Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini

Estimasi Dan Proyeksi COVID-19 di Indonesia


Artikel Terbaru Lainnya :






Estimasi Dan Proyeksi COVID-19 di Indonesia

AyoJalanTerus.com ]   Ditulis oleh Arridhana Ciptadi pukul 3am PST, Maret 16, 2020. (Update pukul 8pm PST, Maret 16, 2020)

Tujuan
Halaman ini dibuat agar bisa memberikan perspektif terhadap potensi skala penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Gw semalem coba modeling untuk estimasi berapa jumlah orang yang sudah terinfeksi (ga cuma terdeteksi) COVID-19 di Indonesia. Ini hasilnya: http://covid19-id.org

Ada 2 pertanyaan penting:  
1) Berapa sih jumlah orang yang sudah terinfeksi di Indonesis (bukan cuma terdeteksi); dan
2) Gimana proyeksi ke depannya.

Surprisingly, angka yang gw dapet adalah walaupun officially pemerintah bilang baru 134 orang (per 16 Maret) yang terdeteksi kena virus ini, jumlah total infeksi nya menurut estimasi model itu sudah lebih dari 3.000 orang!

Dan juga dalam 10 hari, kalo ga ada usaha luar biasa, angka median untuk estimasi yang terinfeksi bakal jadi lebih dari 75.000 orang, sementara yang terdeteksi hampir 3.000 orang.

Rangkuman
COVID-19 adalah penyakit yang sangat menular. Satu orang yang terinfeksi bisa mengakibatkan puluhan, bahkan ribuan orang terinfeksi apabila dia tidak menerapkan social distancing. Berdasarkan data dari negara-negara yang sudah terkena dampak dari COVID-19, jumlah orang yang terdeteksi terinfeksi virus ini membesar dua kali lipat setiap 3-4 hari tanpa terkecuali. Jalan yang efektif untuk menghambat penyebaran virus ini adalah dengan upaya social distancing.

Sejauh ini, walaupun sudah ada orang-orang yang mempraktekan social distancing, banyak orang yang masih menganggap remeh skala dari COVID-19 di Indonesia, sehingga tidak menerapkan social distancing. Karena itulah halaman ini dibuat agar bisa menginformasikan orang terhadap kedaruratan situasi ini.

Berdasarkan hasil estimasi model, saat ini (Maret 16, 2020) ada lebih dari 3.000 orang yang terinfeksi dan dalam kurun waktu 10 hari (Maret 26, 2020), jumlah ini akan menggelembung menjadi 76.276 orang, yang mana 10-20% dari yang terinfeksi akan membutuhkan perawatan di rumah sakit. Jika ini terus berlanjut, sistem rumah sakit di Indonesia akan tidak sanggup untuk menangani situasi ini (kapasitas tempat tidur rumah sakit di Indonesia hanya 1,2 per 1.000 orang) dan akan banyak orang yang tidak dapat menerima pertolongan.

Selengkapnya DATA dan TABEL Estimasi Dan Proyeksi COVID-19 di Indonesia klik: http://www.covid19-id.org/


Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





😉 Anda Sudah Membaca ✔️ Estimasi Dan Proyeksi COVID-19 di Indonesia

Artikel Terkait Lainnya

________________________________

Asyik . Unik . Baik



Back to Top