Terbukti Warga Negara Asing Bawa Virus Corona, Alat Deteksi Bandara Dipertanyakan Warganet






[ AyoJalanTerus.com ]  Pemerintah mengumumkan dua warga negara Indonesia (WNI) positif terpapar virus corona novel (COVID-19), setelah berkontak dengan seorang warga negara (WN) Jepang yang juga positif virus corona.

Sejumlah netizen mempertanyakan metode pemindaian suhu tubuh di bandara Soekarno-Hatta. Sebab, mereka heran kenapa pemindai suhu tubuh tak bisa mendeteksi suhu tubuh warga negara Jepang yang sudah terinfeksi virus corona itu.





"Ini bagaimana caranya WN Jepang ini masuk? Mana yang katanya pengamanan badaranya ketat? @AngkasaPura_2," cuit akun @KangAgung26Ea.

Selang beberapa menit akun Twitter resmi Angkasa Pura menjawab cuitan itu. Pihak Angkasa Pura menyatakan sudah melakukan beberapa upaya untuk mencegah masuknya corona, salah satunya menggunakan alat Thermal Scanner.

"Selamat siang, dapat kami sampaikan AP2 bekerjasama dengan KKP melakukan pemeriksaan penumpang melalui alat Thermal Scanner dan beberapa upaya dan prosedur lain yang bertujuan untuk mencegah masuknya corona ke Indonesia di area kedatangan internasional di semua bandara yang dikelola AP2," cuit Angkasa Pura.

Beberapa netizen pun mencuitkan lemahnya pengamanan thermal scanner (pemindai suhu) di bandara.

Akun @erika_solo mengungkap kalau dirinya tidak diperiksa oleh pihak bandara setelah melakukan perjalanan dari negara-negara yang sudah terinfeksi corona seperti Thailand dan Filipina.

Akun @annisacahyaR juga mengungkap lemahnya pengawasan pemindai panas di Indonesia serupa di Malaysia yang sama-sama tak diawasi dengan ketat.

Akun @feisaldotkom pun mempertanyakan keberadaan petugas yang semestinya menjaga pemindai panas di bandara. Dari foto yang diunggah, tampak mesin teronggok tanpa ada yang mengawasi.

Hal ini diungkap akun @anyelirdevi. Berdasarkan menceritakan lewat akun Twitternya bahwa sesampainya teman sang ibu di bandara Soekarno-Hatta dari Singapura, pihak bandara tidak memeriksa ibunya.

"Sebenarnya orang orang yang keluar masuk ke Indonesia dari negara yang sudah terjangkit covid19 dicek tidak sih di bandara? Teman ibu saya pun baru pulang dari Singapura Februari awal tidak ada pengecekan soalnya, padahal Singapura sudah siaga 1 statusnya saat itu," kata dia.


Netizen lain menimpali dengan unggahan foto otoritas bandara di Singapura yang menempatkan dua alat pendeteksi corona di sisi kanan dan kiri.

Sumber: CNN


Terima Kasih sudah membaca 😊 , Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu . Sekaligus LIKE fanspage  kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya 📌@Tahukah.Anda.Info   Membuka Mata Melihat Dunia 

📢  Sumber  





Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top