Menkes : Yang sehat Jangan Pakai Masker, Mending Jauhi Orang yang Sakit & Ajak Warga Isthigosah




[ AyoJalanTerus.com ]  Menkes: Daripada Pakai Masker, Mending yang Sehat Jauhi Orang Sakit


Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto angkat bicara terkait langkanya masker di Indonesia menyusul penyebaran virus Corona atau COVID-19. Terlebih saat ini, ada dua warga asal Depok positif terjangkit virus corona yang ditularkan dari Warga Negara Jepang.

Terawan mengatakan berdasarkan keputusan WHO, hanya orang sakit atau tidak dalam kondisi sehat yang memakai masker. Adapun yang sehat, kata Terawan tidak perlu memakai masker.

"Tetap keputusannya dari WHO yang sakit yang pakai masker. Yang sehat ndak usah. Kenapa? Karena apa? Kalau yang sehat pakai juga percuma, dia nanti megang-megang tangannya dan sebagainya. Tetap saja bisa kena (corona)," ujar Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Karenanya kata Terawan masyarakat menjauhi orang yang sakit.

"Daripada itu (pakai masker) mending dia (orang sehat) yang menjauhi orang sakit. Yang sakit menutup diri," kata dia.

Tak hanya itu, Terawan menegaskan virus corona seperti virus lainnya. Adapun penyebarannya tergantung dari sistem imunitas tubuh

"Ini penyakit yang bisa sembuh sendiri. Sama seperti virus yang lain. Juga angka kematian dua persen atau di bawahnya. Tergantung imunitas tubuh. Makanya dari awal saya bilang jaga imunitas tubuh," ucap dia.

Karenanya, ia meminta masyatakat memulai gerakan hidup sehat.

"Dari awal gerakan masyarakat hidup sehat itu terus kita gaungkan. Gerakan Masyarakat Sehat sudah digaungkan dimana mana dan menjadi domain kita. Mudah mudahan teman teman wartawan juga ikut jangan sampai asal mencari berita kemudian lupa menjaga kesehatan dan imunitas," katanya.(sc)



Menteri Kesehatan Ajak Warga Isthigosah Hadapi Corona


Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, menilai langkah Presiden Joko Widodo saat ini telah tepat dan menunjukan keseriusan serta kepedulian pemerintah terhadap mewabahnya kasus corona di seluruh dunia.




“Itu menunjukan harga diri bangsa. Kalau presiden itu hadir kan artinya negara hadir. Kalau negara hadir, negara lain belum tentu bisa mengikuti cara kita yang begitu serius menangani kasus corona ini,” katanya saat berkunjung ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok, pada Senin 2 Maret 2020.

Terawan mengimbau agar warga tidak panik. Sebab, menurutnya paranoid akan menjadi masalah dan dapat menurunkan imunitas tubuh.

“Saya seorang pejuang yang ingin membuat warga negara saya tetap sehat. Dengan cara apa, saya memberikan konfidensi dengan memberikan kepada rakyat dan masyarakat khususnya warga Kota Depok ini untuk punya imunitas yang baik dengan berpikiran yang baik dan jernih,” paparnya.

Selain menjaga pola hidup bersih dan sehat, Terawan juga mengajak masyarakat untuk berdoa. “Kalau perlu isthigosah dilakukan, sehingga semua semangat untuk ikut membantu menjaga kesehatan seluruh bangsa dan negara ini bisa tercapai. Ingat kerja hebat boleh, tapi kalau tidak dilandasi doa, tidak ada gunanya,” tuturnya.

“Tetap kita harus mengandalkan yang maha kuasa dan berkerja, keringat kita kalau perlu keringat yang berdarah,” timpalnya lagi.

Tak jauh berbeda dengan Menkes, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, juga mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan tidak reaktif terkait persoalan ini.

“Kita update terus perkembangannya dari pemerintah pusat. Kami di Depok mendoakan yang terbaik,” kata Pradi.

Ia menegaskan, jajarannya akan segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Kepada keluarga yang terkena virus Corona, dia mendoakan agar diberikan kesembuhan. “Kami support secara moril. Semoga dua warga yang bersangkutan segera pulih,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Pradi mengimbau masyarakat agar tak menyebarkan info-info yang menyesatkan alias hoaks. Dia menyebut hal itu bisa memperkeruh situasi.

“Sebarkan narasi-narasi yang informatif dan edukatif. Saling memberi pencerahan.”(vn)



Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top