Kisah Polisi Muda di Sukabumi yang Imami Tahanan di Sel Tahanan Dipanggil Kapolri






[ AyoJalanTerus.com ]  Video polisi muda bernama Bripda Asep Jafar Sidik tengah mengimami tahanan dalam sel ramai menuai pujian, bahkan video berdurasi 2.03 menit itu sampai ke telinga Kapolri Jendral Idham Azis. 

Bersama Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo, Asep berangkat ke Polda Metro Jaya dan langsung dipertemukan dengan orang nomor satu di kepolisian tersebut.




"Malam tadi bertemu dengan beliau, saya awalnya dipanggil bapak Kapolres dan pak Kasat katanya harus ke Polda Metro Jaya bertemu dengan bapak Kapolri. Alhamdulillah bertemu dengan beliau, tentu saya merasa sangat bangga dan tidak hentinya mengucapkan hamdalah," tutur Asep melalui sambungan telepon dengan detikcom, Sabtu (7/3/2020).

Saat itu Asep mengaku ditawari mau mutasi ke mana oleh Jendral Idham, beberapa satuan siap menampungnya. "Pak kapolri bilang mau mutasi kemana, mau ke intel, lantas, serse, saya pilih Binmas. Karena keinginan saya mengembangkan kemampuan dalam mengaji," kata polisi muda yang kini berdinas di Sat Sabhara tersebut.

Asep memang memiliki latar belakang Pesantren. Ia mengaku pesantren adalah rumah keduanya sebelum akhirnya memilih berkerja sebagai Polisi. "Saya nyantri di Pondok Pesantren Salafi Al-Hikmah Jampang, kalau di kepolisian saya baru setahun," imbuhnya.




Sementara itu, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo menyebut Asep adalah sosok yang aktif dalam kegiatan positif kepolisian. Wisnu juga membenarkan, Asep bertugas di Sat Sabhara.

"Dia aktif dalam kegiatan keagamaan yang digelar Polres Sukabumi Kota, tidak sedikit juga yang bersangkutan dipercaya untuk memimpin salat Jum'at di beberapa masjid dalam kegiatan Jum'at keliling," kata Wisnu, melalui PS. Paur Subbag Humas Bripka Solehudin.

Dalam kegiatan safari Jumling, masing-masng anggota Polres Sukabumi Kota mempunyai peran sesuai kemampuan dalam hal keagamaan. "Ada yang jadi Muadzin, khotib hingga Imam. Karena kebetulan Bripda Asep ini bisa melantunkan ayat suci alquran dengan merdu, maka sering dipercaya untuk memimpin shalat Jumat di kegiatan tersebut," tandas Wisnu.(dtk)




Lantunan Merdu Polisi Muda Bacakan Surat Albaqarah Imami Tahanan Salat


Video berdurasi 02.03 menit tersebar di media sosial dan aplikasi perpesanan berisi seorang polisi muda mengimami salat beberapa tahanan yang berada di balik jeruji. Polisi itu terlihat khusyuk melantunkan ayat Alquran.

Penelusuran detikcom, video tersebut juga diposting akun media sosial Instagram dan Facebook milik Polda Jawa Barat dan telah dilihat sebanyak ribuan kali. Video itu juga diposting akun media sosial instagram kabar_bandungraya dan dilihat sebanyak 55 ribu kali.

Dalam beberapa postingan video dibuat tanpa caption, dalam video terdapat narasi bahwa polisi tersebut berdinas di Polres Sukabumi Kota.

Detikcom kemudian mencoba mengkonfirmasi hal itu ke Humas Polres Sukabumi Kota. Melalui PS Paur Subbag Humas BRIPKA Solehudin membenarkan bahwa polisi tersebut anggota yang berdinas di Polres Sukabumi Kota.

"Yang bersangkutan Bripda Asep Jafar Sidiq, saat itu yang bersangkutan kebagian tugas jaga tahanan dan memimpin Salat Maghrib," kata Soleh melalui sambungan telepon, Sabtu (7/3/2020).

Menurut Soleh, video itu diduga sengaja direkam oleh temannya karena mengetahui suaranya yang merdu saat membawakan ayat Alquran. "Informasi yang saya peroleh direkam oleh temannya," imbuh Soleh.

Dilihat Detikcom, Bripda Asep membacakan surat Al Baqarah ayat 152 - 154 yang sebagian di antaranya berisi soal rasa syukur dan sabar.

Ayat 152

فَٱذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِى وَلَا تَكْفُرُونِ

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (Al-Baqarah 2:152)

Ayat 153

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (Al-Baqarah 2:153)

Ayat 154

وَلَا تَقُولُوا۟ لِمَن يُقْتَلُ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ أَمْوَٰتٌۢ ۚ بَلْ أَحْيَآءٌ وَلَٰكِن لَّا تَشْعُرُونَ

Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya. (Al-Baqarah 2:154)

"Video itu diambil selasa, tanggal 3 Maret kemarin. Sedang melaksanakan piket jaga tahanan, karena tidak mau ketinggalan shalat maka dia ajak para tahanan untuk shalat berjamaah dengannya," jelas Soleh.




Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top