Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini

Banyak yang Penasaran, 'Tes Corona' Sebenarnya Gratis atau Harus Bayar Sih ?


Artikel Terbaru Lainnya :



[ AyoJalanTerus.com ]  Pemerintah telah mengumumkan virus corona COVID-19 sebagai Bencana Nasional. Setidaknya ada 134 orang di Indonesia yang terinfeksi posiitif virus corona yang tengah dirawat di beberapa rumah sakit.
Beberapa pihak 'mendesak' pemerintah untuk segera melaksanakan tes massal virus corona menyusul adanya permintaan dari Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanahom, untuk menambah kapasitas laboratorium dalam memeriksa sampel pasien.
Sejak pekan lalu, masyarakat telah berbondong-bondong mendatangi beberapa rumah sakit rujukan virus corona untuk mendapatkan tes. Seperti di RSPI Sulianti Saroso di Jakarta atau RS Hasan Sadikin di Bandung.

Di RSPI Sulianti Saroso sendiri, tidak semua yang datang mengikuti tes corona. Ada beberapa kriteria yang telah ditetapkan rumah sakit, misalnya telah kontak langsung dengan pasien positif dalam 14 hari belakangan dan mengalami gejala.
Namun mereka yang ODP dan bergejala juga nggak langsung di-swab. Beberapa diarahkan untuk Medical Check Up seperti tes darah dan rontgen.
"Sampai di RS, nggak langsung swab. Harus ditentukan karena kemungkinan bukan hanya swab tapi juga sampel darah dan rontgen. Jadi bukan swab satu-satunya cara mengidentifikasi," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, dr Achmad Yurianto, Senin (16/3/2020).
Di RSPI Sulianti Saroso, OPD yang ingin menjalani tes MCU dibebankan biaya sekitar Rp 300 ribu. Paket pemeriksaan sudah termasuk pemeriksaan fisik, rontgen dada dan darah lengkap, di luar biaya obat. Lalu, siapa saja sih yang digratiskan saat menjalani 'tes corona'?
"Kalau udah positif. Kalau ODP pemeriksaannya masih bayar, kan negatif," kata salah satu staf bidang administrasi di RSPI Sulianti Saroso.
Positif atau tidaknya pasien hanya bisa diketahui saat menjalani tes swab. Tes swab adalah proses pengambilan sampel lendir dari bagian belakang hidung untuk mengambil spesimen virus.
Setelah itu akan dilakukan pengujian di laboratorium baik dengan menggunakan metode PCR atau genome sequencing untuk mengetahui ada tidaknya virus di dalam sampel tes swab.

Tes Corona di Eijkman Gratis, Begini Prosedurnya




Pemerintah telah memberikan wewenang kepada Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman Institute untuk melakukan tes Corona. Tes Corona di Eijkman gratis. Begini prosedurnya.

Sebagaimana dikutip dari laman LBM Eijkman, seseorang yang ingin menjalani tes Corona ialah mereka yang mengalami gejala berupa demam, batuk-pilek, sakit tenggorokan, sesak napas, atau gangguan pernapasan. Selain itu, pasien memiliki riwayat perjalanan 14 hari terakhir dari negara terdampak COVID-19.

Jika seseorang mengalami hal itu, diminta menghubungi Fasilitas Layanan Kesehatan/Fasyankes (Puskesmas, Rumah Sakit, dan Klinik Dokter) terdekat terlebih dahulu. Selanjutnya, tes Corona bisa dilakukan di LBM Eijkman dengan beberapa prosedur.

Begini prosedur tes Corona di Eijkman:

1. LBM Eijkman hanya menerima sampel yang berasal/dikirimkan dari Fasyankes, berdasarkan rujukan Tenaga Kesehatan/Nakes
2. Nakes melengkapi Surat Pengantar Permintaan untuk Pemeriksaan Virus Corona (SARS-CoV02)
3. Nakes mengirim Formulir Permintaan Uji Laboratorium untuk Deteksi Virus dengan mencantumkan data klinis
4. Pasien mengisi Lembar Persetujuan Pasien

Hasil pemeriksaan selanjutnya akan dijaga kerahasiaannya. Hasil pemeriksaan hanya diberikan kepada pihak yang berwenang.

Apakah biaya tes ini gratis? Dalam cuitan akun Twitter-nya, biaya tes Corona di Eijkman gratis. Yang berbayar ialah biaya dari Fasyankes.


"Biaya yang timbul di Fasilitas Layanan Kesehatan/Fasyankes ditentukan oleh Fasyankes. Biaya pemeriksaan di Lembaga Eijkman ditanggung oleh Lembaga Eijkman sebagai ujud rasa kemanusiaan dan sumbangsih pada negara dan bangsa," tulis @eijkman_inst, Selasa (17/3/2020).



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





😉 Anda Sudah Membaca ✔️ Banyak yang Penasaran, 'Tes Corona' Sebenarnya Gratis atau Harus Bayar Sih ?

Artikel Terkait Lainnya

________________________________

Asyik . Unik . Baik



Back to Top