Apa Arti Kadrun dan Dimana Habitatnya ? Jangan Sampai Salah Kaprah !






[ AyoJalanTerus.com ]  Habis Cebong-Kampret Terbitlah Kadrun-Togog

Ada Togog adapula Kadrun. Kedua istilah itu muncul saat dan setelah Pilpres 2019. Istilah itu dilayangkan untuk pengikut kedua kubu yakni kubu Jokowi dan Prabowo.

Bahkan hingga saat ini perhelatan dan perang komentar masih saja ditemukan di berbagai media sosial mulai dari cebong kampret dan kini sudah dimodifikasi menjadi Togog dan Kadrun.
Pada artikel sebelumnya telah kami jelaskan apa arti Togog dan asal-usul istilah tersebut.

(Baca arti Togog di Sini)
Kini kami akan membahas apa itu kadrun dan bagimana istilah itu muncul dan mengemuka ke media sosial.
Kadrun itu sendiri merupakan akronim dari kadal gurun. Kadal gurun disebutkan orang-orang untuk kaum yang setidaknya punya salah satu atribut ini:
1. Keturunan Arab, tak pro-Jokowi, cenderung sektarian;
2. WNI non-Arab namun berbusana Timur Tengah (dan bukan pendukung Jokowi);
3. Salah satu, atau gabungan, dua unsur tadi dan menyandang label intoleran, pro-NKRI bersyariah, bahkan disebut pro-khilafah.
Ada sebutan gurun di sana mengarah ke daerah Timur Tengah seperti Arab.

Kadrun-Togog jadi istilah polarisasi politik terbaru. Kadrun (Kadal Gurun) digunakan oleh pendukung garis keras Jokowi. Diindetikan dengan keturunan Arab atau yang berpakaian kearab-araban.

Padahal gurun tidak hanya terdapat di Arab atau Timur Tengah. Sehingga dipastikan penyebut istilah itu kurang luas pengetahuannya.
Gurun juga terdapat di Cina yakni gurun Gobi, Amerika yakni Gurun Mojave, dan Gurun Sahara di Afrika bahkan di Antartika.
Jadi istilah kadal gurun atau sobat gurun sebenarnya tidak relevan jika menggambarkan orang yang ke-Arab-araban atau Islam garis keras.
Seharusnya sobat gurun bisa juga diartikan sebagai orang Amerika, China, dan orang Eskimo, bukan hanya Arab.
dan jangan lupa.. tempat muasal para nabi yang mulia bahkan sampai ada yg di sembah menjadi Tuhan pun, nabi isa asal nya juga dari gurun kok :) 
Tempat Hidup Kadal Gurun
Kadal gurun merupakan makhluk hidup yang tinggal di gurun atau padang pasir. Selain ular dan katak, kadal gurun juga termasuk pemangsa serangga hingga makhluk kecil seperti kalajengkin dan kelabang.
Dalam berburu, kadal bisa bersembunyi di dengan cara mengubur diri dalam pasir dan menunggu mangsanya. Ketika mangsa lewat, ia pun langsung menerkamnya.


Salahsatu jenis kadal yang terkenal adalah kadal bertanduk atau Horned Dessert Lizard ( Phrynosoma platyrhinos) adalah spesies kadal phrynosomatid yang berasal dari Amerika Utara bagian barat.
Mereka sering disebut sebagai “kodok terangsang”, meskipun mereka bukan kodok , tetapi kadal.
Kadal bertanduk gurun memangsa terutama invertebrata , seperti semut (termasuk semut pemanen merah ), jangkrik, belalang, kumbang, cacing, lalat, kepik, cacing makanan, dan beberapa bahan tanaman.
Mereka sering ditemukan di sekitar sarang semut, dan mengubur diri menunggu mangsa lewat.
Kadal bertanduk hidup di tempat yang beragam. Kadal bertanduk pipih muncul di daerah berpasir halus, sedangkan kadal bertanduk pendek ( P. douglasii ) ditemukan di padang rumput shortgrass sampai ke hutan cemara cemara.
Spesies yang paling umum di subdivisi Arizona Upland adalah kadal bertanduk agung ( P. solare ), yang sering mengunjungi habitat berbatu atau kerikil di dataran kering hingga semi kering, perbukitan dan lereng gunung yang lebih rendah.
Demikian ulasan mengenai kadal gurun. Semoga menambah wawasan Anda. (Nur Fatimah)




Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top