40 tahun lalu, Orang senang Corona Wara - wiri di Jalanan Dunia, Kini Menjadi Hal yang Menakutkan

Artikel Terbaru Lainnya :

[ AyoJalanTerus.com ]  Sampai 20 tahun lalu, orang mengenal corona sebagai salah satu mobil yang diproduksi Toyota. Sebuah sedan yang melegenda selama lebih dari 40 tahun wara-wiri di jalanan dunia.

Corona dalam tiga bulan terakhir jadi topik yang paling banyak dibicarakan di seluruh dunia. Virus yang awalnya diketahui muncul di Wuhan ini mengejutkan dan kemudian memunculkan kekhawatiran besar bagi banyak orang.

Sampai hari ini, ratusan ribu orang sudah terinfeksi virus corona. Angka kematiannya mencapai ribuan orang. Sementara obat penawarnya belum berhasil ditemukan.

Corona telah membawa perubahan besar di dunia ini. Kota-kota dtutup, orang-orang menjadi khawatir untuk berpergian, ekonomi di banyak negara melambat karenanya. Dunia masih berjuang menghadapinya.

Tampak belakang Toyota Corona tahun 1957 Foto: wikipedia



Toyota Corona


Corona pernah juga tersebar di seluruh dunia, tapi dalam bentuk mobil bikinan Toyota. Toyota menjual mobil ini dalam rentang waktu yang cukup panjang, mulai dari 1957 sampai 2001.

'Corona' dambil dari bahasa latin, yang dalam bahasa Inggris berarti 'crown'.


Di banyak negara di dunia, Corona jadi mobil Toyota pertama yang mereka impor - salah satunya ke Inggris. Corona dianggap meraih sukses besar di seluruh dunia, di mana di beberapa negara mobil ini dijual dengan nama Carinas.

Sepanjang 44 tahun di jual ke publik, Corona memiliki 10 generasi. Mobil ini memiliki banyak varian dan beragam perbedaan spesifikasi.




Corona pernah punya seri 2 pintu (coupe), sedan 4 pintu, sampai model dengan body bergaya station wagon. Sementara jika berbicara soal mesin, mobil ini paling rendah memiliki kapasitas 1,2 liter sampai 2,4 liter. Malahan ada yang dibekali mesin turbo, sementara yang digunakan sebagai taksi menggunakan bahan bakar gas.




Corona model pertama yang rilis tahun 1957 malah masih disebut Toyopet Corona. Mobil ini pada awalnya ditujukan untuk kelas atas, meski masih di bawah mobil flagship mereka saat itu, Crown. Sepuluh tahun berselang Toyota mengeluarkan Corona Mark II, yang membuat Corona masuk segmen yang lebih prestisius lagi.

Dikutip dari AutoZeitung, Corona sempat menjadi sensasi saat pertama datang ke Jerman di tahun 1973. Bahkan Corona sempat digadang-gadang akan menjadi nomor satu di kelasnya.


Di Indonesia, Corona masuk dan dirakit lokal pada generasi keempat atau sekitar tahun 1970-an.

Sejak diluncurkan pada tahun 1957 hingga 1986, mobil ini terbilang moncer sebab mampu terjual hingga 5 juta unit mobil secara global. Generasi terakhir Corona yang dijual di Indonesia adalah Corona Absolute, dan sejak tahun 1998 produksi Toyota di Indonesia digantikan oleh Camry.


Simak Video "Kenali Gejala Virus Corona"

(din/rgr)



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





Back to Top