Pertama di Indonesia, Jakarta Punya Robot Pemadam Kebakaran, Wartawan: Ini Super Canggih Sekali

Artikel Terbaru Lainnya :

[ AyoJalanTerus.com ]   JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini memiliki robot pemadam kebakaran super canggih. Ini yang pertama di Indonesia. Salah satu gebrakan dari Gubernur Anies Baswedan.

Ada dua jenis robot yang kini dimiliki Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta. Robot pemadam kebakaran jenis MVF-S U3 dari Kroasia. Yang kedua robot jenis LUF 60 dari Austria.

Pembelian robot ini sudah termasuk pelatihan 12 petugas damkar, garansi 5 tahun, hingga mobil pengangkut.




Robot Dok-Ing MVF-5 U3 digunakan untuk menanggulangi kebakaran di area-area berbahaya, seperti stasiun pengisian bahan umum (SPBU), pabrik dan gudang bahan-bahan kimia, hingga lokasi yang berpotensi ada ledakan.

Alat ini mengurangi risiko bahaya bagi para petugas pemadam kebakaran. Sebab, alat ini dioperasikan menggunakan remot kontrol dengan jarak maksimal 1,5 kilometer.

Robot Dok-Ing MVF-5 U3 juga tahan api dan ledakan, mampu menyingkirkan puing-puing, hingga evakuasi pascabencana.

Sementara robot LUF 60 untuk mengatasi kebakaran di terowongan MRT Jakarta. Robot ini juga mampu menyedot asap, dan air banjir.

Dua unit robot pemadam kebakaran Damkar DKI Jakarta ini didemonstrasikan di Kantor Dinas PKP DKI Jakarta, Duri Pulo, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020).

Saat kedua robot pemadam kebakaran ini didemonstrasikan, wartawan yang meliput sampai takjub.

"Kalau ditanya soal kecanggihannya, ini super canggih sekali," kata wartawan TV dari Liputan6.

Robot ini dikendalikan dengan remote control.

Simak selengkapnya video:

 




Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





Back to Top