusan S2 Vatikan, bukan S3 Vatikan.

“Saya dulu kuliah S2 di Vatikan. Namun surat ijazah, surat seminar dll, tidak punya, karena sudah diambili semua. Diambil orang yang tidak bisa saya ceritakan. Saya pernah diancam mau dibunuh,” tegasnya menjelaskan.

“Hal itu saksinya hanya saya sama Allah. Soalnya kan semuanya sudah dicabut, dimintai semua, sekarang sudah tidak ada,” lanjutnya.

Mantan pastur tersebut kemudian menganggap polemik ini diangkat untuk menjatuhkan dirinya.

“Kalau saya ndak apa lah digitukan, sudah biasa itu. Seperti Felix Siauw juga digitukan, dan beberapa ustaz juga. Mereka kan, kalau bisa menjatuhkan pendakwah-pendakwah artinya sukses. Akhirnya juru dakwah sudah tumbang dan juru kebatilan yang akan maju,” pungkasnya.

Sebelumnya, akun @RomoJostKokoh menulis di Twitter mengomentari banner ceramah Ustaz Bangun Samudera di sebuah masjid yang mencantumkan lulusan S3 Vatikan.

“Kenapa umat beragama di sini mudah sekali dibohongi? Contoh jelas: Dia pernah di Seminari Garum-Blitar (SMA) & hanya 1 tahun artinya tidak lulus! Setelah mualaf, tahu-tahu muncul sebagai ustaz & mengaku mantan pastor (pastor genius lulusan S3 Vatikan). Anehnya ribuan orang langsung percaya begitu saja,” cuit Romo Jost Kokoh yang kemudian menjadi viral.




Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





Back to Top