Penemu Virus Corona Ternyata Seorang Ilmuwan Muslim, Ia Diburu

Artikel Terbaru Lainnya :

[ AyoJalanTerus.com ]  Ilmuwan muslim bernama Ali Mohamed Zaki, PhD (virologist) dari Rumah Sakit Dr Soliman Fakeeh di Jeddah, Arab Saudi berhasil membasmi virus Corona. Tak heran saat ini dunia membutuhkan pemikirannya untuk memusnahkan Virus Corona di China.

Menurut Dokter M Saifudin Hakim, seorang dosen Fakultas Kedokteran UGM yang dilansir dari situs kesehatan muslim, Dokter Ali Mohamed Zaki berhasil mempublikasikan virus temuannya di salah satu jurnal terkemuka, yaitu The New England Journal of Medicine (NEJM) pada Oktober 2012, bersama dengan beberapa ilmuwan (virologist) dari Belanda.









Ketika itu, Ali Mohamed Zaki melaporkan seorang pasien laki-laki berusia 60 tahun dengan gejala demam, batuk, dan kesulitan bernapas. Pemeriksaan selanjutnya menunjukkan adanya proses infeksi di paru-paru.

Pasien itu akhirnya meninggal dunia meskipun telah mendapatkan perawatan intensif. Pemeriksaan di RS Soliman Fakeeh di Jeddah saat itu tidak dapat mengungkap agen penyebab infeksi pasien itu. Sampel yang berasal dari pasien itu kemudian dikirim ke Departemen (laboratorium) Viroscience, Erasmus Medical Center (EMC), Rotterdam, Belanda, salah satu laboratorium virologi terkemuka di dunia.

Akhirnya diketahui bahwa penyebab infeksi pasien itu adalah virus varian baru dari jenis coronavirus. Karena virus itu diisolasi pertama kali di EMC, virus itu kemudian diberi nama HCoV EMC (Human CoronaVirus Erasmus Medical Center).

Para Analisis menunjukkan bahwa virus HCoV EMC tersebut sangat dekat kekerabatannya dengan coronavirus yang ditemukan di kelelawar (bat coronavirus, yaitu BatCoV-HKU5 dan BatCoV-HKU4). Namun begitu, saat itu belum diketahui bagaimana cara atau mekanisme penularannya ke manusia.

Sampai saat ini hal itu belum terkuak. Kini, setiap ilmuwan di seluruh dunia yang membicarakan dan mempublikasikan kasus atau riset berkaitan dengan virus MERS-CoV pasti merujuk pada artikel NEJM yang ditulis oleh Profesor Dokter Ali Mohamed Zaki tersebut.




Cerita Dokter Ali Mohamed Zaki, Dipecat Setelah Temukan Coronavirus



Malang betul nasib ilmuwan asal Mesir, Ali Mohamed Zaki, yang dipecat dari rumah sakit di Arab Saudi, tempatnya bekerja. Musababnya, dia menemukan virus corona di negara itu.

Kisah ilmuwan itu telah ditulis The Guardian, 15 Maret 2013. Pada pertengahan Juni 2012, Ali Mohamed Zaki, seorang ahli virus di Rumah Sakit Dr Soliman Fakeeh di Jeddah, Arab Saudi, menerima telepon dari seorang dokter yang khawatir tentang seorang pasien.


Pasien berusia 60 tahun itu telah dirawat di rumah sakit karena virus pneumonia yang parah dan dokter ingin Zaki mengidentifikasi virusnya. Zaki memperoleh dahak dari pasien dan mulai bekerja. Dia menjalankan tes lab yang biasa. Satu demi satu mereka diuji lagi tes menunjukkan negatif.



Bingung dengan hasilnya, Zaki mengirim sampel ke laboratorium virologi terkemuka di Erasmus Medical Centre di Rotterdam. Sambil menunggu tim Belanda memeriksa virusnya, Zaki mencoba satu tes lagi.

Kali ini ia mendapat hasil positif. Itu menunjukkan agen infeksi milik keluarga patogen yang disebut Coronavirus atau Virus Corona. Flu biasa disebabkan oleh Coronavirus. Begitu juga infeksi SARS yang jauh lebih mematikan.

Zaki dengan cepat mengirim email ke lab Belanda untuk membunyikan alarm. Tes mereka mengonfirmasi ketakutannya, tetapi melangkah lebih jauh; ini adalah virus Corona yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Untuk mengingatkan ilmuwan lain, Zaki mem-posting catatan tentang proMED, sistem pelaporan internet yang dirancang untuk secara cepat berbagi rincian penyakit menular dan wabah dengan para peneliti dan lembaga kesehatan masyarakat.

Langkah itu sangat merugikannya. Seminggu kemudian, Zaki kembali ke tanah kelahirannya di Mesir, kontraknya di rumah sakit di Arab Saudi diputus, yang menurutnya, pemecatannya atas tekanan Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

"Mereka tidak suka ini muncul di proMED. Mereka memaksa rumah sakit untuk mengakhiri kontrak saya," kata Zaki kepada The Guardian dari Kairo.

"Saya terpaksa meninggalkan pekerjaan saya karena ini, tetapi itu adalah tugas saya. Ini adalah virus yang serius."

Betapa seriusnya masalah itu saat itu. Sementara Zaki telah bekerja untuk mengidentifikasi virus, di mana kesehatan pasien telah menurun.

