Jahe Merah Yang Kian 'Diburu' Gegara Virus Corona, Ini Dia Khasiat & Manfaat nya






[ AyoJalanTerus.com ]   Pemerintah telah mengumumkan terdapat dua orang WNI yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga daya tahan tubuh guna mengurangi potensi terinfeksi virus corona.
Menurutnya, kunci utama dalam menghindari corona adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Tidak semua kontak fisik menyebabkan penularan virus corona.
Tubuh yang memang fit merupakan faktor penting agar kita tetap produktif. Terkadang kesibukan membuat masyarakat melupakan pentingnya menjaga stamina tubuh untuk tetap sehat.
Agar tubuh tetap fit, kita perlu mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Salah satu makanan atau tumbuhan herbal yang bisa menjaga daya tahan tubuh adalah jahe merah.

Diketahui, untuk mencegah virus adalah dengan rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut saat tangan kotor. Hindari juga kontak langsung dengan hewan liar dan ternak, serta menggunakan masker saat aktivitas.
Namun semua itu akan percuma bila tidak menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Untuk itu, selalu konsumsi jahe merah untuk meningkatkan sistem imun tubuh. 

Manfaat Jahe Merah yang Diburu karena Disebut Mampu Menangkal Corona

Belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa jahe merah efektif untuk melawan infeksi virus corona.

Beberapa hari terakhir muncul berita yang menyebutkan jahe merah sebagai herbal yang berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan virus corona (Covid-19). Berita tersebut viral dan membuat masyarakat memburu jahe merah. Guru Besar Universitas Airlangga dan Ketua Tim Riset Corona dan Formulasi Vaksin, Chairul Anwar Nidom, mengatakan virus corona dapat ditanggulangi dengan obat herbal yang mengandung curcumin. Zat tersebut terdapat pada empon-empon yang kerap digunakan sebagai bumbu masak, seperti jahe, temulawak, kunyit, dan lain-lain.

"Pada dasarnya virus corona ini merupakan satu kingdom dengan influenza yang bisa ditangkal atau dicegah dengan curcumin," kata Nidom kepada Beritajatim.com, Senin (2/3). Curcumin mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit meningkat. Nidom pernah menjadi salah satu peneliti virus flu burung pada 2015. Dampak klinis virus flu burung lebih berat karena menyebabkan badai sitokin yang merusak paru-paru. 
Ia tengah mengembangkan formulasi obat dari curcumin berdasarkan formulasi yang digunakan untuk melawan virus flu burung. "Kami baru bisa membuat formulasi yang tepat kalau sudah ada sampel positif corona. Kami butuh waktu, semuanya dikerjakan dengan teliti, bertahap, dan butuh proses," ujarnya. 
Berbagai Manfaat Jahe Merah 
Seperti dilansir Detik.com, harga jahe merah di sejumlah pasar di Jakarta melambung dari Rp 50 ribu per kg menjadi Rp 70 ribu per kg. 
Para pedagang menyebut konsumen yang memborong jahe merah akan menggunakannya sebagai jamu atau ramuan untuk menangkal virus corona. Meski begitu, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa jahe merah efektif untuk melawan infeksi virus corona.
Dari sekian banyak tanaman rimpang yang mengandung curcumin, mengapa jahe merah yang lebih banyak diburu? Jahe merupakan tanaman dalam suku zingiberaceae. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar yang berwarna putih kekuningan atau kemerahan. Jahe merah (zingiber officinal var rubrum) sejak beberapa tahun terakhir cukup populer di kalangan masyarakat sebagai bahan minuman dan obat-obatan herbal. 

Jahe merah memiliki cita rasa yang lebih pedas dibandingkan dengan jahe biasa karena kandungan minyak atsirinya lebih banyak. Berikut ini berbagai manfaat jahe merah yang kami rangkum dari berbagai sumber. 
1. Menghangatkan badan Menurut Deltomed, salah satu produsen obat herbal, rasa pedas jahe yang disebabkan oleh zat bernama gingerol bermanfaat untuk menghangatkan badan, khususnya di musim penghujan. 
2. Meredakan sakit kepala Zat kamfena dan gingerol yang memberikan efek hangat juga mampu meredakan sakit kepala karena membuat pembuluh darah melebar dan melancarkan pasokan darah ke kepala. 
3. Mengatasi masalah pencernaan Seperti dikutip dari Hellosehat.com, ekstrak minyak jahe merah dapat melindungi pencernaan dari bakteri sehingga mencegah gangguan pencernaan. Zat aktif pada jahe merah juga bisa mencegah produksi enzim yang memicu radang lambung.
4. Memperkuat imunitas tubuh Ekstrak jahe merah dapat mencegah dan membunuh bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh atau imunitas akan lebih kuat. 
5. Mengatasi batuk dan radang tenggorokan Minyak esensial yang terkandung dalam jahe merah dapat meredakan batuk pada orang dewasa maupun anak-anak. Radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau infeksi bakteri, masalah tersebut bisa diredakan oleh zat-zat yang ada di dalam jahe merah.
6. Mengurangi mual dan meningkatkan nafsu makan Salah satu manfaat jahe merah adalah membantu mengurangi produksi gas di dalam lambung yang menyebabkan rasa mual. Dengan berkurangnya rasa mual, nafsu makan akan meningkat. 
7. Membantu penurunan berat badan Ekstrak jahe merah kerap digunakan sebagai campuran dalam suplemen diet karena memberikan rasa kenyang lebih lama dan mampu membakar kalori lebih banyak. 
8. Menjaga kesehatan jantung Menurut Deltomed, konsumsi jahe merah secara teratur terbukti mampu menurunkan kolesterol dan trigliserida yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.




Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top