Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini

Gejala, Penyebab, dan Ciri-ciri Virus Corona pada Anak Muda / Remaja


Artikel Terbaru Lainnya :



[ AyoJalanTerus.com ]   Virus corona atau COVID-19 tengah menjadi pandemi global karena telah menyerang ke lebih 300 ribu orang di seluruh dunia. Namun, beberapa kasus memperlihatkan gejala corona pada anak muda tidak terdeteksi.
Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan virus corona (COVID-19) Achmad Yurianto. Ia menjelaskan daya tahan tubuh anak muda memang baik, walaupun begitu masih ada risiko terkena virus corona.
"Data yang kita miliki, dan data yang dimiliki secara global memang pada kelompok usia muda lebih memiliki daya tahan yang lebih baik dari yang usia lanjut. Namun, harus dipastikan bahwa bukan berarti yang kelompok muda ini tidak bisa terkena. Bisa kena dan tanpa gejala," jelas dia di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (21/3/2020).
Wakil Ketua Umum Pengurus Besar IDI Mohammad Adib Khumaidi mengungkapkan bahwa gejala corona pada anak muda sulit dideteksi sehingga menyulitkan pelacakan penyebaran.
Maka dari itu, Adib mengimbau anak muda agar melakukan social distancing atau jaga jarak. Dengan begitu, penyebaran virus corona bisa diatasi.



Penyebab Virus Corona

Virus corona umumnya berasal dari hewan dengan nama coronavirus. Tetapi, virus ini akhirnya bermutasi dan dapat menyebar ke manusia dan antar manusia.
Sama seperti SARS dan MERS, virus ini memiliki kedekatan yang mirip. Virus corona diketahui menyerang sistem pernapasan manusia sehingga dapat membahayakan jiwa.

Gejala dan Ciri-ciri
Menurut WHO ciri-ciri virus corona adalah batuk, demam, dan sesak napas. Namun, ada beberapa gejala lain yang bisa terjadi, misalnya pilek, sakit tenggorokan, dan pusing.
Walaupun begitu, ada alasan gejala corona pada anak muda tak terdeteksi. Pertama karena virus belum muncul atau masih dalam tahap inkubasi.
Kemudian, gejala corona anak muda tak terdeteksi karena sistem daya tahan tubuh yang baik. Namun, tubuh sang anak justru menjadi carrier atau pembawa virus dan dapat menyebarkan ke orang lain.

Cara Mengatasi

Hingga saat ini, belum ada obat pasti atau vaksin guna mengatasi virus corona. Pengobatan pasien virus corona dilakukan secara intens dengan mengatasi gejala-gejala yang muncul.
Bagi anak muda yang tidak memperlihatkan gejala virus corona, maka social distancing menjadi cara memutus rantai penyebaran. Dengan begitu pandemi virus corona bisa teratasi.





Pesan untuk Anak Muda, Hati-Hati Tanpa Sadar Jadi Pembawa Virus Corona


Data pemerintah menunjukkan, hingga Minggu (22/3), sebanyak 514 orang dinyatakan positif Virus Corona atau Covid-19. Sebanyak 29 orang meninggal dunia atas virus ini.
Juru Bicara (Jubir) Pemerintah Untuk Penanganan Virus Corona atau Covid-19 Ahmad Yurianto mengaku tak akan pernah bosan mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing atau menjaga jarak saat berinteraksi sekitar 1 meter. Yurianto melihat masih banyak anak muda yang belum menerapkan social distancing.
Dia mengingatkan, anak muda berpotensi terjangkit virus ini tanpa gejala. Sebab, mereka memiliki imun atau daya tahan tubuh yang kuat sehingga Corona terjangkit tanpa diawali dengan tanda-tanda atau gejala seperti batuk, demam, ataupun, pilek. Sehingga, tanpa disadari, justru anak muda ikut menyebarkan virus ini jika dia tak melakukan pembatasan sosial.
"Terutama pada kelompok umur yang masih muda. Seringkali karena kondisi fisiknya, seringkali karena kondisi imunitasnya jauh lebih baik, maka tidak menjaga jarak, sehingga dia membawa virus ini tanpa gejala," kata Yuri di BNPB, Jakarta Timur, Minggu (22/3).
Yuri mengingatkan, anak muda yang tidak ada gejala sakit namun ternyata positif Corona, justru dapat menyebarkan virus ke orang lain ataupun anggota keluarganya sendiri.
"Kita tahu bahwa diantara keluarga kita, ada yang rentan, sudah lanjut usia, atau orang dengan penyakit sebelumnya semisal diabetes, hipertensi, dan gagal ginjal. Dan mereka inilah kalau tertular, masuk dalam kondisi yang berat dan tidak menutup kemungkinan ancaman terhadap jiwanya," katanya.
Oleh karenanya, Yuri menitipkan pesan kepada anak muda untuk menaati saran pemerintah sebagai upaya bersama memerangi virus Corona.
"Sadari bahwa ini menjadi bahaya, menjadi penting karena inilah penularan yang terjadi di masyarakat kita," pesannya.
Artikel Asli


😉 Anda Sudah Membaca ✔️ Gejala, Penyebab, dan Ciri-ciri Virus Corona pada Anak Muda / Remaja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terkait Lainnya

________________________________

Asyik . Unik . Baik



Back to Top