Pneumonianya memburuk; napasnya semakin pendek. Ginjal dan organ lainnya mulai goyah dan gagal. Terlepas dari semua obat-obatan dan dianalisis, dan ventilasi mekanis untuk membantunya bernafas, pria itu meninggal 11 hari setelah ia tiba di rumah sakit.
Kasus virus Jeddah saat itu lebih menarik daripada menakutkan. Meskipun banyak yang dibuat dari virus yang terkait dengan salah satu yang menyebabkan SARS, yang menyebar ke lebih dari 30 negara dan membunuh 800 orang pada tahun 2003, keduanya secara genetik sangat berbeda.
SARS menakutkan karena menyebar dengan mudah dan membunuh secara sering. Itu menyebar di keluarga, dan mengguncang umah sakit. Pasien di Jeddah hanyalah satu kasus.
Begitulah kelihatannya. Sejak virus itu terungkap pada September tahun 2012, jumlah kasus telah meningkat menjadi 15. Lebih dari setengahnya telah meninggal. Kematian terakhir adalah seorang pria berusia 39 tahun, yang dilaporkan oleh Arab Saudi pada sebuah pekan di tahun 2012.
Jumlahnya belum mengkhawatirkan, tetapi kemunculan kasus baru yang stabil, dan fakta bahwa infeksi telah menyebar dari orang ke orang, telah memicu upaya intensif untuk memahami virus, dan secara diam-diam bersiap untuk yang terburuk.
"Kami tidak tahu apakah virus ini memiliki kemampuan untuk memicu epidemi penuh. Kami benar-benar dalam kegelapan tentang hal itu," kata Ron Fouchier, seorang ahli virologi molekuler di Erasmus Medical Center yang labnya mengidentifikasi virus temuan Zaki.
"Kami pikir apa yang kami lihat hanyalah puncak gunung es, tetapi kami tidak tahu seberapa besar gunung es itu, atau di mana letak gunung es itu," ujarnya.
Di seberang Gedung Parlemen di tepi sungai Thames adalah Rumah Sakit St Thomas, London. Pada September tahun 2012, dokter di unit perawatan intensif berjuang untuk mendiagnosis seorang pria berusia 49 tahun asal Doha, Qatar, yang tiba dengan ambulans udara dengan infeksi saluran pernapasan serius.
Dia dirawat dengan isolasi yang ketat. Pria itu punya virus, itu sudah jelas, tetapi sifat infeksi itu adalah sebuah misteri. Dia pada tahun 2013 mengunjungi Arab Saudi.
Bingung dengan kasus ini, dokter di rumah sakit memberi tahu Health Protection Agency's (HPA) Imported Fever Service yang memulai penyelidikan sendiri. Para ilmuwan menjalankan tes pada pria Qatar untuk mengecualikan infeksi umum.
Mereka kemudian mendapat keberuntungan. Mereka berhasil menyelesaikan tes putaran pertama, dua ilmuwan di tim HPA masuk ke proMED. Di sana di layar ada sebuah catatan yang diterbitkan sebelumnya hari itu dari seorang Profesor Zaki di sebuah rumah sakit di Arab Saudi.
Ia mengumumkan penemuan Coronavirus baru dan mematikan. Pasien memiliki gejala yang hampir identik dengan pria Qatar.
Hari berikutnya, HPA menjalankan tes baru. Hasilnya tidak menyenangkan. Tes untuk Coronavirus spesifik dan terkenal muncul negatif. Tetapi tes umum untuk keluarga Coronavirus adalah positif. Itu sangat menyarankan mereka berurusan dengan bug yang sama yang telah membunuh pria di Jeddah.
Investigasi HPA mengganti gear. Pada akhir pekan saat itu, mereka telah memeriksa susunan genetik virus dan membandingkannya dengan hasil yang telah dicapai tim Fouchier terhadap virus Saudi. Virus itu 99,5 persen identik. HPA segera memberi tahu Organisasi Kesehatan Dunia, yang mengeluarkan peringatan global.
"Tiba-tiba ini menjadi jauh lebih menarik," kata Tony Mounts, kepala pemantauan dan pengawasan pandemi di Organisasi Kesehatan Dunia.
"Kami sekarang memiliki dua kasus yang terjadi beberapa bulan terpisah, dari virus dalam keluarga yang sama dengan SARS, dan kedua kasus memiliki pneumonia yang buruk," katanya.
"Tingkat keparahan infeksi hanya satu kekhawatiran. Hanya beberapa minggu kemudian, jutaan peziarah akan tiba di Makkah untuk naik haji. Jika virus itu bersembunyi di wilayah itu, ini adalah kesempatan sempurna untuk menyebar," paparnya.
"Anda memiliki tiga juta orang yang datang dari seluruh dunia yang berpotensi membawa pulang patogen baru bersama mereka," kata Mounts. "Butuh beberapa urgensi."
Sejak dipecat, Khalid meninggalkan seorang istri, Azima, dan anak laki-laki kembar, yang akan berusia tiga tahun pada tahun itu. "Mereka terus bertanya, 'Di mana ayah? Kapan ayah pulang?', Tetapi mereka terlalu muda untuk tahu apa yang terjadi," kata Azima kepada Guardian.
Virus baru temuan Zaki mungkin bersembunyi di hewan ternak di Arab Saudi dan mungkin asal Yordania dan Qatar, tetapi negara-negara itu juga importir utama hewan.
"Saya bisa dengan mudah membayangkan situasi di mana virus ini bersembunyi di kelelawar di Sudan atau Pakistan, ternak domestik mereka terinfeksi, dan diangkut ke negara-negara ini," kata Mounts.



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





Back to Top