Mahal Juga, Segini Harga Masker Anti-Nuklir yang Dipakai Driver Ojol






[ AyoJalanTerus.com ]  Baru-baru ini viral seorang driver ojek online (ojol) menggunakan masker anti-radiasi nuklir. Driver ojol itu pakai masker anti-nuklir di tengah ramainya pemberitaan soal virus corona yang sudah masuk Indonesia.
Agung HB, melalui instagramnya membagikan video ketika ia mengorder ojek online yang kebetulan drivernya menggunakan masker anti-radiasi. Ternyata, driver ojol yang pakai gas mask tersebut merupakan teman lama Agung di komunitas Hypemask, penyuka dan kolektor topeng dan masker gas (gas mask/masker yang dipakai untuk melindungi dari polutan udara dan gas beracun).


"Dia pakai itu gas mask karena jarak dekat (bukan dia pakai sehari). Dia dulu beli itu gas mask buat foto-foto dan udah lama nggak dipakai, karena momennya tepat akhirnya dia pakai itu gas mask," kata Agung kepada detikcom, Rabu (4/3/2020).
Cegah corona, driver ojol ini pakai masker anti-nuklir. Cegah corona, driver ojol ini pakai masker anti-nuklir. Foto: Instagram Dramaojol.id
Menurut Agung yang juga kolektor masker gas, masker yang dipakai driver ojol itu tipenya Russian Gas Mask GP-5. Saat ini masker tipe itu sudah jarang ada di pasaran. Harganya pun cukup mahal.
"Udah langka, dulu harganya Rp 1 jutaan. Sekarang mungkin Rp 2-3 jutaan. Karena kebetulan lagi sulit juga impor barang dari China dan luar negeri," kata Agung.
Menurutnya, masker itu memang dikembangkan di Uni Soviet untuk antisipasi senjata biologi atau menghindari radiasi nuklir. Awalnya saat itu hanya diciptakan untuk Uni Soviet dan tidak dijual secara legal keluar. "Tapi akhirnya negara China bikin gas mask ini," kata Agung.
"Yang ada selangnya itu paling langka. Yang nggak pakai selang itu 600-sejuta. Yang pakai selang itu agak susah. Sampai sekarang udah langka banget. Memang harganya mahal," sebutnya.


Kepanasan dan Pengap



Driver ojek online (ojol) ini menggunakan masker anti-nuklir di tengah ramainya pemberitaan virus corona di Indonesia. Masker ini tak sembarangan, karena didesain untuk menangkal senjata biologis atau radiasi dari nuklir.
Agung HB, melalui instagramnya membagikan video ketika ia mengorder ojek online yang kebetulan drivernya menggunakan masker anti-radiasi. Agung yang juga penyuka dan kolektor topeng dan masker gas (gas mask/masker yang dipakai untuk melindungi dari polutan udara dan gas beracun), menyebutkan masker yang dipakai driver ojol yang ia tumpangi itu memang menutup area wajah cukup rapat. Radiasi nuklir saja bisa ditangkal, apalagi virus corona. Demikian klaim dia.
Namun, karena menutup sangat rapat, masker anti-radiasi ini tentunya tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi untuk aktivitas berkendara sepeda motor.
"Dia (driver ojol yang pakai masker anti-nuklir) bilang memang pengap sih. Katanya dipakai sebentar aja udah pengap banget," kata Agung kepada detikcom, Rabu (4/3/2020).
Menurut Agung, driver ojol itu memakai masker anti-nuklir saat mengantar dirinya keluar rumah dengan jarak yang tak jauh. Dia memakainya pada malam hari sekitar pukul 19.30. "Jarak nganter saya nggak jauh, 10-15 menitan lah," kata Agung. Bisa dibayangkan kalau pakai masker tersebut di siang hari, mungkin bakal membuat driver ojol tersebut kepanasan.
Tapi, apakah massker anti-nuklir ini mampu menangkal virus corona? Agung sebagai kolektor masker gas mengklaim masker seperti ini memang safety. Tapi untuk penggunaan jangka waktu lama bakal membuat tidak nyaman.
"Untuk jangka lama buat sehari-hari, pasti pengap sih. Malah takutnya ganggu pernapasan. Karena saya coba pakai, itu benar-benar ngikutin bentuk kepala, benar-benar nggak ada rongga. Kalau masker gravity kan tidak untuk menangkal virus, tapi kayak debu doang. Kalau ini menurut saya sih buktinya untuk ngelawan senjata biologis, mungkin untuk (menangkal virus) corona ini safety, cuma nggak yang dipakai untuk jangka lama sampai berjam-jam dipakai, pengap banget," katanya.



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top