Negara Vietnam Bisa Sembuhkan 100 Persen Pasien Virus Corona, Ternyata Begini Caranya




[ AyoJalanTerus.com ]   Virus Corona telah mewabah di berbagai negara, termasuk Indonesia. Meskipun obatnya belum ditemukan, pasien Corona di beberapa telah sembuh. Vietnam ialah salah satu negara yang sejauh ini bisa menyembuhkan pasien Corona. Bagaimana caranya?

Sebagaimana diketahui, secara geografis Vietnam berbatasan langsung dengan China, negara tempat awal berkembangnya virus COVID-19. Ada 16 kasus Corona yang dilaporkan terjadi di Vietnam, tetapi uniknya 16 kasus ini sembuh semua alias sembuh 100%.



Berikut ini beberapa langkah yang dilakukan oleh Vietnam dalam menghadapi virus Corona:

Umumkan Keadaan Darurat Kesehatan dan Cabut Visa China

Begitu ada kasus Corona di Vietnam, pemerintah Vietnam langsung mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat pada 1 Februari 2020. Pihak pemerintah Vietnam juga langsung menghentikan semua penerbangan menuju dan dari China.

Semua izin yang diberikan untuk penerbangan antara Vietnam dan China, termasuk Taiwan, Hong Kong, dan Makau, telah dicabut hingga ada pemberitahuan berikutnya, kata pemerintah dalam satu pernyataan.


Maskapai dengan tarif murah, Vietjet Air, dan perusahaan nasional, Vietnam Airlines, mengatakan mereka menunda semua penerbangan dari dan ke China mulai 1 Februari.




Mengisolasi Desa

Seperti dilansir AFP, Kamis (13/2/2020), otoritas Vietnam mengkarantina sejumlah desa yang ditinggali 10 ribu orang terkait wabah virus Corona.

Salah satunya penutupan komune Son Loi yang berjarak 40 kilometer dari Hanoi. Tempat ini merupakan karantina massal pertama yang dilakukan di luar wilayah China daratan terkait wabah virus Corona. Otoritas China diketahui mengkarantina belasan kota di Provinsi Hubei yang menjadi pusat wabah ini.

"Hingga 13 Februari 2020, kita akan segera memberlakukan isolasi dan karantina terhadap area wabah di komune Son Loi," demikian pernyataan Kementerian Kesehatan Vietnam.

"Jangka waktunya adalah 20 hari," imbuh pernyataan tersebut.

Komune Son Loi merupakan kawasan petani yang terdiri dari beberapa desa. Kementerian Kesehatan Vietnam sebelumnya mengonfirmasi lima orang di Son Loi dinyatakan positif virus corona dan pada Kamis (13/2) waktu setempat, kasus keenam terkonfirmasi.


Laporan sejumlah reporter AFP di Binh Xuyen, sebuah distrik di pinggiran Son Loi, menyebut bahwa pos-pos pemeriksaan telah didirikan di sekitar Son Loi pada Kamis (13/2) waktu setempat. Para petugas otoritas kesehatan setempat yang memakai pakaian pelindung tampak menyemprotkan disinfektan pada kendaraan-kendaraan yang melintasi pos pemeriksaan.

16 Pasien Corona Sembuh

Vietnam menyatakan bahwa 16 pasien yang terinfeksi dinyatakan sembuh dari virus Corona pada (26/2/2020). Pasien yang sembuh termasuk pasien yang berusia 73 tahun, yaitu pasien dengan usia tertua. Padahal selama ini lansia dinilai sebagai korban yang paling rentan mengalami kematian akibat Corona.







100 Persen Pasien Virus Corona COVID-19 di Vietnam Dinyatakan Sembuh



Di tengah meningkatnya kasus Covid-19 di beberapa negara, Vietnam menyatakan bahwa 16 pasien yang terinfeksi dinyatakan sembuh dari virus tersebut pada (26/2/2020). Pasien yang sembuh termasuk pasien yang berusia 73 tahun, yaitu pasien dengan usia tertua.
Melansir Al Jazeera, dalam 15 hari terakhir hingga Jumat (28/2/2020), pemerintah tidak mendeteksi kasus Covid-19 baru. Kasus terakhir tersebut dilaporkan pada 13 Februari lalu.
"Jika bertarung melawan Covid-19 adalah perang, maka kami telah memenangkan ronde pertama tetapi bukan seluruh perang karena situasi dapat menjadi sangat tidak dapat diprediksi," kata pihak Kementerian Kesehatan Vietnam.
Pemerintah Vietnam pun mengumumkan bahwa 16 pasien dan pasien terakhir yang terinfeksi virus telah diperbolehkan keluar dari rumah sakit pada Rabu (26/2/2020). Perwakilan WHO di Vietnam, Dr Kidong Park, mengapresiasi langkah Vietnam atas kesuksesan mereka karena telah melakukan sikap proakif menghadapi wabah virus corona baru.
Sebelumnya, mimpi buruk wabah Covid-19 di Vietnam dimulai ketika dua warga negara China dikonfirmasi positif terinfeksi di Ho Chi Minh City pada 23 Januari lalu, saat hari pertama libur tahun baru Imlek dirayakan. Saat ini, di Indonesia pun sudah ada dua kasus yang terkonfirmasi positif. Dua WNI tersebut kini tengah dalam perawatan.



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top