Fakta Air yang Tetiba Hijau Terang Seperti Sirup di Masjid Pekalongan, Katanya bisa sembuhkan Penyakit







Misteri Air Mendadak Jadi Hijau Terang Seperti Sirup di Masjid Pekalongan


Air dari sumur Masjid Al Mubarok yang berubah warna menjadi hijau terang seperti sirup membuat heboh warga Kabupaten Pekalongan. Polisi telah turun tangan menyelidiki temuan tersebut.
Peristiwa ini terjadi di Masjid Al Mubarok di Dukuh Pekanyaran RT 005 RW 002, Desa Galangpengampon, Kecamatan Wonopringo, Pekalongan, Sabtu (29/2) sore. Warga kemudian berbondong-bondong datang ke masjid itu untuk mengambil air itu.
Pengurus Masjid Al Mubarok, Muhamad Rofii (60) menyebut peristiwa ini baru pertama terjadi di masjid tersebut. Air yang mengalir melalui kran itu berasal dari sumur tua yang berumur ratusan tahun.
"Dari sumur tua. Sumur tua ini berumur lebih dari ratusan tahun. Simbah saya pernah cerita. Sumur saat ini berada di bawahnya lantai situ (teras masjid)," kata Rofii.
Viralnya air berwarna hijau ini, membuat polisi dan Pemkab Pekalongan turun tangan. Polisi masih mendalami temuan air berwarna hijau. Dinas kesehatan melalui Puskesmas Wonopringgo langsung mengambil sampel air untuk dilakukan pemeriksaan dan uji laboratorium. Pihak puskesmas berharap agar warga tidak langsung mengkonsumsi air tersebut.

"Kami berharap agar air tidak untuk dikomsumsi terlebih dahulu, sembari munggu hasil uji laboratorium, terkait ada tidaknya kandungan bakteri yang berbahaya," kata Chamim, Kepala Puskesmas Wonopringgo.
Polsek Wonopringgo sedang menunggu hasil laboratorium untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya.
"Kita masih menunggu hasil laboratoriumnya seperti apa, ada kandungan apa saja, disengaja atau tidak disengaja, masih kita dalami," kata Kapolsek Wonopringgo, Iptu Ahmad Fauzi.

 Air yang Tetiba Hijau Terang Seperti Sirup di Masjid Pekalongan, dipercaya bisa sembuhkan Penyakit, Ternyata.... 


[ AyoJalanTerus.com ]  Air yang mengalir melalui kran di Masjid Al Mubarok, Kabupaten Pekalongan sempat bikin heboh karena mendadak berwarna hijau terang seperti sirup. Kondisi terkini, air di masjid tersebut telah kembali jernih.

Pantauan detikcom, Kamis (5/3/2020) siang, air yang keluar dari keenam kran air di masjid itu sudah jernih seperti semula. Demikian juga dengan bak penampungan yang sebelumnya nampak hijau pekat lalu hijau bak sirup, kini sudah normal kembali.

"Kalau air yang keluar dari kran sudah tidak hijau lagi sejak kemarin-kemarin. Kita juga telah menguras beberapa kali bak penampung air agar jernih kembali," ujar pengurus Masjid Al Mubarok, Muhamad Rofii (60) saat berbincang dengan detikcom siang ini.


Rofii mengatakan dia bersama beberapa warga menguras bak tersebut berulang kali. Hingga akhirnya air tersebut kini telah jernih kembali.
Dia juga mengungkap, sumur sumber air tersebut telah diperiksa. Tidak ada benda-benda mencurigakan di dalamnya.


"Ya kalau ada orang yang sengaja membuka sumur dan memasukkan sesuatu ke sumur, pasti ketahuan. Lha itu zuhur dan asar, saya wudu masih bersih kok," ucapnya.
Diberitakan sebelumnya, hasil uji laboratorium air ini telah keluar. Kepala Puskesmas Wonopringgo, dr Chamim mengungkap air tersebut masih aman.
Chamim menjelaskan, sampel air tersebut diambil sebanyak dua kali. Pengambilan sampel air pertama dilakukan saat kondisi air berwarna hijau pekat, kemudian saat air berwarna lebih cerah seperti sirup.
"Hasil laborat ada dua sampel, saat malam kita ambil dan paginya juga kita ambil. Hasilnya sama-sama aman seperti air biasa," kata Chamim saat dihubungi detikcom hari ini.
Namun Chamim memberi catatan bahwa uji laboratorium tersebut hanya dilakukan dengan pengujian kimia dan fisika. Pihaknya belum melakukan tes hingga ke uji bakteriologi. Terutama terkait warna hijau di air tersebut.

Ini Hasil Uji Lab Air Masjid Pekalongan yang Tetiba Hijau Seperti Sirup




Air berwarna hijau terang seperti sirup di Masjid Al Mubarok, Kabupaten Pekalongan diuji laboratorium. Apa hasilnya?
"Hasilnya, airnya aman," ujar Kepala Puskesmas Wonopringgo, dr Chamim saat dihubungi detikcom, Kamis (5/3/2020).
Chamim menjelaskan, sampel air tersebut diambil sebanyak dua kali. Yakni saat kondisi air berwarna hijau pekat da saat air berwarna lebih cerah seperti sirup.
"Hasil laborat ada dua sample, saat malam kita ambil dan paginya juga kita ambil. Hasilnya sama-sama aman seperti air biasa," kata Chamim.
Ini Hasil Uji Lab Air Masjid Pekalongan yang Tetiba Hijau Seperti SirupFoto: Robby Bernardi
Namun Chamim memberi catatan bahwa uji laboratorium tersebut hanya dilakukan dengan pengujian kimia dan fisika. Pihaknya belum melakukan tes hingga ke uji bakteriologi. Terutama terkait warna hijau di air tersebut
"PH, kimia, fisika baik semua, tapi kita nggak bisa memeriksa bakteriologisnya tidak dilakukan. Karena pengambilan sampel air untuk pemeriksaan bakteriologis, tempatnya harus seteril. Dan kemarin pengambilan sampel dilakukan di tempat biasa," katanya.

"Soal warna hijaunya, tidak bisa, harus periksa bakteriologi. Akan kita lakukan dengan tempat yang steril, namun kondisi air sudah jernih saat ini," ucap Chamim.
Misteri Air Mendadak Jadi Hijau Terang Seperti Sirup di Masjid Pekalongan

Masjid Al Mubarok berada di Dukuh Pekanyaran RT 005 RW 002, Desa Galangpengampon, Kecamatan Wonopringo, Kabupaten Pekalongan. Salah seorang warga, H Ridwan bercerita anak-anaknya sempat mengambil air yang berwarna hijau tersebut. Sebagian dari air yang diambilnya itu ada yang diminum, ada juga yang disimpan.
"Katanya ada khasiatnya. Tidak tahu khasiatnya apa. Kalau rasa, airnya tidak berasa apa-apa seperti air biasanya," kata Ridwan.



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4926641/ini-hasil-uji-lab-air-masjid-pekalongan-yang-tetiba-hijau-seperti-sirup/2





Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top