Sabun Detergen Bisa Rusak 'Bungkus' Virus Corona, Apa Maksudnya ?

Artikel Terbaru Lainnya :

[ AyoJalanTerus.com ]   Juru bicara pemerintah terkait penanganan virus corona, Achmad Yurianto meminta masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan. Terutama bagi yang sedang menjalani self-isolated agar tidak mencampurkan barang-barang pribadinya dengan orang lain, salah satunya adalah alat makan.
"Yakinkan selesai dipakai langsung dicuci dengan sabun karena kita tahu virus ini bungkusnya, envelope-nya, sangat rapuh jika terkena detergen. Dia akan gampang pecah. Kalau pecah, maka virusnya akan mati. Ini yang penting. Detergen apa pun," ujar Yuri.

Dijelaskan, bungkus virus corona akan mudah hancur jika terkena detergen. Lantas sebenarnya apa sebenarnya yang dimaksud dengan bungkus virus corona?
Menurut Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Amin Soebandrio bungkus yang dimaksud merupakan dinding atau envelope virus yang terdiri dari lemak.

"Lemak itu kan mudah larut dalam sabun detergen, seperti lemak yang ada di tangan kita kalau itu dicuci pakai sabun kan bisa hilang," jelas Prof Amin kepada detikcom, Senin (16/3/2020).
"Nah itu prinsipnya sama kaya gitu, jadi karena komposisinya ada lemaknya sehingga si virus itu bisa mati kalau envelope-nya rusak dia otomatis akan rusak," pungkasnya.
Dikutip dari Cancer.gov, bungkus atau envelope virus merupakan lapisan atau selubung yang terbentuk dari membran plasma. Fungsinya untuk membantu virus bertahan hidup dan menginfeksi sel.
Senyawa Detergen yang Disebut Ampuh Bunuh Corona



 Masyarakat diminta mengisolasi diri jika khawatir terjangkit virus corona. Di sela-sela isolasi diri masyarakat diharapkan bersih-bersih peralatan makan dan minum, serta selalu mencuci peralatan makan dan minum dengan detergen.

Detergen yang dimaksud Juru bicara pemerintah RI untuk kasus corona (Covid-19) Achmad Yurianto sangat ampuh membunuh bakteri hingga virus yang bersarang di pakaian. Salah satu jenis virus yang saat ini tengah ramai diperbincangkan adalah virus corona (SAR-Cov-2).

Berikut zat-zat dalam detergen:


1. Desinfektan yang Mengandung Minyak Pinus

Menurut The Spruce, ada beberapa produk disinfektan yang mengandung minyak pinus seperti Pine-Sol, Spic-n-Span Pine, dan Lysol Pine Action.

Caranya, produk itu mesti dicampurkan pada awal proses pencucian. Agar lebih efektif membunuh virus dan bakteri, kita mesti memilih produk disinfektan yang mengandung 80 persen minyak pinus.

Minyak pinus tak hanya dipakai untuk campuran bahan detergen, tetapi minyak ini juga termasuk komponen pembuatan kosmetik hingga produk perawatan rambut.

2. Fenolik

Disinfektan ini cocok digunakan untuk kain berwarna putih dan berwarna. Disinfektan fenolik dapat dicampurkan dengan air hangat.

Senyawa fenolik sendiri merupakan senyawa yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Senyawa ini berupa zat padat yang tidak berwarna, tetapi jika teroksidasi akan berubah menjadi gelap.

3. Klorin Cair (Natrium hipoklorit)

Senyawa ini juga dikenal sebagai pemutih klorin, dibuat dari sodium hipoklorit dan air. Pemutih klorin efektif untuk menghilangkan noda dari bahan putih karena dapat menghasilkan oksigen saat kontak dengan air.

Efek pemutihan, pembersihan, penghilang bau tak sedap, dan korosif dari natrium hipoklorit disebabkan oleh oksidasi dan hidrolosis. Kotoran organik yang terpapar hipoklorit menjadi larut dalam air dan tidak mudah menguap.

Supaya lebih efektif, konsentrasi natrium hipoklorit mesti sebesar 5,25 persen sampai 6,15 persen.

4. Senyawa Amonium Kuartener

Deterjen yang mengandung senyawa kuartener biasa ditemukan pada produk Lysol dan Clorox.

Senyawa amonium kuartener dapat bekerja dengan efektif jika melalui peningkatan alkalinitas melalui formulasi dengan detergen yang cocok sehingga memperkuat aktivitas bakterisidal (aktivitas membunuh bakteri) seperti dilansir Tneutron. (din/mik)



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200316204739-199-484019/senyawa-detergen-yang-disebut-ampuh-bunuh-corona

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4942015/detergen-bisa-rusak-bungkus-virus-corona-ini-maksudnya





Back to Top